Wisata

-310- Arung Jeram Situ Cileunca Pengalengan, How Wonderful Indonesia

Tuesday, December 04, 2018


Bismillahirrahmanirrahim. 

Hujan sedari pagi tadi awet sekali. Dan sekarang, kami sedang terjebak di kantin STIA LAN Bandung setelah menikmati sepiring nasi pecel dan semangkuk rawon, di luar hujan semakin deras, dan tampaknya belum ada tanda-tanda untuk reda. 😊 


Ah ya, omong-omong, nasi pecel di kantin STIA enak sekali, mungkin suatu waktu saya perlu mereviewnya, insyaallah.  😋


Saat ini, jam menunjukkan pukul tiga siang, sudah hampir dua jam saya duduk, dan tersenyum gembira melihat kembali foto-foto arung jeram di Pengalengan kemarin. Bahagia sekali rasanya, itu pengalaman terseru sepanjang hidup karena akhirnya saya dapat menggapai cita-cita mulia untuk merasakan arung jeram setidaknya satu kali seumur hidup. 😆 Tapi nampaknya saya ingin mengulang pengalaman itu kembali. 😆

excited ... excited ... excited bangeeeeet. 😆😆

Saya norak sekali, karena belum pernah ngerasain, norak-norak bahagia. 😂😂

Loket pembayaran dan pilihan adventure.
Saya penyuka pantai, lebih menyukai air dibandingkan mendaki gunung. 😃 Tapi saya belum fasih berenang. Saya punya traumatik masa lalu, karena saat masih balita pernah tenggelam di lautan teluk Balikpapan. 🙈 Rasanya saat mulai masuk ke dalam air, saya bisa mengingat bagaimana upaya saya untuk bertahan agar tidak semakin terbawa arus ke tengah. Saya penyuka air sekaligus takut, 😂 sebuah hubungan yang rumit dan tidak menyehatkan. Serumit seperti hubungan kamu dan dirinya. 😝 

Alhamdulillah, saya terharuuuh akhirnya saya berani mencoba Flying Fox dan Arung Jeram yang nampaknya cukup mengerikan untuk dicoba. 😭 Alhamdulillah bisa sedikit melawan rasa takut. Kemudian saya ketagihan. 😆


Ah ya, jadi kemarin bersama kawan-kawan sekelas (Program Magister Ekonomi Terapan UNPAD kelas Beasiswa BAPPENAS 2018) pergi berlibur sebelum UAS tiba 😆. Gak terasa banget kalau perjalanan kebersamaan kami sudah memasuki bulan ke enam dan akhir Desember nanti kami UAS. 

Saya masih belum mau menerima kenyataan hidup kalau jatah beasiswa dan kebebasan hidup inih sisa dua semester lagi. 😆


Karena ramean, kita ambil paket travel. Per orang Rp 285.000 lewat kawan kelas udah include dengan akomodasi, makan siang plus dapat bonus jenjalan ke Rumah Pengabdi Setan dan ngelihat taman Rusa di sekitar rumah itu. 😃 Yang mana, saya belum bisa mengambil simpulan hikmah kebijaksanaan kita dateng ke rumah bekas tempat syuting Pengabdi Setan karena saya gak pernah nonton filmnya. 🙈 Buat yang sudah menonton, pasti akan sangat menghayati. 😃

Gerbang memasuki halaman rumah
Beberapa properti film masih dibiarkan tetap ada di dalam rumah. Ini jadi seperti museum gitu mungkin ya, kita bisa melihat detil setiap ruangan syuting, ada kamar ibu lengkap dengan kasurnya, kamar kakak, dan beberapa ruangan sesuai di film. Beberapa ruangan tampak gelap, atau memang dikesankan supaya menakutkan. Karena obyek wisata ini tampaknya ingin menjual "keseraman" sesuai genre filmnya, jadi ya, silakan, dinikmati saja. 😊

Rumah bekas syuting film Pengabdi Setan
Sebelum ke rumah ini, kami terlebih dahulu diajak bersenang-senang melihat beberapa hewan di taman dekatnya. Dan obyek utamanya adalah rusa. Di sini kita dibebaskan untuk memberi makan rusa secara langsung. Tidak perlu khawatir, ada banyak penjaja wortel di sekitarnya. 😄

Memberi makan rusa
Hati-hati ya! tetap jaga jarak, rusanya sih jinak-jinak saja, hanya sepertinya penciumannya tajam sekali, bisa mengendus sekian meter buat siapa saja yang bawa wortel, jadi dia bakal agresif dan mengejar. 😂

Nah, kalau perginya gak serame kami, ada banyak jasa paket travel yang menyediakan penawaran minimal lima sampai enam orang 😄 bisa jadi pilihan banget yak.

Jadi sebelum memastikan ingin ke Situ Cileunca, ada baiknya memilih paket travel sesuai budget dulu, dan pilah pilih mau ambil jenis outbound atau mancakrida yang mana, karena di sini banyaaaak bangeeets pilihannya. 😊

Suasana di sekitar tempat rusa
Trus pastikan paket yang diambil sudah termasuk dengan foto. Karena ternyata saya baru tahu, kalau paket kami tidak beserta pengambilan foto, huhuhu. 😭

Dan, si abang travelnya, hanya mengambil via kamera hp, 😭 Kan gak mungkin banget dengan pengalaman se excited ini, kita tenteng-tenteng kamera. 😢

Pastikan apa saja yang akan kalian dapatkan dengan pilihan paket travel yang diambil. Foto yang KECEEH itu hal terpenting yang harus dipikirin. Bukan hanya soal upload-upload foto di medsos, tapi ini untuk KENANGAN. 😄

Jadi, mohon maaf, jika foto-foto dengan spot terbaik, hasilnya agak ala-ala. 😆

Tempat flying fox, melintasi danau.
Okeh, jadi pergi-pergi ketemu rusa dan rumah pengabdi itu sepulang dari arung jeram. Daaaaan ... tentu saja, artisnya adalah si Arung Jeramnya. Perjalanan ke Situ Cileunca ini 1,5 - 2 jam dari Kota Bandung. Sampai di tempat, kita langsung bersigap bersiap Flying Fox menyeberangi danau. Agak takut juga sik sebenarnya, karena lagi-lagi saya belum pernah dan saya rada takut ketinggian. 😅😀

Tapi kalau gak sekarang dicobain, kapan lagi? 😆

Bismillah, memberanikan diri. 🙈 

Bersiap untuk Flying Fox.
Dan alhamdulillah, bisa euy! 😆😄. Rasanya gimana? rasanya kalau untuk Flying Fox gak usah sering-sering buat saya! sesekali aja cukupan. 😆

Nah, sesampainya di danau seberang, kita langsung naik perahu dan bersiap untuk arung jeram.


Panjang perjalanan sekitar 4 kilometer, puas banget dah pokoknya! 😄. Lumayan pegel juga karena perahu karet yang kita tumpangi banyakan nyangkutnya, karena air lagi surut. Nah, tips kedua, cari informasi dulu, kalau bisa, datang saat air lagi melimpah-melimpahnya. Jadi nge-raftingnya bisa lebih seru. 😊


Untuk arus cukup aman, pokoknya mah kita duduk diam saja menanti instruksi disuruh ngapain. 😆 Percayakan semua pada guardnya, hihi. 😆

Apakah arung jeramnya aman buat yang tidak pandai berenang? 

Dari pengalaman saya sih, aman alhamdulillah. Dari berempat di satu perahu (di luar instruktur ya), cuma satu orang yang bisa berenang, yang lain kagak bisa. 😆

Di kanan-kiri, kita bisa melihat pemandangan perkebunan penduduk. Juga ada beberapa spot peristirahatan yang ramai pengunjung. Pohon pinus dan perkebunan teh, itu yang bakal kita dapetin sepanjang perjalanan masuk area wisata Cileunca. Udaranya seger banget, mainan airnya juga bisa sampai sepuasnya. 😄


Seneng banget yak, Indonesia ini indaaah, ada banyak macem tempat yang bisa kita datengin, semuanya tinggal pilih. Arung Jeram Situ Cileunca Pengalengan salah satu yang bisa nunjukin betapa Wonderful Indonesia bukan omdo belaka. 💗

Coba deh, tiap kita dateng ke setiap tempat di Indonesia, pasti selalu ada lokasi menarik untuk dikunjungi. Pantai, gunung, pemandian, taman, belum lagi budaya, kuliner. Banyak banget macemnya. 

Di Bandung saja, iseng saya nge-list tempat wisata, jumlahnya ada puluhan (itu yang deket sekitar area kota), belum kulinernya, belum wisata budayanya. Argh! semoga dua semester lagi cukup waktu buat ngicip semuanya. 💦💦 Sebelum kembali ke peradaban tempat pengabdian!. 🙈
Omong-omong yak, secara hitung-hitungan data, Sektor Pariwisata Indonesia itu diprediksikan pada tahun 2020 menjadi penyumbang devisa terbesar kedua setelah minyak bumi. Sektor ini juga digadang-gadang akan menjadi core economy baru Indonesia. Gils yak! semoga ini jadi jalan keluar buat negeri kita keluar dari ketergantungan sumber daya alam. 😊

Dibandingkan sektor SDA, sektor pariwisata jelas membuka peluang untuk dinikmati sebanyak-banyaknya orang, sampai masyarakat terkecil. Lihat saja, di mana ada tempat wisata, desa berikut penduduk sekitarnya pasti akan terkena dampak langsungnya. 

Jadi ayuk, selesain dulu bucket list jalan-jalannya di negeri sendiri. Semua jenis pariwisata ada di Indonesia. Negeri kita kaya!. Semua jenis liburan kita ada. Kelilingin dari Aceh hingga Papua!. 😍

Nah, teman-teman sendiri, punya cerita apa tentang #wonderfulindonesia? :)

Ikutan ceritain yuk, dan langsung daftarkan di sini. Kuy kuy! :D



You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



40 komentar

  1. rumahnya emang keliatan serem ya... :) arung jeraaam.... saya blm pernah nyoba, pengen nyoba, tapi umur segini masih bisa gak ya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem Mbak apalagi di dalemnya. :p. Bisa bisa.... kudu cobain agar tidak penasaran, hehe. :D :D

      Delete
  2. Duuh jd pengin arung jeram lagi mbak. Saya sdh bbrp kali arung jeram (di sukabumi) dan itu duluuuuuu, sebelum merid dan punya bocil hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk Mbak coba lagi, bawa anak-anak, umur 7 tahun sudah bisa kok ikutan. :)

      Delete
  3. kayanya seru ya buat memacu adrenalin kalo ikutan arung jeram

    ReplyDelete
  4. huah mba Nurin aku kudet ternyata dirimu sedang kuliah magister jeh di UNPAD pantesan ada di Bandung, sebagai warga Bandung coret aku merasa kudet juga karena belum pernah ke Pangalengan hahaha..

    ReplyDelete
  5. Wah serunya...janten hoyong ameng ka pangalengan. Baru tahu juga ada wisata arung jeram d sana. Tahunya tempat kemping doank

    ReplyDelete
  6. Gils beuud....
    Aku suka rafting...tapi karena ga bisa renang, suka deg-degan jugaa...
    Wkkwk~

    Btw,
    Pengabdi setan belum nonton juga...uda takut sendiri sama visual hantu-nya Indonesia.

    Huhuu~
    Cemen yaak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah ditonton Mbak, :p nonton yang damai-damai aja, hahaha.

      Eh tapi kalau gak bisa berenang trus rafting deg-degan sangat emang. :D

      Delete
  7. Siih, arung jeram bikin paur aja euy. Berani amat ya. Tapi salutlah, anak bunda aplh bunda blm ada yg arung jeram, paling snorkling, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda sebaiknya gak usah nyobain ini Bun, tapi milih pilihan wisata lain saja di Pengalengan. :)

      Delete
  8. Dueh... malam malam baca ini jadi berasa merinding euy...

    ReplyDelete
  9. Jadi kangen rafting Kak, seru banget dan bikin pengen nyebur mainan air.
    Sejuk juga ya di sana.

    ReplyDelete
  10. Seru banget sih, blogger Semarang berapa kali ada acara yang ada raftingnya dan aku belum punya nyali buat ikutan hihihi

    ReplyDelete
  11. Seru banget... Saya dulu hobi flying fox tapi semenjak lahiran cesar ngeri ngeri perut ngilu. Jadi kangen main ginian lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, saya habis nyobain Flying Fox, jadi paham rasanya, kayaknya gak mau sering-sering.

      Delete
  12. Aku setahun ini aja udah 3 kali arung jeram, saking enaknya dan karena ditraktir sih, hahahhaa

    ReplyDelete
  13. Oh itu rumah yang dipakai buat shootingnya Pengabdi Setan ya mbak?
    Aku malah penasaran itu sejarahnya dulu rumah siapa soalnya kan kyknya tua banget bangunannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, itu rumahnya rumah dinas milik BUMN Mbak, masih berstatus rumdin sebenernya, tapi sejak selesai dipake syuting, jadi tempat wisata.

      Delete
  14. Aku baru sekali ikut arung jeram. Rasanya uwooo banget karena aku gak bisa renang dan agak takut2 air. Ternyata aman juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, saya juga mikirnya juga gitu kemarin, ternyata alhamdulillah aman.

      Delete
  15. Ya Allah kangen tempat ini. Ini lokasinya dekat banget dengan Gunung Papandayan. Di sebrang gunungnya Garut di sebaliknya ada Cileunca Pangalengan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya Mbak? saya belum banyak keliling-keliling, semoga nanti bisa nyelesain keliling Bandung, :)

      Delete
  16. Mantap banget bermain arum jeramnya. Sudah sejak lama saya menginginkan berarum jeram. Seru banget, perlu diagendakan kykny untuk kesini

    ReplyDelete
  17. Keren nih destinasi wisata arum jeramnya, rekomen buat liburan akhir tahun ini bareng keluarga.

    ReplyDelete
  18. Bener banget. Indonesia itu sangat kaya dengan potensi wisata. Hampir semua sudut di bumi Indonesia diwarnai dengan kecantikan alaminya.

    ReplyDelete
  19. Arung Jeram itu memang wos sekali, Mbak. Sensasi naik perahu karet, terbawa arus sungai.. Hiyaaah asyik banget pokoknya.. :D

    ReplyDelete
  20. lho, suami baru aja dari sini pamer serunya arung jeram. Tapi dia sepaket dengan nginep dan outbound jadi 375ribu.

    ReplyDelete