Blogging

-311- Cara Mudah Mengganti Template (Tema) Blog di Blogger

Friday, December 07, 2018




Bismillahirrahmanirrahim. 

Tiba-tiba saja, saya mempunyai ide gila sedikit nyeleneh :p yakni membuat blog baru.:D :D. 

Sesorean ini saya ngutak-ngatik mengulangi pelajaran di kampus, dan berpikir, sayang banget ya, kalau semua materi yang saya pelajari ini gak disimpan di tempat maya, yang bisa saya ambil kapan saja dan baca di mana saja, tanpa harus bawa-bawa catetan dan bingung buku yang kemarin ada di mana ya? 😆. 

Jadilah beberapa jam ini saya ngutak-ngatik calon blog baru saya. *Doain saya bisa istiqamah ya! dan blognya menambah manfaat, dan bukannya malah bikin saya syibuk ngeblog ajah!* 😆. 

Hal pertama pastilah yang saya lakuin itu adalah mikirin visualnya, ew, saiyah bangeeeet ini yaaah. 😁. Belum apa-apa, sudah mikirin gimana tampilannya. Pastinya, saya gak rela kalau blognya pakai template bawaan blogger, hoho. 😂

Nah!, jadi sembari saya mbenerin tampilan, sembari saya tulis saja, biar abadi dan pan kapan saya lupa saya bisa cari lagi. 😊


Pilih Jenis Template yang Diinginkan

Ada beberapa jenis template yang bisa kita pilih (sesuai hati nurani). :p. Template Responsive, SEO Ready, Ads Ready, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kali ini saya pilih yang Template Responsive.

Situs unduhnya di mana? 

Ada banyaaaak!. Template blog yang saya pakai ini juga gratisan lo, fyi!. :). ThemeXpose, Gooyabi, Deluxe, My Blogger, dan lainnya. Saya pakai ThemeXpose.

Omong-omong, urusan milih tema blog ini bisa berjem-jem gak kelar-kelar. 😀 Ngebingungin banget Dinda!, 😆 Udah kayak milih buat urusan hari akhir saja, perlu pertimbangan matang dan cocok nyaman di hati. 😅. 

Unduh yang versi gratisan, di mana itu artinya alamat tempat kalian ngambil tema alias watermark akan tetap ada di tayangan blog, *yaiyalah namanya juga gratis*. :p Trus, ada beberapa sistem yang gak support. Tapi buat saya itu gak masalah sih selama temanya cocok dan kita seneng makeknya!. KECUALI, kalian punya alasan lain, beli versi premium saja. :)


Masuk ke blogger.com dan Pilih Menu Template

Masuk ke blogger dan pilih menu template ya. 

Tampilannya akan menjadi seperti ini nantinya: 

Klik bagian Backup/Restore nya ya man temans :) 

Setelah itu akan muncul pilihan temanya mau download theme atau browse. Karena tadi kita sudah unduh tema terlebih dahulu, pilih browse. Kemudian masuk ke folder tempat di mana kita menyimpannya. Ambil file yang XML Document. Kemudian Open dan pilih upload. 




Nah, selesailah sudah!. :)

Mudah kan ya? Selamat mencoba ya. :D.


Semoga informasinya bermanfaat. :)

You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



2 komentar

  1. Ish, nggak mau pake template bawaan blogger. Akuh jadi tersungging karena pake template bawaan blogger -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoo, mahaaap ini hanya berlaku di aku kayaknya ya..., punten.

      Delete