Wisata

-316- Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Bandung

Sunday, December 30, 2018

Bismillahirrahmanirrahim.


Pagi ini suasana hati saya sangats bergembira, alhamdulillah *setelah kemarin mengumumkan dengan sangat pedenya kalau saya sedang tidak bersemangat nulis-nulis lagi*, ihihi #dasarwanitah. 😁. 

Omong-omong, ini saiyah sedang ngerebut pinjam laptop suami -yang beberapa hari ini beliau pakai buat mengerjakan tugas-tugas blio sendiri-, saya sik bilangnya sebentar, tapi kok jadinya berjam-jam? ahahaha. 😜

Jadi, apakah yang membuat saya BAHAGIA hari ini? karena sepagian tadi saya barusan ke pasar. PASAR. Cuma PASAR dan saya senang, :D πŸ˜…. Pasar Hari Minggu lagi rame-ramenya, dan bekel cuma lihat-lihat doang saya sudah bergembira ria suka cita penuh bunga-bunga, πŸ˜œπŸŒΈπŸŒ»πŸ’πŸ’.

Trus pas mbukak email, saya baru ingat saya masih punya bahan tulisan WISATA. Alhamdulillah Rabbi, #sujudpenuhkesyukuran. 😍 Pagi ini juga, saya buka email Perempuan BPS Menulis, dan melihat tulisan teman-teman dalam #ProyekPenulisan Bulan ini yang temanya saiyah banget, curhat kehidupan, uwow, saya senang, beberapa diantaranya, memberanikan diri untuk menuliskan luka untuk pertama kalinya, dan itu sangat berarti serta tanpa sadar membuat saya meneteskan air mata.

Tapi kita tidak akan berpanjang lebar membincangkan Proyek Perempuan BPS Menulis, nanti saja, tunggu tanggal mainnya, πŸ˜‰πŸ’–.

Kali ini saya ingin bercerita tentang BANDUNG.

Kota yang tidak pernah saya impikan sebelumnya, karena saya demikian terkungkung dengan Jakarta.

Boleh baca: Kepada Jakarta, Saya Sedang Melangitkan Doa

Kota yang tidak selintas pikiranpun pernah saya harapkan, karena awalnya yang saya kejar bukanlah ia. Yah seperti kalian sedang berharap dengan sangat berjodoh dengan A, tapi tiba-tiba Allah hadiahkan Z (yang kenal saja tidak), tetapi ternyata masyaallah ia lebih saleh, lebih ganteng dan lebih memukau dari aspek segalanya. πŸ’—πŸ˜


Dan Bandung, bagiku bukan cuma, 
masalah wilayah belaka, 
Lebih jauh dari itu melibatkan perasaan,
yang bersamaku ketika itu. 

Mungkin saja ada tempat lainnya, 
ketika ku berada di sana,
akan tetapi perasaanku
sepenuhnya ada di Bandung
yang bersamaku ketika rindu
yang bersamaku ketika sunyi
yang bersamaku ketika itu. 

Pidi Baiq, 2013. 

Persis seperti kata Om Pidi, Bandung menawan, kotanya indah, romantis, hawanya sejuk, menyenangkan. Bising juga, tapi tidak memusingkan. Padat juga, tapi tidak memuakkan. Kalau Jakarta, kota yang dibenci dan dirindukan, maka Bandung menjadi kota yang dicinta sekaligus dan dirindukan. 

Saya harus sangat berterima kasih kepada Allah, karena telah menghadiahkan Bandung kepada kami. πŸ’–πŸ’—πŸ˜Š.

Selain kotanya yang menyenangkan, Bandung menyimpan banyak tempat indah, banyak wisata yang bisa dijelajah, masyarakatnya yang super duper kreatif, budayanya yang alus pisan, juga kuliner yang rasanya tiada habis buat dicicip-cicip. :) Sungguh, #SurgaDunia alhamdulillah.

Layaklah jika Kementerian Pariwisata pada tahun 2017 memasukkan Bandung sebagai salah satu dari 10 Destinasi Wisata Branding dalam mendukung brand #WonderfulIndonesia. 😊

Di postingan ini, saya akan merekomendasikan sepuluh wisata Bandung yang bisa teman-teman kunjungi dalam trip singkat, lima destinasi pertama, bahkan bisa dikunjungi dalam satu hari saja. Kelimanya ini nanti akan saya bold dengan warna berbeda. 


Apa sajakah itu? 

Simak yuks. :)


πŸš₯1. BANDUNG TOUR ON BUS (BANDROS)πŸš₯


Namanya seperti makanan ya? :p. Brandingnya sangat mengena, asyik banget. Konsepnya ialah mengelilingi Kota Bandung dengan menggunakan Bus Wisata Khusus. Kalau kalian berkesempatan ke Bandung dan hanya memiliki waktu yang teramat sempit untuk berwisata dan mengenali seluk beluk kota, naik Bandros saja. Murah meriah, berkesan, dan jadi tahu banyak hal tentang Bandung. Akan ada pemandu wisata yang bercerita dengan gaya jenaka, mengenalkan setiap bangunan yang dilewati, filosofisnya, sejarahnya, bahkan memberikan rekomendasi kuliner yang wajib untuk dicoba!. πŸ˜‰

Wisata yang dikenai biaya Rp.20.000 saja ini juga cocok untuk keluarga, konsep Bus warna-warni dengan pilihan warna bak permen anak-anak ini cukup menggoda dengan model setengah terbuka. Kesannya jadi seperti wisata di wahana, padahal yang dikelilingi adalah Kota. 

Saat hari libur, antrian wisatawannya cukup banyak. Jika ingin nyaman dan tidak terlalu lama menunggu, datang ke koridor Bandros saat baru buka di pagi hari yakni pukul 08.00 WIB.

🏑2. GEDUNG SATE🏑



Ini ikon Bandung yang dijadikan spot foto sejuta umat. :D

Belum sah rasanya, jika berkunjung ke Bandung namun tidak mengabadikan foto di depan Gedung yang difungsikan sebagai Kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat ini. Gedung yang amat bersejarah ini konon disebut-sebut sebagai bangunan monumental yang memesona dengan gaya arsitekturnya yang unik. Bangunannya bergaya Indo-Eropa. 

Dan kampus saya letaknya persis di belakang Gedung Sate, hampir setiap hari saat jadwal kuliah saya salatnya di Masjid Gedung Sate ini, :D. 

Ah ya! Sebelumnya, saya pikir, Gedung Sate ini adalah tempat yang banyak dihuni oleh penjaja sate. :p. Tapi ternyata bukan begitu euy!, itu adalah sebutan khas yang disematkan pada gedung yang memiliki keunikan tersendiri pada desain arsitektur bangunannya.

Kagum sekali dengan Tuan arsiteknya di masa itu. Meski usianya sudah lebih dari 100 tahun, Gedung Sate masih berdiri kokoh dan anggun.  Kalian wajib berfoto di depan pagar bangunan yang ada tulisan “GEDUNG SATE”nya sebagai bukti pernah menjejakkan kaki di Bumi Parahyangan ini ya!. 

Silakan baca ulasannya di sini: Jalan-jalan ke Gedung Sate, Ikon Wisata Kota Bandung


🎾3. LAPANGAN GASIBU🎾



Terletak persis di seberang Gedung Sate. Lapangan yang dijadikan sebagai arena jogging track ini sangat diminati oleh warga Bandung. Menurut saya, karena letaknya yang sangat strategis, bersih, rindang, nyaman, dengan fasilitas yang sangat lengkap. Ada wifi, Musala, toilet, dan perpustakaan juga.

Saat hari libur, yakni hari ahad, kepadatan akan mengalami puncaknya! Sebab di depan Gasibu, akan ada pasar tumpah yang menjajajakan aneka barang dan kuliner murah meriah. Jika kalian berkesempatan berkunjung, sekalian saja membeli oleh-oleh di pasar kaget ini. 


🏒4. MUSEUM GEOLOGI🏒



Rasanya ini termasuk museum yang tidak pernah sepi. Selalu ramai dikunjungi terutama anak-anak sekolah dengan wisata edukasinya!. Bangunannya juga khas bangunan tempo dulu, hampir setipe dengan Gedung Sate dan beberapa bangunan lain di Bandung.

Sesuai namanya,, museum ini menampilkan sejarah, pengenalan geologi, minyak bumi dan banyak lagi yang lainnya. Letaknya sangat strategis, tidak jauh dari Gedung Sate, dan berada persis di depan halte Bandros Taman Lansia. Jadi, setelah mencoba Bandros bisa sekalian berkunjung ke Museum ini ya!. 

🏯5. MUSEUM GEDUNG SATE🏯



Penasaran kan dengan Gedung Sate? Kalau saya sih penasaran sekali, :D. Nah, di museum ini kita bakal dapetin sejarah pembangunan Kota Bandung yang menurut saya sukses membuat saya melit! :p gimana sik kota ini bermetamorfosis, penasaran kan? Kaan? :D. Karena itu, pastikan jangan cuma berswafoto di depan Gedung Sate saja! Tapi masuk sekalian ke dalam dan datang ke Museumnya. πŸ˜‰

Museum ini dibuka dari Selasa sampai Ahad, mulai Pukul 08.00 hingga sore hari. Pastikan tidak datang pada hari Senin, karena tutup. πŸ˜„

Museum yang baru dibuka Desember 2017 ini akan menjadi penutup yang manis saat kalian mengunjungi Gedung Sate dan sekitarnya. Jadi tempat wisata yang saya rekomendasikan dari nomor satu sampai lima ini berada di satu area. Lima tempat dalam satu kali perjalanan, amazing bukan? 😍

🌁6. TANGKUBAN PARAHU🌁



Sekarang wisata yang agak jauhan dikit ya? Dikit aja kok 😊.

Ini bakal masuk wisata yang mainstream sekali di Bandung. :D

Tapi, cerita kalian tidak akan lengkap sebelum mencoba sensasi dinginnya Bandung di Kawah Tangkuban Parahu.

Tempat ini cocok sekali buat pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Dingin-dingin romantis. πŸ’—

Omong-omong, saya melakukan perjalanan merayakan anniversary yang kedelapan di tempat ini. :p

Boleh baca cerita jalan-jalan lengkapnya di sini: Romantisme Bulan Madu di Tangkuban Parahu.

🍢7. FARM HOUSE SUSU LEMBANG🍢



Sesuai namanya, konsepnya petani. πŸ˜‰ Ada beberapa jenis hewan di sini, dan pengunjung diperbolehkan memberi makan. Anak-anak pasti sangat menikmati jika diajak liburan ke tempat ini.

Bangunan-bangunan di Farm House juga dirancang bernuansa Eropa, bahkan ada penyewaan baju yang bisa kita coba hingga seolah kita adalah seorang petani Eropa. Tempat ini juga terkenal dengan Rumah Hobbitnya. Ah ya! Saat ke Lembang, jangan lupa mencoba susu sapi lembang yang terkenal itu ya!. 😍

🚀8. FLOATING MARKET🚀



Sesuai namanya, konsep tempat ini adalah pasar terapung. 

Di sini, akan banyak penjaja makanan dengan konsep perahu yang seolah mengapung di atas danau. Selain itu, juga tersedia banyak permainan yang menarik untuk anak-anak. Ada taman, dan beberapa bangunan unik serta sangat instagramable. 😚

Ciri khas Floating Market adalah penggunaan mata uang koin khusus. Di tempat ini, rupiahmu tak akan laku!. :p. Tapi tenang saja! akan ada banyak stan khusus penukaran mata uang di sini! Enjoy!. :D

🌿9. PENANGKARAN RUSA PENGALENGAN🌿



Yup! agak jauhan lagi ya. :p

Kita ke Pengalengan!, jaraknya sekitar 1,5 – 2 jam dari Kota Bandung. Salah satu tempat recomended adalah mengunjungi Penangkaran Rusa. πŸ˜‰

Di sini, kalian bisa bebas berinteraksi dengan rusa-rusa lo!. Mereka sangat jinak dan senang dengan kehadiran kita. πŸ’—πŸ˜

Ada banyak penjaja wortel, makanan kesukaan rusa di sekitar tempat wisata ini. Silakan mencoba berkenalan dengan rusa ya!. Awas hati-hati tetap jaga jarak, meski jinak, rusa-rusa ini memiliki indra penciuman yang sangat tajam terhadap sang pembawa wortel, haha.

Ulasan tempatnya sudah saya ceritakan bersamaan dengan pengalaman wisata arung jeram di Situ Cileunca. Boleh baca kisahnya di sini: Arung Jeram Situ Cileunca Pengalengan. 


🏊10. ARUNG JERAM SITU CILEUNCA PENGALENGAN🏊



Ke Pengalengan tak akan lengkap jika tak mencoba Cileunca Camp Ground di Pengalengan. Salah satunya adalah mencoba wahana Arung Jeramnya. Dijamin nagih!. πŸ˜‰

Meski sangat menguji adrenalin, perjalanan arung jeram yang menghabiskan waktu sekitar 2 jam ini sangat memuaskan raga dan menyehatkan jiwa, :D :D. Suasana hutan pinus dan perkebunan teh akan mewarnai di sepanjang perjalanan penyusuran.

Tempatnya juga aman, aliran sungai tidak terlalu deras. Hentakan bebatuan dan semi air terjun membuat lutut lemas dan lengkingan suara ketakutan mengudara tak terkendali. :D Tapi sungguh, itu sangat menyenangkan dan memberi sensasi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Lalu ketagihan! Haha. :D :D.

Jika nanti pergi ke tempat ini, pastikan tidak sendirian, karena kalian akan kesepian!. Ajak teman-teman terdekat atau keluarga. Kuatkan kembali rasa persahabatan dan persaudaraan dengan mencoba Arung Jeram Situ Cileunca ini. 😍

Ah ya! Untuk sampai ke tempat ini, kalian bisa mencari informasi tour/travel dengan sistem paket ya. Harganya bervariasi bisa disesuaikan dengan budget yang ada.

Selain arung jeram masih banyak adventure lain yang bisa turut dicoba seperti Flying Fox, Camping dan lainnya.

Ada dua tempat wisata yang sudah saya ulas secara khusus, sisanya insyaallah menyusul. Nantinya, insyaallah saya akan mengulas tempat wisatanya satu-satu, dan menambahkan linknya di postingan ini. 

Liburan akhir tahun, sepertinya Bandung bakal macet dan padat. :)

Teman-teman, mau coba yang mana dulu kira-kira? :)

Yuk, ke Bandung. :)


You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



0 komentar