Kuliner

Resep Mpasi Bubur Beras Labu Sup Tahu Tomat Hati Ayam (6+)

Sunday, January 31, 2021


Bismillahirrahmanirrahim. 
Jumat sore panas badan Abang Alfath mulai meningkat. Baluran bawang merah, pelukan kangguru, dan pijatan sudah tidak ada efeknya. Segera saya cek suhu, ternyata sudah di atas 38 derajat. Anaknya juga sudah mulai tidak ceria. Jumat sore saya beri sanmol untuk meredakan efek demam. Malam diberi lagi, tapi juga tidak banyak perubahan. 

Perilaku yang paling tampak, anaknya menempel terus, maunya selalu menyusu. Sabtu dini hari, dua bayi mulai rewel sejak pukul satu. Dan mereka menyusu sejak pukul satu hingga pukul empat. Rasanya? saya kehausan kehabisan energi. 🙈 Dengan sangat terpaksa, saya lepaskan mereka, karena saya butuh mengisi kembali energi. 

Entah karena kebanyakan menyusu atau bagaimana, Abang Alfath juga mulai gumoh susu, sampai bolak-balik ganti sprei tiga kali. Seru sekali di hari Sabtu dini hari, menemani dua bayi yang sedang tidak enak badan dan maunya dipeluk terus.

Dua kali pemberian sanmol belum terlihat reaksinya. Obatnya saya hentikan, kembali ke baluran bawang merah. Kali ini lebih banyak dan lebih sering.  

Paginya, saya buatkan kembali menu sup hangat. Berharap nafsu makan mereka tetap terjaga. Menggunakan bahan yang ada, jadilah bahan postingan resep mpasi bubur beras labu sup tahu tomat hati ayam. 😆

Alhamdulillah, mereka masih mau makan hingga dua kali makan. Selebihnya, menyusu dan menyusu (sampai mamak lemes kehabisan tenaga 🙈). Menu kali ini diturunkan teksturnya, pas dicoba untuk bayi 6+. 

Bubur beras labunya masih sama seperti menu sebelumnya karena stok labu masih ada. 

Bahan Bubur Beras Labu: 
  1. Beras lima sdm
  2. Sepotong labu kuning
  3. Air
Cara membuat: 
Cuci bersih beras, masak di panci. Tunggu setengah matang, masukkan labu kuning. Masak hingga labu hancur, aduk-aduk sampai bubur matang. Saring. 

Sup Tahu Tomat Hati Ayam: 

Bahan: 
  1. Sepotong tahu putih
  2. Satu buah tomat masak
  3. Dua hati ayam
  4. Daun bawang
  5. Seledri
  6. Sereh
  7. Bumbu: bawang putih, kunyit, jahe
Cara membuat:
  1. Rebus hati ayam dengan sereh. Air rebusan bisa disimpan untuk kaldu. Lumatkan hati ayam rebus.
  2. Lumatkan tahu dan tomat
  3. Gunakan air kaldu untuk sup. Masukkan hati, tomat, dan tahu. Beri daun bawang dan seledri.
  4. Angkat.
Masakan siap dihidangkan. 💕




You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



0 komentar