ODOP Blogger Muslimah Indonesia OKT 2017

-251- Surga Dunia ini, hanya akan kamu dapatkan jika kamu menjadi pegawai Badan Pusat Statistik

Tuesday, October 03, 2017

Puncak Pundu Nance, NTB. Kiriman Baiq Rini Adekayanti

Bismillahirrahmanirrahim.

Suka jalan-jalan? hobi fotografi? demen nulis? cita-cita pengen jadi penulis dan nerbitin buku?

Tahukah kamu? kalau itu semua bisa kamu wujudkan sekaligus dengan menjadi Pegawai Badan Pusat Statistik.

Hah? bagaimana bisa? 🙀

Ihh, mau doong. 😄. Mau tahu? Mau?

Simak sampai tuntas ya. :)


JALAN-JALAN


Percayalah, jiwa traveler kamu akan sangat teruji sejak resmi menjadi bagian dari Keluarga Besar Badan Pusat Statistik.

Bagaimana tidak?

Kerjamu akan sangat dinamis. Tidak hanya seharian duduk diam manis. Badan Pusat Statistik akan mengajakmu menjelajahi Blok Sensus demi Blok Sensus, desa ke desa, Kecamatan demi Kecamatan dalam seabrek kegiatan luar Survei Rutin Bulanan, Survei Rutin Tahunan, dan Sensus Besar.


Video youtube perjalanan Pendataan SE 2016 UMK dan UMB Tahun 2017 BPS Kab Malinau ke Desa Long Sule Kabupaten Malinau, Kaltara yang hanya dapat ditempuh dengan sewa pesawat. Video dari Rahmat Darmawan.

Ini akan sangat menyenangkan karena kamu akan bertemu dengan banyak orang, mempelajari karakteristik penduduk, kesasar demi mencari rumah responden, tiba-tiba menemukan jalan baru, menemukan keindahan alam dan banyak pengalaman seru, menegangkan dan tak terlupakan.

Belum pernah kan dikejar anjing? melewati ganasnya ombak? kejebak lumpur? ngelihat suami isteri bertengkar hanya karena lupa di mana naruh kartu keluarga saat kita datang? dikira peminta sumbangan? atau pengalaman jatuh dari tebing demi mendapatkan data? Pegawai Badan Pusat Statistik punya banyak cerita seru tentang itu.

Masa kecil kurang bahagia? oh tenang! Badan Pusat Statistik (selanjutnya akan saya sebut dengan BPS) akan mengajak kamu nyemplung ke sawah buat ubinan. Kamu bakal dapat tugas mengukur produktivitas padi dan hasil pertanian tanaman pangan lainnya. Sembari nyemplung ke sawah, ngerasain sejuknya udara, jangan lupa bahwa kamu sedang bekerja. Jadi, segala jerih payah kamu akan terbayar nantinya. :)

Kamu juga punya kesempatan traveling seru selama dua bulan. DUA BULAN. Bebas dari aktivitas kantor. Tidak perlu absen. Saat kamu terpilih menjadi petugas pendataan SDKI. DUA BULAN DI LAPANGAN. Selama dua bulan kamu berkesempatan berkeliling menjelajah beberapa tempat, menginap di rumah warga, jadi semacam backpacker, dan mempelajari banyak adat budaya baru. Sungguh, Surga Dunia. :)


Suku Tidung Kabupaten Tana Tidung, Kaltara dan kegiatan adatnya
Baca Juga: Upacara Adat Kematian Suku Dayak Blusu, Tana Tidung

MENCICIPI SELURUH WILAYAH INDONESIA

Traveling kamu akan dimulai dari sini. Terutama untuk lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik yang sejak lulusnya, menandatangi perjanjian, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. 

Air terjun Tarlawi, Kab Bima, NTB. Kiriman Baiq Rini Adekayanti Penempatan NTB

Indonesia ini luas banget lho!. Luas wilayah Nusantara seperti yang tertera dalam buku 'Api Sejarah' sama panjangnya dengan Inggris melampaui Eropa sampai Irak. Waw! seluas itu mungkin seumur hidup kamu tidak bakal selesai mengelilinginya, kecuali kamu ditugaskan oleh Negara, berpindah-pindah tempat tugas, dan mencicipi wilayah-wilayah lain di luar pulau Jawa. Sungguh, sebuah Surga Dunia. :)

Menjadi Pegawai BPS, itu artinya kamu berkesempatan mengunjungi seluruh Wilayah Nusantara. Tidak hanya karena penempatan. Ada banyak sekali kesempatan lainnya. Seperti halnya saat ada pertemuan dalam rangka pelatihan.

Tenang saja, Pulau Jawa pasti terlampaui. Selama Ibu Kota masih berada di Jakarta dan belum pindah ke Palangkaraya :p, ada banyak pelatihan dan pertemuan lain yang dilakukan di Jakarta dan Kota-kota besar lainnya di Indonesia. Bali, Jogja, Solo, Lombok, Bandung, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Medan, adalah sederet sebagian kota yang biasanya dijadikan sebagai tempat pertemuan.

Apalagi selain itu? ah tentu saja! kamu bisa menggunakan waktu di sela-sela kegiatan atau jika beruntung saat kegiatan selesai di hari libur, kamu berkesempatan mengisinya dengan jalan-jalan atau berwisata. Gratis akomodasi, dapat uang saku lagi. :). Sungguh, Surga Dunia.

Labuan Bajo, NTT. Kiriman dari Defri Ariyanto Penempatan Bengkulu
Baca Juga: Snorkling-snorkling manjaaah di Pulau Sangalaki, Berau, Kaltim, setelah pertemuan PDRB. 


Staycation di Hotel Berbintang Berkali-kali

Ada waktu, saat BPS sedang sibuk-sibuknya dengan kegiatan besar, waktumu akan banyak tersita di hotel berbintang. :)

Tidak hanya dalam hitungan hari, bisa jadi kamu sampai lupa kapan terakhir kali pulang. 😉

Hotel Midtown. Dokumentasi Pribadi. 



Yakin dan percaya, kalau pakai tabungan sendiri, mungkin kamu gak bakal sering-sering nginep di hotel berbintang yang biayanya bisa mencapai satu juta per malam misalnya. Seringpun, mungkin kamu bakal milih dan nyari hotel promo yang paling murah meriah, iya kan?. 

Sebagai pegawai BPS, kamu berkesempatan bolak-balik merasakan nikmatnya fasilitas penginapan secara gratis berbagai macam jenis hotel dari melati sampai berbintang karena sedang menjalankan tugas negara. 


Dimanja dengan beragam fasilitas hotel, disuguhi makanan enak, leyeh-leyeh, aaaaa...anggaplah inilah kerja sembari staycation :). Sungguh, Surga Dunia. :)


Hotel Aston. Dokumentasi Pribadi.

Traveling ke Luar Negeri


Jalan-jalanmu hanya sebatas mengelilingi Indonesia? oh tentu tidak! :). 

Kamu berkesempatan mencicipi traveling ke luar negeri saat mendapat penugasan mewakili BPS dalam kancah internasional. 

Baca Juga: Tempat Wisata Surga Pulau Tercantik di Thailand

Wiiiih... seru...


Australia, kiriman dari Silvi Dwi Andrianti saat mendapatkan tugas dinas , penempatan pusat 
Daaan, sebagai bagian dari BPS, kamu memiliki kesempatan menamatkan cita-cita mengelilingi Eropa, Australia, Amerika, Jepang, Korea dan banyak tempat lagi secara gratis karena kamu berpeluang untuk melanjutkan studi (S-2 maupun S-3) dengan beragam pilihan beasiswa baik dari pemerintah maupun tawaran beasiswa resmi dari pihak luar. Sungguh, Surga Dunia. :)

Jepang. Kiriman dari Mitna Maimunah, penempatan Pusat. 


Dunia Baru, Budaya Baru

Selain jalan-jalan, sebagai pegawai BPS yang siap ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia dan diharapkan piawai dalam menggali setiap informasi dalam tugas pendataan, kamu berkesempatan mengenali ragam budaya, adat istiadat, mengetahui suku-suku yang (mungkin) dulunya belum pernah sekalipun kamu dengar.

Suku Dani di Hitigima Distrik Assotipo, Papua, kiriman dari Lely Kumala, penempatan Kabupaten Tolikara, Papua.
Karena kamu bakal tidak sebentar berada di dalam suatu wilayah tempat tugas. Pastinya kamu tidak hanya mengenal suku dan adat istiadat baru. Kamu juga akan belajar bersosialisasi, berinteraksi dan membaur dengan penduduk setempat.

Di sinilah, kamu punya kesempatan yang sangat besar untuk turut membangun Negeri bersama gerakan aktivitas sosial kemasyarakatan, punya pengalaman hidup seru dan benar-benar baru.

Baca Juga: Adat Suku Bulungan, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara

Ini akan kamu dapatkan setiap kali kamu berpindah tempat tugas.

Sungguh, Surga Dunia ini hanya akan kamu dapatkan jika kamu menjadi pegawai Badan Pusat Statistsik. :)

Aktivitas Sosial Ratmi dkk, penempatan Papua, membangun Papua bersama BSMI. Kiriman Ratmi


Fotografer Handal 

Kamu yang punya hobi fotografi? oooow, dengan menjadi bagian dari BPS, hobi fotografimu akan sangat tersalurkan dengan baik. BPS sangat menghargai setiap foto hasil jepretan kegiatan di lapanganmu. BPS akan sangat berterimakasih jika kamu punya banyak stok foto panorama alam di tempat tugasmu, foto kegiatan masyarakatnya, dan hal-hal unik di seputar tempat tugasmu.

Karena apa?

Karena dalam setiap publikasi baik buku maupun media lainnya, BPS memerlukan foto-foto itu untuk mempercantik cover depan, penjelasan tabel dan uraian atau hal lain.

Bahkan, jika kamu tidak memiliki stok foto. Kamu pasti akan mendapatkan tugas untuk hunting foto pada detik-detik deadline publikasi. :).

Aih, lihatlah, foto-foto yang bertebaran di postingan ini juga buah karya dari teman-teman pegawai BPS yang bisa saya kumpulkan.

Kiriman Ratmi
Tidak hanya itu, di BPS, kemampuan kamu di bidang desain grafis, menggambar, membuat video akan sangat dihargai. Ditambah kalau kamu jago koding. Percayalah, niscaya kamu akan menjadi orang penting yang dibutuhkan oleh sejuta umat. :). Bermanfaat sekali hidupmu. Sungguh, kemanfaatan itu adalah Surga Dunia. :)

Penulis

Kamu... yang bercita-cita menjadi penulis, dan berkeinginan menerbitkan buku secara gratis tanpa biaya, BPS tempatnya. :)

Selain jalan-jalan dan jeprat-jepret, keahlian menulismu juga akan terasah dengan sangat baik untuk membuat publikasi rutin.

Ini terkesan agak sedikit maksa ya :). Tapi percayalah, hampir semua pegawai BPS bisa menulis, dan sudah menjadi penulis tanpa disadarinya. Karena dalam keseharian, pegawai BPS memiliki tugas pokok membuat publikasi hasil dari pengumpulan data di lapangan.

Baca Juga: Menemukan Gairah Menulis Yang Hilang

Publikasi BPS Kabupaten Tana Tidung. Foto cover: Hutan Mangrove, Tideng Pale Timur. 
Ritme pekerjaan juga akan membuat kamu 'mau tidak mau' dituntut pandai menulis opini.

Kalau bosan, kamu bisa sejenak refreshing menjadi penulis blog seperti pemilik blog keceeh ini, :p, mengirim tulisan di media atau bahkan menulis buku di luar tugas pokok. Membuat novel misalnya.:). Tentu ladang kepenulisan ini akan menjadi sumber pendapatan tambahan jika kamu mau mengasahnya.

Baca Juga: Teknik Menulis Opini di Surat Kabar

Dan kamu tahu? kamu berada di tempat yang tepat, karena dengan bekerja di Badan Pusat Statistik itu artinya kamu sedang bekerja di Pabrik Data. Kamu punya banyaaaaak sekali bahan untuk meracik sebuah tulisan. Baik ilmiah maupun populer.

Bekerja di Pabrik Data dan berkesempatan menjadi penulis profesional, adalah sebuah kenikmatan. Surga Dunia. :)

***

Banyak sekali ya ternyata, Surga Dunia yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi Pegawai Badan Pusat Statistik.

Bagi yang sudah menjadi bagian dari BPS, sudahkah bersyukur hari ini? :)

Untuk yang belum, tertarik untuk bergabung menjadi Mitra Kerja BPS? :)


Tulisan ini diikutsertakan dalam program ODOP (One Day One Post) Blogger Muslimah Indonesia selama Bulan Oktober 2017.

#ODOPOKT2





You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



21 komentar

  1. Setelah baca postingan ini jadi ngiler jadi pegawai BPS hahaha seru dan kereen yaaak bisa travelling kemana2 secara FREE... teman saya juga ada yang kerja di BPS penempatannya di Papua, jd sedikit tahu ttg BPS dari mereka termasuk poin2 yang sempat disebutkan di atas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. keseruan dan kekerenan berbanding lurus dengan beban pekerjaan Mbak, hehehe 😉

      Delete
  2. Keren euyy BPS! Alhamdulillah
    Semoga amanah juga dengan tugas yang diemban...:)

    ReplyDelete
  3. Aahhh... seru kali bacanya, membangkitkan semangatku untuk kembali bekerja lagi nanti. Thanks mbak, butuh pemanasan jg sudah lama gk coret2 blog

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. yaks, mesti kuliah dulu di STIS. Atau nunggu ada penerimaan pegawai umum.

      Delete
  5. Masyaa Allah....setelah dideskripsikan seperti itu, banyak surga dunia yang kita peroleh dengan bekerja di instansi ini ya, walah kadang masih banyak keluh kesah krn beban kerja bertumpuk dan serasa tiada henti...tapi setelah baca tulisan ini, Alhamdulillah... Perlu semakin bersyukur, menikmati segala nikmat yang telah Allah berikan melalui aktivitas kita di BPS...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mbak. Sesungguhnya ini juga bentuk terapi saya juga, agar lebih bahagia menjalani peran di BPS tercinta. Semangat nggih Mbak. 😉

      Delete
  6. Keren dek.... menikmati pekerjaan dan penempatan dari sisi yang lain.... SEMANGAAAAATTT....!!!

    #ditungguTulisanLainnyaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mbak, jangan lupa like, follow dan subcribe. hehe. 😁😊

      Delete
  7. cara menjadi mitra bps gimana mba Istikmalia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya BPS buka pendaftaran saat ada kegiatan besar Mbak. 😊

      Delete
  8. Keren... Saya sebagai mitra BPS sangat bersyukur telah menjadi bagian dari BPS.. Kapan2 ajak saya untuk bisa ikut kegiatan SDKI.. ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat! terus berdedikasi membangun negeri bersama BPS ya Mbak. 😊

      Delete
  9. Wah, setelah baca ini, pasti banyak anak muda yang pengen jadi pegawai BPS. ��

    ReplyDelete
  10. Waaaah ini nih. Saya tertarik ikut jd bagian bps. Ups bidan praktek swasta maksudnya. Udah cuma ini yg bisa diusahakan karena gak mungkin saya sekolah lagi biar bisa kerja di bps sepertimu. Hihi

    ReplyDelete