Kuliner

-107- Barongko Pisang

Wednesday, March 13, 2013


Bismillahirrohmanirrohim,

[Lagi-lagi] saya menuliskan resep makanan khas Sulawesi Selatan. ^^
Ini tergolong kue yang cukup terkenal bagi masyarakat Sulsel dan sekitarnya, dan menjadi salah satu makanan kesukaan suami. Konon kue barongko ini pada zamannya termasuk kue mewah yang hanya disajikan untuk para raja-raja di acara tertentu. Beruntung, cara pembuatan kue ini termasuk sangat mudah dan praktis. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

1. Pisang kepok yang sudah masak 1 sisir
2. Santan kental 1/2 butir kelapa
3. Gula 1/2 kg
4. Telur 5 butir 
5. Garam secukupnya
6. Daun pisang sebagai pembungkus


Langkah pembuatan:
1. Kupas pisang, ambil bagian dagingnya dan iris tipis-tipis. Pisahkan dari isi/biji-biji yang ditengah. Untuk mempermudah, iris secara vertikal.

Kurang lebih seperti ini. Sisa pisang yang berbiji ini tidak dipakai untuk barongko, tapi tetap bermanfaat. Bisa disimpan dulu, untuk kemudian digoreng bersama tepung, dimakan sebagai cemilan sore hari. :)
2. Siapkan blender. Campur semua bahan dan lumatkan. Langkah kedua ini tidak mesti dilakukan satu kali, adonan bisa dibagi menjadi dua atau lebih, tergantung muatan blender. Tidak harus menggunakan blender juga, yang penting pisang lumat dan menyatu dengan bahan yang lain. 

Hasil jadinya seperti ini, tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair
3. Bungkus dengan pisang dan kukus sampai matang. 


Ada banyak cara dan variasi dalam membuat barongko, yang saya tulis disini adalah resep sederhananya. Bisa juga divariasikan dengan dikukus menggunakan loyang atau cetakan-cetakan lucu. Kue barongko ini bisa dimakan hangat-hangat, tetapi lebih enak jika didiamkan sampai dingin dan dimasukkan dalam kulkas dulu. 

Selamat mencoba!, semoga bermanfaat! :)





You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



4 komentar

  1. ngono tok? ah, terlalu mudah bagiku ...xixixi.

    ReplyDelete
  2. @Nimas Kinanthi Mbak... share resep bikin susu kedelai dong! penasaran pengen bikin dirumah... :)

    ReplyDelete
  3. baru denger nih mak barongko pisang, rasanya kaya apa ya mak :p
    salam kenal mak nurin ^^

    ReplyDelete