Review

-20- Kisah Zaid bin Haritsah, Anak Luar Biasa Didikan Rosululloh

Tuesday, November 15, 2011


Saya mengenal Zaid, ketika saya membaca kisah cintanya dengan Zainab binti Jahsyi. Zainab, yang kemudian menjadi satu-satunya istri Rosululloh yang dipinang langsung oleh Alloh, semata-mata karena pinangan itu diabadikan dengan turunnya sebuah ayat yang memperbolehkan seorang ayah menikahi mantan istri dari anak angkatnya. Hanya itu saja, dan tidak lebih. Sabtu lalu, saya mendapatkan sebuah buku, oleh-oleh dari kak yang baru saja pulang dari Jakarta, dinas luar kota. Buku yang di beli seharga Rp 35.000 ini berjudul ‘Super Teacher Super Student, 7 Jalan Mukjizat Menciptakan Pendidikan Super’. Buku yang tidak terlalu tebal dengan nama pengarang Rina Novia yang juga baru pertama kali saya dengar adalah buku yang langsung menarik perhatian saya diantara puluhan buku yang kak beli. Salah satu bagian yang saya suka adalah kisah Zaid dan bagaimana pendidikan super ala Rosul telah menjadikan seorang Zaid bin Haritsah menjadi pemuda hebat di zamannya kala itu. Berikut saya kisahkan kembali sesuai kisah asli yang terdapat dalam buku. Mari bersama-sama kita petik pelajarannya….^_^.
****

Tersebutlah Zaid bin Haritsah, seorang anak laki-laki berusia delapan tahun. Postur tubuhnya pendek, hidung pesek dan warna kulitnya agak gelap. Bukan faktor kondisi fisik yang membuatnya terkenal, melainkan karena kesabaran dan kehebatannya menghadapi cobaan.
Ibunya bernama Su’da, sedangkan ayahnya bernama Haritsah. Su’da sudah lama ingin mengunjungi kerabatnya di kampung Bani Ma’an. Namun Haritsah tak bisa mengantar karena banyak urusan. Untunglah ada rombongan pedagang yang hendak kesana, maka ayah Zaid bisa menitipkan istri dan puteranya.

Su’da dan Zaid bin Haritsah sampai dengan selamat ke tujuan. Keluarganya di Bani Ma’an menyambut gembira. Apalagi Zaid bin Haristah sangat lincah, selalu ceria berlarian ke sana-ke mari. Namun kegembiraan penduduk kampung itu musnah karena serangan gerombolan perampok. Kekacauan pun terjadi dimana-mana, ibu-ibu dan anak-anak menjerit-jerit ketakutan.
Gerombolan perampok menghunus senjata tajam. Pria-pria jahat itu membunuh siapa pun yang melawan. Hingga penduduk kampung Bani Ma’an tak berdaya membela diri. Perampok itu merampas harta benda dan juga menawan beberapa orang penduduknya. Seorang pria sangar menangkap Zaid. “Tolong….! Tolong…! Lepaskan aku!” teriaknya sambil meronta-ronta.
Tetapi penculik itu bertubuh besar, tenaganya juga sangat kuat. Zaid menjadi lemah kelelahan dan tak bisa lagi melawan. Pria jahat itu berhasil memaksa Zaid naik kuda, lalu melarikannya jauh-jauh.
“Lepaskan anakku! jangan culik dia!” Su’da berteriak-teriak. Tapi penculik itu tak punya belas kasihan. Dia semakin cepat menunggang kuda, meninggalkan Su’da yang menangis tersedu-sedu. Dengan kesedihan mendalam, Su’da mengadu pada suaminya. Ayah Zaid langsung pingsan, mendengar kabar buruk itu. Ketika siuman, Haritsah menjerit, “Oh Zaid! Malang sekali nasibmu anakku. Kamu masih kecil sudah menderita.”
Haritsah sangat mencintai putera kecilnya dan memulai perjalanan mencari Zaid. Haritsah menyandang buntelan di bahunya, menjelajahi padang pasir, memasuki kampung demi kampung dengan membaca syair sedih:

Ku tangisi Zaid, ku tak tahu apa yang telah terjadi
Dapatkah ia diharapkan hidup, atau telah mati?
Demi Tuhan aku tak tahu, sungguh aku hanya bertanya
Apakah di lembah ia celaka, atau di bukit ia binasa?
Di kala matahari terbit ku terkenang padanya
Bila surya terbenam ingatan kembali menjelma
Tiupan angin yang membangkitkan kerinduan pula
Wahai, alangkah lamanya duka nestapa,
Diriku jadi merana


Setiap bertemu orang, dia selalu menanyakan keberadaan puteranya. Tapi tak seorang pun yang mengetahui. “Oh Zaid! Ke mana lagi ayah akan mencarimu,” ungkap Haritsah.

Sementara itu Zaid dipaksa menempuh perjalanan sangat jauh, dan tiap sebentar dirinya dibentak dan disakiti. Ternyata penculik membawa Zaid ke Mekah yang saat itu dikuasai kafir Quraisy, disana perbudakan masih terjadi.

Penculik membawa Zaid ke pasar Ukaz dan menjajakannya. “Ayo beli! Ayo beli! Anak ini akan saya jual.” Hakam bin Hazm datang membeli Zaid. Lalu Hakam menghadiahkan Zaid pada seorang perempuan bernama Khadijah binti Khuwailid. Ya, benar! Dia adalah istri dari Nabi Muhammad Saw. Kemudian Khadijah menghadiahkan Zaid kepada suaminya.

Nabi Muhammad menerima Zaid dengan gembira. Beliau berkata, “Anak baik, kamu tak pantas menjadi budak. Sekarang aku telah memerdekakanmu, bahkan kamu boleh tinggal di rumahku.” Alangkah leganya hati Zaid karena statusnya bukan lagi budak yang hina. Kini, ia mendapat kehormatan tinggal bersama Nabi Muhammad. Kebaikan Rosululloh dan Khadijah membuat Zaid betah tinggal di sana, hampir saja dia lupa dengan ayah dan ibunya.

Rosululloh mengasuh Zaid dengan penuh kasih sayang. Zaid pun diajar berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Dia juga seorang anak yang berbakti yang cekatan membantu berbagai pekerjaan rumah, hingga Rosululloh dan Khadijah makin sayang padanya.

Pada musim haji, banyak orang menziarahi ka’bah di Mekah. Diantara peziarah itu ada yang mengenali Zaid. Mereka bersorak gembira, “Wahai Zaid, syukurlah kamu sehat saja. Bagaimana kabarmu? Ayah dan Ibumu sangat rindu.” Zaid pun terharu dan teringat dengan orangtuanya. “Tolong sampaikan pada ayah ibu bahwa aku baik-baik saja. Kini aku baik-baik saja. Kini aku tinggal bersama manusia paling mulia. Dia menyayangiku sepenuh kasih sayang,” pesannya.

Kabar baik itu sampai pada orangtuanya. Haritsah segera menemui Nabi Muhammad, “Wahai pria yang terhormat! Tuan terkenal suka membebaskan orang tertindas. Kedatangan kami untuk meminta puteraku kembali. Zaid korban penculikan orang jahat. Sudilah membebaskannya kembali pada kami, dan terimalah uang tebusan yang telah kami siapkan ini.”

Nabi Muhammad tidak mau menerima uang tebusan sebab beliau sudah memerdekakan Zaid dari perbudakan. Tetapi Nabi Muhammad juga sulit memutuskan, sebab Zaid sudah terlanjur bahagia tinggal bersamanya. Rosululloh berkata pada Haritsah, “Kita serahkan saja pada Zaid untuk memilih sendiri. Jika Zaid memilih ayahnya, maka aku akan mengembalikannya tanpa tebusan. Tapi, bila Zaid memilih tinggal bersamaku. Aku tak akan menyerahkan orang yang telah memilihku!”

Haritsah menerima tawaran Rosululloh. Lalu Nabi Muhammad bertanya, “Wahai Zaid, apakah kamu mengenal kedua laki-laki ini?” Zaid menjawab, “iya, mereka adalah ayah dan pamanku.” Kemudian Zaid dipersilahkan membuat keputusan. Ingat! Saat itu usia Zaid baru sekitar delapan tahun. namun dia harus menentukan masa depannya sendiri, tentu keputusan itu harus dibuat dengan pikiran serius.

Zaid berkata pada Nabi Muhammad, “Engkau adalah pilihan terbaikku!” akhirnya Zaid memilih tinggal bersama Rosululloh. Haritsah pun merelakan, sebab itu sudah menjadi pilihan anaknya sendiri.

Nabi Muhammad terharu mendengar pilihan Zaid, kemudian membimbingnya menuju Ka’bah. Nabi Muhammad mengumumkan Zaid sebagai anak angkatnya. Sejak itu penduduk Mekah menyebutnya Zaid bin Muhammad. Peran Zaid pun menjadi semakin penting sebagai murid istimewa Rosululloh yang menuntut ilmu di madrasah Nabi.

Beberapa waktu kemduian turunlah wahyu pertama dan Zaid langsung memeluk agama Islam. Meski ketika itu dia masih kanak-kanak namun pemikirannya sudah cerdas. Zaid telah mengetahui agama yang benar dari Alloh. Zaid seorang anak yang jujur. Hati, lidah dan tangannya terpelihara dari segala perbuatan yang buruk. Para sahabat nabi memanggilnya ‘Zaid kesayangan’. Kemudian Zaid tumbuh menjadi pemuda dewasa yang bertubuh kuat dan gagah berani. Zaid seringkali membela agama di medan perang. Bila dia ikut berperang, maka Rosululloh akan menunjuknya menjadi komandan. Demikianlah besarnya kepercayaan Nabi Muhammad kepadanya. 

Suatu ketika pasukan Romawi mengancam di perbatasan. Keadaan itu membahayakan keselamatan umat islam. Maka Rosululloh menyiapkan pasukan islam yang akan diberangkatkan menuju perang Mut'ah. Perang ini sangat berat karena pasukan Romawi berjumlah sangat banyak dengan persenjataan yang canggih. Tapi kaum muslimin tidak gentar. Apalagi Rosululloh memilih komandan yang tangguh, yaitu Zaid bin Haritsah.


Ketika itu tahun ke delapan hijriah, tepatnya di bulan Jumadil Ula, perang yang tak seimbang terjadi. Zaid bin Haritsah bertempur dengan gagah perkasa. Dia menyemangati pasukannya berjuang membela agama dan tanah air. Tetapi jumlah pasukan musuh memang terlalu banyak, Zaid bin Haritsah pun mati syahid di medan tempur. Dia wafat sebagai pahlawan yang mulia dan dimakamkan tak jauh dari lokasi perang. 


Pengorbanan Zaid bin Haritsah tidak sia-sia, sebab pasukan islam semakin bersemangat memerangi tentara Romawi. Akhirnya pertempuran bisa diselesaikan. Umat islam memakai taktik yang jitu, hingga bisa melepaskan diri dari jebakan pasukan Romawi. Nabi Muhammad sangat bangga punya murid sehebat Zaid. Anak korban penculikan itu telah menjadi pahlawan agama dan negara dan dijanjikan surga oleh Alloh.

Gambar dipinjam dari: http://bumgembul.blogspot.com/2007/08/aku-zaid-bin-haritsah.html

You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



1 komentar

  1. Sungguh, betapa istimewanya seorang anak. Kelelahan seorang ayah mencari nafkah, kelelahan seorang ibu mengurus rumah seringkali sirna dan lenyap oleh satu hal jenaka saja, oleh satu senyuman saja, oleh satu tingkah anehnya saja. Subhanalloh, bahkan kelelahan saya bolak-balik dari dua rumah kontrakan, satu rumah untuk ditinggali, satu rumah untuk bimbel plus rumah baca, sirna seketika melihat senyuman anak-anak yang duduk asyik membaca buku di rumah baca saya. Sungguh, senyum dan keceriaan mereka membuat saya bertambah semangat untuk terus berkarya!!

    ReplyDelete