Celoteh

-294- Melanjutkan Kebiasaan Baik Setelah Ramadan

Saturday, June 30, 2018



Bismillahirrahmanirrahim.

"Mbak, kurusan ya?" :D.

Duh Gusti, ini komen TERBAIK sepanjang musim lebaran ini, hoho :D :D.

Rasa pengin jejingkrakan saking senengnya pas cek timbangan, ya Allah timbangan saiyah ke kiri dan bukan ke kanan. KE KIRI saudara-saudara! ya Allah sujud syukur. Ahahaha :).

Cencu saja ini salah satu goals sepanjang Ramadan selain ibadah. Yeah, mendapatkan berat badan ideal sekaligus kesehatan. Juga, setelah Ramadan ini ingin memperbaiki pola hidup menjadi lebih teratur.

Silakan baca: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang ditulis oleh Mbak Mutia ini.

Pola hidup teratur termasuk makan, minum, tidur dan ibadah sangat terasa saat bulan Ramadan lalu. Saya merasakan betapa semangat Ramadan mengalir dalam setiap aktivitas keseharian. Ditambah lagi hawa untuk berlomba dalam kebajikan dan memperbanyak ibadah membuat hari-hari tampak lebih bajik, nyaris tiada waktu yang dilewati tanpa menanggalkan kebaikan.

Setelah lebaran? nah ini, yang biasanya mulai kendor. :D. Di bulan Syawal ini, mumpung masih anget dan belum jauh dari Ramadan, saya ingin mulai mengingat kembali kebiasan baik yang sebelumnya sudah dilakukan saat Ramadan, dan ingin saya lanjutkan untuk seterusnya, insyaallah.

Makan dan Minum Secukupnya

Ini yang paling saya rasakan saat Ramadan lalu. Pola makan saya menjadi lebih teratur. Jam makan saat berbuka dan sahur menjadikan saya terbiasa hanya makan di waktu tertentu dan secukupnya. :)

Iya, rasanya nafsu makan lebih bisa terjaga. Di hari biasa, saya bisa lebih banyak jajannya. :D Makan cemilan ini itu. Tetapi saat Ramadan, semua itu bisa dikendalikan, karena saat berbuka minum air putih saja kadang sudah terasa kenyang saja. Ahaha :D


Makan besar juga porsinya tidak seberapa, alhamdulillah jadi lebih terkontrol, seimbang dan pas. 

Puasa menjadikan saya lebih bisa mempraktikkan makan setelah lapar dan berhenti setelah kenyang. 

Selain itu, kebiasan saya saat berbuka dengan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan menjadikan saya menjadi terbiasa makan buah dan memperbanyak sayuran. 

Puasa alhamdulillah membawa banyak perubahan dalam hal pola makan. 

Istirahat Teratur

Selain pola makan, istirahat juga menjadi lebih teratur. Setelah tarawih, saya menjadi terbiasa untuk tidak tidur larut malam seperti biasanya, di mana sebelumnya, saya bahkan terbiasa tidur di waktu menjelang pagi (mohon tidak untuk ditiru) :) karena banyaknya hal pekerjaan yang biasanya saya lakukan atau pekerjaan menulis saya yang sudah diambang deadline. 

Bulan Ramadan memaksa saya mau tidak mau untuk segera tidur, karena saya harus bangun lebih awal mempersiapkan sahur. Ini menjadikan waktu istirahat saya menjadi apik dan mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik. 

Waktu pagi? nah iya, waktu setelah sahur, agar tidak mengantuk saya jadikan waktu pagi sebagai waktu untuk menulis atau mengurusi pekerjaan rumah lain. Rasanya, badan saya menjadi lebih segar. 

Ibadah Rutin

Satu hal yang saya sukai dari Ramadan adalah meningkatkan performa ibadah. Alhamdulillah. Di bulan Ramadan, seluruh kegiatan ibadah mendapatkan porsi istimewa, karena kita semua berlomba untuk mendapatkan keistimewaan bulan ini. 

Tilawah Al-Quran yang biasanya terseok-seok, tiba-tiba menjadi lancar jaya karena keinginan untuk mengejar khatam minimal satu kali selama Ramadan. Salat sunah yang biasanya enggan dilakukan, menjadi terlaksana penuh tanpa ada yang ditanggalkan. Sedekah yang mulanya jarang-jarang, menjadi lebih sering dilakukan. Salat malam dan ibadah lain cenderung meningkat tajam di bulan penuh berkah. Alhamdulillah, inilah salah satu kebiasaan baik yang sangat ingin saya lanjutkan setelah Ramadan berlalu. 

Olahraga

Saat Ramadan, olahraga memang tidak saya lakukan setiap hari. Tapi saya mulai terbiasa berjalan kaki seusai salat Subuh berjemaah di masjid. Ini hal yang jarang saya lakukan di bulan biasanya. 

Insyaallah saya mulai bertekad untuk lebih merutinkan berolahraga setidaknya satu minggu sekali, minimal dengan berjalan kaki. 

Membaca Buku

Alhamdulillah, Ramadan lalu menanggalkan kebiasaan baik lain yakni saya alhamdulillah jadi lebih rajin membaca buku. 

Saya hobi sekali membeli buku, tapi punya kemampuan yang sangat lamban dalam menuntaskan bacaan. Insyaallah, setelah ini saya akan lebih berupaya merutinkan membaca buku. 

Menjaga Lisan

Nah ini, salah satu yang sangat ingin saya lanjutkan. :) MENJAGA LISAN. Bulan penuh rahmah ini membuat saya berlatih untuk menjaga kesabaran dan menjaga lisan. Siapa pula yang mau mengotori puasanya dengan kotornya ucapan? sepertinya tidak ada. :D. 

Ini akan menjadi kebiasan baik yang akan saya lanjutkan insyaallah. 



Nah inilah, beberapa kebiasaan baik yang insyaallah akan saya lanjutkan setelah Ramadan ini, bagaimana dengan teman-teman? :)

You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



0 komentar