Kuliner

-236- Karamunting, Buah Ngehits Zaman Pra Sekolah

Tuesday, April 04, 2017

Penampakan Buah Karamunting

Bismillahirrahmanirrahim. 

Dalam edisi Blogger Muslimah Sisterhood pekan ini, pemenangnya adalah Mbak Anisah Widyastuti. Dan Mbak Nisa kali ini memilih tema tentang buah-buahan yang disukai :)

Boleh baca cerita Mbak Nisa tentang buah di sini: Gak Suka Sama Beberapa Buah-buahan? Rugi!

Lantas saya bingung mau cerita apa soal tema buah-buahan ini. Soalnya saya sama buah itu hubungannya biasa aja, gak pernah jadian apalagi mantanan, *apa sich :p. Setelah tengak-tengok pekarangan dan merenung, saya langsung keinget sama buah ini, buah Karamunting. Dan saya langsung ke semak-semak sekitar rumah, buat ngedapetin foto penampakan buahnya. :)

Karamunting
Yes, jadi ini semacam buah semak-semak yang suka jadi inceran waktu zaman pra sekolah dulu. :). Berlanjut juga sampai kami SMA deh kayaknya. :D. Buahnya warnanya agak keunguan, rasanya ada manis-manisnya gitu. Saya dan kawan-kawan semasa kecil dulu sukaaaak banget nyari buah ini dulu. Buahnya sih rasanya itu semacam memakan anggur, (((anggur))), mewah kan? :), yang seru buat kami itu adalah proses mencarinya. Seruuuuu banget, karena buah ini tumbuhnya di semak-semak gitu, makin ke hutan makin banyak, dan nyari Karamunting mateng yang lezit rasanya itu perlu perjuangan. Serulah seru pokoknya!.

Kita suka berlomba-lomba nyari buah ini, trus banyak-banyakan.😅

Yang tidak pernah terlupa sampai kini itu, suatu hari, pernah, kawan-kawan saya itu iseng banget, waktu kami lagi asyik cari karamunting di semak-semak, mereka ninggalin saya sendirian, trus dari balik semak yang rimbun saya denger suara perempuan tertawa cekikikan gitu. Saya fikir itu teman saya yang iseng, eh rupanya, saya cari-cari mereka, mereka udah pada gak ada. Jadi yang ketawa tadi siapa? siapa??? 👿. Gak ada orang di situ, sepiiii, hanya saya seorang. 😧 *sungguh tega kalian teman-teman. :D.

Boleh baca kisah seru saya zaman sekolah lainnya di sini: Masa Kecil Membahagiakan Sebagai Santriwati

Buah Karamunting ini nama latinnya Rhodomyirtus Tomentosa, buahnya berbentuk lonjong dengan ukuran 1 sampai 1,5 cm. Buah mentah biasanya berwarna hijau, saat matang, buah berwarna kecokelatan, kadang keunguan sampai hitam.

Manfaat Buah Karamunting

Dulu semasa kecil saya suka iseng coba ini coba itu, besok-besok setelah dewasa saya baru tahu manfaatnya. Seperti halnya kebiasaan saya dulu mandi kembang, ((tujuh rupa)) :p. Saya seneng banget dulu metik kembang sepatu dicampur sama bunga-bungaan lain buat main mandi-mandian, berendam dalam bak, rupanya sekarang baru tahu manfaat bunga sepatu itu buat kecantikan :)

Nah, sama nih, dengan Karamunting.
Ternyata Karamunting ini buanyaaak sekali manfaatnya, diantaranya adalah:
  • Mengandung antioksidan yang kuat. 
  • Daun Karamunting mengandung senyawa golongan flavonoid, steroid, triterpenoid, tanin galat, tanin katekat, kuinon, unsur natrium, kalsium, kalium serta magnesium. Banyak banget ya? :). 
  • Akar;  ekstrak akar dapat meningkatkan jumlah trombosit, meningkatkan tingkat fibrinogen, dan otot kontrak pembuluh darah halus. Dengan kata lain, ekstrak akar mampu untuk menghambat bakteri Staphylococcus aureus sebagai penyebab nanah.  Kandungan tannin atau zat warna di akar dapat digunakan sebagai pewarna hitam alami. Sebagian masyarakat memanfaatkan  untuk menghitamkan gigi dan alis.
  • Daun;  selain sebagai bahan pengobatan herbal untuk penyakit diabetes, dapat dimanfaatkan untuk obat luka, yaitu dengan mengunyah beberapa lembar daun karamunting  lalu ditempelkan ke bagian luka. Di tempat lain, daun ini dapat dimanfaatkan untuk menetralkan racun.
  • Buah;  apabila dikonsumsi mempunyai  efek hemostatik dalam saluran pencernaan bagian atas, dan melawan metrorrhagia penyebab pendarahan pada wanita. Kandungan buah ini mampu meningkatkan hemoglobin, jumlah sel darah merah, dan juga meningkatkan antianoxic. (sumber:  http://balitbu.litbang.pertanian.go.id). 
Wah, baru tahu, ternyata buah karamunting ini kaya manfaat dan baik sekali untuk kesehatan, pantasan dulu waktu zaman hobi nyari buah ini bersama kawan-kawan, kami semua sehat dan jarang sakit-sakitan, :D :D.

Jadi, begitulah, sekelumit kisah masa kecil dan kenangan bersama mantan buah yang disukai zaman pra sekolah. :)

Kalian sendiri, bagaimana? boleh doong bagi cerita seseruannya soal buah-buahan, :D :D






You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



14 komentar

  1. Baru tau ada buah ini.. wuiih keren makasih mba sharing nya :)

    ReplyDelete
  2. Itu buah yang suka saya buru ke bukit waktu kanak-kanak dulu tuh. Seneng banget mengantongi buah ini pulang dari bukit. Gak puas-puas makannya. Sekarang masih ada lho yg jual di pasar-pasar tradisional meski jarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Sampe dijual di pasar ya Uni? Di sini mah gak ada dijual di pasaran. 😊

      Delete
  3. Aq baru tau namanya karamunting dan bisa dimakan, padahal dlu banyak bgt deket rumah

    ReplyDelete
  4. malah penasaran bgt sama buah ini. blm pernah liat langsung sama sekali. lucu ya namanyaa :)

    ReplyDelete
  5. Ya ampunnn, buah ini...yang kalau dimasukin mulut terus bikin mulut item2 hahaha
    Masa kecil aku banget ini

    ReplyDelete
  6. Jujurnya baru skr dgr nama buah ini mba :D. Jd bntuknya kyk bunga gt yaaa?. Ihh jd penasaran.. Blm prnh nemu jg di sini..

    ReplyDelete
  7. belum pernah lihat penampakan buah ini sebelumnya :)

    saat kecil dulu saya juga suka ke hutan untuk cari buah semak-semak yang bisa dimakan :)

    ReplyDelete
  8. Nama buahnya aneh, saya belum pernah dengar dan juga lihat. Mungkin jadi spesies langka di Lamongan Jawa Timur

    ReplyDelete