Kuliner

-289- Sajian Praktis Berbuka Puasa

Friday, May 18, 2018

www.istikmalia.com

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah, Ramadan tiba, banyak hati yang bersuka cita dan bergembira menyambutnya. :) Tidak saja karena momennya yang tentu saja berbeda dari bulan-bulan sebelumnya, tetapi juga akan banyak kebersamaan yang tercipta dengan keluarga di bulan rahmah ini. Salah satunya, saat berbuka puasa bersama. πŸ˜‰

Sebagai perempuan yang suka akan kepraktisan, πŸ˜† tentu saja, menu sajian berbuka, saya akan mencari sepraktis-praktisnya menu. πŸ˜… Hal paling praktis yang biasa saya lakukan adalah
.
.
.
.
pergi ke pasar Ramadan, membeli beberapa penganan kesukaan saya, suami dan anak, masing-masing diwakilkan, sukanya apa. Rebes. Beres. Praktis. πŸ˜‚ Bisa ganti-ganti menu setiap hari, dijamin tidak repot. Ahahahaha. πŸ˜†. Ingat duhai ibu-ibu, ini tips praktis pertama dari saya, hihi. πŸ˜›.

Tapi tenang saja, masih ada beberapa tips sajian praktis berbuka puasa yang bisa dicoba, terutama bagi perempuan penuh kesibukan pekerja, yang mungkin saja tidak selalu siap berada di dapur mencoba berbagai resep njelimet yang membutuhkan waktu. πŸ™ˆ

Berikut beberapa Sajian Praktis Berbuka Puasa yang bisa dicoba: πŸ˜‰

Air Putih dan Kurma

“Dari Salman ibn ‘Aamir, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, kalau tidak ada, maka dengan air karena air itu bersih dan suci.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)”

Anjuran Rasulullah mengajarkan untuk tidak berlebih-lebihan dalam hal makan minum saat berbuka. Rasulullah menganjurkan kepada kita, untuk memulai buka puasa dengan kurma atau seteguk air putih sebagai gantinya.

Hal ini, selain tertuang di dalam hadits dan dicontohkan oleh Rasulullah, juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Kurma menyehatkan sistem pencernaan. Buah kurma mengandung serat larut dan asam amino yang membantu meringankan kerja proses pencernaan makanan. Kandungan glukosa, fruktosa serta beberapa vitamin dan zat penting lainnya sangat baik dalam membantu memulihkan energi tubuh setelah seharian berpuasa.

Sementara air putih selain sebagai penghilang dahaga, juga bermanfaat melancarkan sistem pencernaan tubuh dan sebagai penangkal racun alami di dalam tubuh. Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk memulai berbuka dengan air putih, sebelum teh, kopi atau es cendol. πŸ˜ƒ

Buah-buahan

Siang hari di bulan Ramadan terasa lebih terik, membayangkan makan-minum yang manis dan segar sungguh menggugah selera, #ditambah iklan sirup M*rj*n yang berseliweran, lengkap sudah hawa-hawa ingin minum es buah, es serut, jus buah, dan segala macam es-esan. πŸ˜†.

Lantas, bagaimana mengkreasikan es, setidaknya agar tetap menyehatkan buat tubuh? ahaaa! buat kreasi buah. Tenang, ini masih akan sangat praktis. πŸ˜‰

Mbak Damar Aisyah, pengelola blog www.damaraisyah.com sudah mengulasnya dengan sangat lengkap di sini:

Kreasi Buah, Menu Buka Puasa yang Praktis dan Segar


Buah potong, smoothie dari buah-buahan, es buah dengan air kelapa muda dan salad buah adalah beberapa kreasi yang dianjurkan oleh Mbak Damar.

Ha? nanya saya biasa bikin apa? :D. Tentu saja, saya pilih yang paling PRAKTIS. :)

Saya selalu berusaha menyediakan menu buah potong segar untuk berbuka. Paling favorit dan juaraaaknya itu semangka manis tanpa biji, buah anggur, pepaya, sesekali boleh diselingi apel atau pir. Tapi kami semua paling suka dengan semangka, jadi semangka seperti menu buah wajib saat berbuka. Sedikit tipsnya, sebaiknya buah-buahan dipotong sesaat menjelang berbuka, biar segar, dan tak lupa, disimpan di pendingin makanan sesaat, segar sekali saat dimakan. :)

Puding

http://www.istikmalia.com/2016/09/213-puding-jagung-lapis-susu-yang.html


Biasanya makan air putih, kurma dan buah saja sudah cukup mengenyangkan. Tapi jika dirasa masih terasa lapar juga, πŸ˜… ada baiknya menyiapkan menu ringan lain yakni puding, yuhuuuuu. :)

Yang terasa mudah dan praktis, mungkin bisa mencoba puding siap saji. 

Jika ingin sedikit berkreasi namun tetap praktis, coba menu ini: 

Resep Puding Jagung Lapis Susu. 



Kolak 

http://www.istikmalia.com/2016/01/182-kolak-pisang-rasa-durian.html


Sebagian juga ada yang suka dengan kolak manis-manis. Boleh sekali mencoba menyiapkan menu kolak untuk berbuka. Ini termasuk sajian praktis berbuka puasa. Kolak bahkan bisa dibuat dengan menggunakan rice cooker lo. πŸ˜ƒ *Wah wah, maka nikmat kemudahan mana lagikah duhai emak yang kan kau dustakan? eheheh. πŸ™ˆ. 

Resep mudah membuat kolak bisa dibaca di sini: 

Resep Kolak Pisang Rasa Durian


Barongko

Bagi penggemar kue-kuean, tentu tak nikmat rasanya, jika tak ada hidangan penganan sejenis Barongko Pisang ini. :). Membuatnya pun sangat mudah dan praktis. Modal ngeblender pisang, campur gula, santan, telur
(((doang))). Selesai. Beres deh. :). 

Resep mudahnya dapat disimak di sini yak: 

Resep Praktis Membuat Barongko Pisang


Es Pisang Ijo

Tak lengkap rasanya jika di ulasan ini tak menampilkan penganan khas Makassar sekitarnya ini. :) Di rumah ibu mertua, bahkan Es Pisang Ijo menjadi sajian berbuka wajib setiap hari. Ya, SETIAP HARI. :). 

Membuatnya juga praktis dan tidak butuh waktu lama. Pisang Ijo ini bisa disajikan hangat seperti makan kolak atau dingin dengan taburan es batu, rasanya sama-sama enak dan menggugah selera. :)

Resep praktis membuat Es Pisang Ijo dapat dibaca di sini: 




Nah, ini beberapa menu sajian praktis berbuka puasa yang bisa saya sarankan untuk Emak-emak sekeluarga. Silakan mencoba. :)


Selamat menjalankan ibadah puasa ya Emaks, salam sepenuh cinta. :)




You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



1 komentar

  1. But it would make it very straightforward for a participant to identify the μΉ΄μ§€λ…Έμ‚¬μ΄νŠΈ price he’s paying. There is a cumulative nature to a slot machine’s maintain, in accordance with author Natasha Dow SchΓΌll. A 90% payback proportion doesn’t imply a participant will solely lose $10 occasion that they} guess $100. It means they will lose 10% every guess and gradually lose it all. Choose among forty exciting table video games, with pleasant dealers and an atmosphere of unparalleled comfort. Try your hand at favorites such as Blackjack or Roulette, or take a shot at Craps, Head’s Up Hold’em, and Flop Poker.

    ReplyDelete