Kuliner

-213- Puding Jagung Lapis Susu Yang Dirindukan

Friday, September 16, 2016


Bismillahirrahmanirrahim.

Ini resep puding yang simpel, praktis dan mudah. Yalah, setelah saya pikir-pikir, memasak itu semuanya simpel kok, gak ada susah-susahnya, yang susah itu kadang niatnya. :D. 

Memasak itu juga bukan skill yang gimana-gimana, karena pada dasarnya semua pasti bisa kalau sudah belajar, mau mencoba dan mau mengulang. Kalau baru sekali dua kali belum pas di rasa, ya wajar karena belum sering, jadi belum ketemu saja feel nya. :). Jadi ya, seperti ilmu apa pun, memasak juga butuh belajar dan latihan.

Puding Jagung Lapis Susu ini termasuk salah satu favoritnya suami juga, err... selain sop ayam saya yang sederhana itu, :D. Karena saya membuat ini juga tidak sering-sering, puding ini kapan-kapan bisa muncul jadi sesuatu yang dirindukan. "Bikinin ya, buatan kamu beda", begitu katanya. Gak tahu ini semacam gombalan maut atau kejujuran, :p, tapi saat mencoba puding yang sama yang bukan buatan saya, kalimat spontan yang keluar, "beda ya rasanya, enakan bikinan bunda". Trus, kata-kata sesimpel itu nyatanya mampu mencipta rasa bahagia, berbunga-bunga. :). Setidaknya, saya tahu, sesederhana apa pun kemampuan memasak saya, masakan saya memiliki tempat tersendiri di hatinya. Dan yang penting lagi, membuat saya pede saja gitu, berbagi resep ini di sini. Hehe.

Jadi ya begitu, maksud saya, kalau udah sering latihan, udah sering pegang bumbu dan segala printilan dapur, keahlian memasak itu akan terasah dengan sendirinya, dan akan menemukan cita rasanya sendiri. Meski dengan resep yang sama, beda tangan itu bisa menghasilkan rasa yang berbeda. Sama seperti waktu kita masak sambil nyontek resep, belum tentu sama hasil dan rasanya. Jadi, bagi yang belum ahli masalah perdapuran (termasuk saya), jangan pernah lelah untuk belajar dan mencoba, lama-lama pasti jadi ahli juga, inshaAllah.

Kembali ke puding jagung. Puding jagung lapis susu ini rasanya enak, susunya kerasa, rasa jagungnya pun khas, wangi jagungnya itu juga haruum sekali, apalagi kalau pas dapat jagung manis yang baru di panen, tambah mak nyuss rasanya.

Ini bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Dua buah jagung manis ukuran sedang
  2. Satu kaleng susu kental manis putih
  3. Agar-agar swallow tanpa warna dua bungkus
  4. Gula putih 7 sdm
  5. Santan 1 1/2 gelas belimbing
Cara membuat:
  1. Campur satu kaleng susu dengan satu bungkus agar-agar dengan air (dua gelas belimbing), didihkan di api sedang, aduk hingga mendidih, angkat, tuang di wadah cetakan, dinginkan. 
  2. Sementara menunggu lapisan pertama dingin, blender jagung, santan dan gula. Koreksi rasa, bila dirasa kurang manis boleh ditambahkan gula lagi. Pada lapisan ini, jika lebih suka jagungnya disaring bisa juga. Tapi saya lebih suka tanpa disaring, tekstur jagungnya masih terasa, baunya juga harum. 
  3. Campur adonan jagung dengan satu bungkus agar-agar, panaskan, aduk hingga mendidih, angkat. Tunggu beberapa menit sampai tidak terlalu panas, tuangkan perlahan (gunakan sendok besar), menuangnya pelan-pelan saja, ke atas lapisan agar agar susu. 
  4. Dinginkan. Potong sesuai selera
Puding jagung lapis susu siap dihidangkan. 

Selamat mencoba ya!. :)




You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



40 komentar

  1. Wah..pengen coba aku suka jagung...ternyata pake agar semua ya resepnya. Aku kemarin bikin puding lapis beginian tapi yg pake telur gak kukasih agar, nempwlnya jadi setengah hati hehe separuh nempel separuh bederai hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak pake telur untuk yang ini Mbak. Ya Mbak, pake agar supaya bisa mengeras dan mau nempel. Cobain deh Mbak yang ini, jagungnya enyaak bangeet.

      Delete
  2. Aku sering liat nih di mall puding jenis ini...baru tau resepnya sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti ini jenis eksklusif juga ya, puding mall :D

      Delete
  3. Meni gampil y mba klo dah tau resepnya pas baca qu cuman ""oooo"" hal mudah ternyata *sombong :p

    ReplyDelete
  4. Bisa nih di coba, apalagi anakku suka pudding :D

    ReplyDelete
  5. Lihat fotonya jadi kepingin buat nih. Seringnya bikin puding labu kuning. Anakku suka banget. Padahal tampilannya nggak sebagus tampilan masakannya mbak Istikmalia. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belum pernah bikin kalau labu kuning Mbak. Iya, semua masakan kita yang penting bukan pada tampilan, tapi yang di masakin pada seneng dan semangat makan :)

      Delete
  6. Wuah kapan-kapan buat ah puding jagung lapis susu ini. Catet dulu resepnya :)

    ReplyDelete
  7. kadang bikin puding yang siap saji :D
    bisa jadi referensi nih untuk cemilan, apalagi sekarang cuaca panas banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Sari, ini enak kalau pas cuaca panas-panas, ngademin. :)

      Delete
  8. untung masih ada agar2 di rumah ^o^.. tinggal cari jagung manis... mau cobain mbak... kliatan enak.. apalagi aku suka ama segala yg berbau jagung :)

    ReplyDelete
  9. aq suka bgt ama jagung mak, pengen bgt nih nyobain resepnya :)

    ReplyDelete
  10. pingiiin...
    semoga nanti bisa aku praktekkin..
    hihi.. bikinnya mudah.. yg susah, niatnya.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak Linda, niatnya itu kadang berat banget :D

      Delete
  11. Pengen nyoba.. selama ini jagung di rmh cm buat sayur doank

    ReplyDelete
  12. Saya paling suka masak puding-pudingan Rin.. lebih gampang rasanya dibanding harus baking.. Yang ini juga pengen nyoba, jagung manis favorit banget soalnya..

    ReplyDelete
  13. kayaknya gampang banget cara buatnya, nanti cari jagung manis ah.. :)

    Makasih resepnya Mba Nurin :)

    ReplyDelete
  14. belum pernah buat puding jagung, jagungnya aja udahh enak apalagi dibuat puding :)

    ReplyDelete