Karya

-40- Buku Pertama Saya: Nggak Juara Nggak Oke

Thursday, February 23, 2012

Terbit Saat Saya Masih Berstatus Mahasiswa di STIS, Februari, 2006.
Bismillahirrohmanirrohim.

Saya akan sedikit menceritakan sejarah pembuatan buku ini. 😀

Pada bulan Ramadhan, mendekati penghujung tahun 2005, seusai sholat tarawih di Masjid Alhasanah. Seorang kawan mengajak saya berbicara tentang proyek bukunya. Dengan sangat menggebu, Rusdin S. Rauf, kawan kuliah saya itu meminta bantuan agar saya membantunya merampungkan sebuah buku. Entah dengan alasan apa dia meminta pertolongan pada saya, sebab saya merasa tidak terlalu lihai, bukan ahlinya, dan lagi, saya sama sekali tidak tertarik dengan tema 'motivasi' ataupun 'pengembangan diri' meskipun saat itu saya sudah aktif di Media Kampus. Dulu saya anti sekali dengan yang namanya buku motivasi 😅
           
Singkat cerita, akhirnya saya jadi menerima tawarannya, yang saya ingat waktu itu semua ide awal pembuatan buku ini awalnya sepenuhnya miliknya, saya kemudian berkontribusi membantu menyumbang saran, menulis, menyamakan gaya bahasa, alur, editing sampai proses penyelesaian. Judulnya saja duet ya, jadi semua dikerjakan bersama, fifty-fifty.

Eit, meski begitu, kami menyelesaikan buku ini secara terpisah karena memang sedari awal sudah dibagi menjadi dua bagian, setengah bagian untuk saya, dan setengah bagian untuknya. Saya menyelesaikan buku ini saat libur ramadhan, setelah sebelumnya meminjam buku pada Rizka Ita Yuanita, juga teman-teman sekosan (Alhanan-ers). Waktu itu saya pulang dengan sekoper penuh isi buku referensi.

Setelah masing-masing telah menyelesaikan bagiannya, tulisan pun disatukan oleh Rusdin, selanjutnya terjadilah proses pengeditan. Kami melakukannya via email. Secara bergantian kami melakukan proses pengeditan tulisan, isi dan finishing. Setelah semuanya selesai, beberapa bulan kemudian, Rusdin memberitahu saya bahwa buku ini diterbitkan, Alhamdulillah. Pengalaman pertama yang luar biasa.

Untuk buku ini, sistimnya jual lepas. Kalau dinominasikan di hari ini, barangkali tidak seberapa. 😅. Waktu itu saya mikirnya gak papalah namanya juga awalan 😀.

Buku 'Nggak Juara Nggak Oke' ini masuk dalam seri 'Be Cool To Schooll', penulis tiap seri ini beragam, (tidak hanya kami). 😊

Yang saya suka dari buku ini dan sangat amat menjual adalah ilustratornya yang sangat kreatif. Lihat saja covernya yang cantik. Di dalamnya juga penuh ilustrasi lucu, cantik, menarik.  #terima kasih tulus saya ucapkan.

Jadi, buku ini memang sangat mengena di kalangan remaja, usia sekolah. Bahkan saat saya coba kunyah di usia saya yang tidak muda lagi, 🙈, saya masih terkesan. Sampai mikir sendiri, kok dulu saya bisa menulis seringan dan serenyah ini sih? 😀😀 eaaa. 😂

Buku ini sendiri bertemakan pendidikan, berisi motivasi bagaimana membentuk diri menjadi remaja muslim yang cerdas dan prestatif.

Terbit: Februari, 2006

Penerbit: SmartMedia, Solo.


Monggoh, jika ada yang menemukan buku ini, melahapnya, dan colek2 saya. 😊

Semoga bermanfaat. 🙏

You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



2 komentar

  1. dunia itu sempiit yaa. waktu SMA, buku ini sempat jadi rebutan teman-teman.
    sekarang ketemu penulisnya disini ^^
    salam ukhuwah mba ^^

    ReplyDelete
  2. @Aisyah Al Farisi
    Masyaalloh, begitu ya? Alhamdulillah jika buku ini bermanfaat buat teman-teman. Salam ukhuwah juga ya...:)

    ReplyDelete