Wisata

-205- Malam Mingguan di Pantai Kemala Balikpapan

Saturday, August 20, 2016



Bismillahirrahmanirrahim,

Jujur, ini pertama kalinya kami kencan, nge-date, malam mingguan, di PANTAI. :). Gak seperti biasanya, yang nawaitunya pasti mandi-mandi ngilangin penat, nikmati teriak-teriak rese' atau untuk liburan keluarga terus pulang begitu udah senja. Jalan-jalan ke Pantai Kemala kali ini ya niatnya memang untuk refreshing berdua, datengnya juga pas udah senja, yang cuma duduk-duduk selonjoran nungguin bedug, nyusurin pinggiran pantai dengan basah-basahan sampai mata kaki, kejar-kejaran manja, dan ngelengkapi foto koleksi pribadi berdua. :)


Alasannya? Ya karena pantai ini menawarkan suasana yang berbeda. Letaknya bener-bener di tengah-tengah kota, sangat mudah diakses, dan menawarkan sederetan cafe dengan suasana pantai. Atau pantai dengan tempat tongkrongan yang lebih berkelas. Tidak sekedar warung gubuk yang nyediain air aqua sama mie goreng ceplok telur. Atau warung es kelapa muda dan sosis bakar. Di sini, kita bisa puas menikmati pantai, sambil candle light dinner bersama pasangan. :)


Jadi, karena ini untuk pertama kalinya, kami begitu excited, semangat abis, berdebar-debar berharap ini akan menjadi kencan yang tidak akan terlupakan sepanjang usia pernikahan. #kencan juga jarang-jarang sih yak :D.


Pantai Kemala ini terletak di pusat kota Balikpapan, tepatnya di Jalan Sudirman. Pantai ini dilalui oleh angkutan umum, sehingga sangat mudah di akses. Angkutan umum yang dapat digunakan adalah angkot no 3 atau 6  (jurusan Pelabuhan Semayang), minta diturunkan di RS Bhayangkara atau katakan saja turunkan di Pantai Kemala. Ongkos angkot biasanya Rp 5.000 atau dapat tergantung jarak jauh-dekat. Jika tidak ingin naik angkutan umum, bisa juga menggunakan taksi. Biaya masuk ke areal pantai, waktu itu kami tidak dikenai tarif masuk.

Petugas penjaga yang melihat kami datang di saat senja hanya bertanya, "mau ke resto ya?"

"Iya", lalu hanya menjawab,

" Oh ya, silahkan masuk saja". :)

Tapi deretan mobil dan pengendara selain kami sepertinya dipungut biaya. Mungkin biaya parkir.


Pantai Kemala ini menjadi salah satu destinasi wisata wajib saat mengunjungi Kota Balikpapan. Kota yang terletak di pesisir ini tentu saja menyuguhkan banyak pemandangan pantai yang menakjubkan, dan Pantai Kemala adalah salah satu pantai terdekat yang dapat dikunjungi.


Pantainya bersih, pasirnya putih, dan yang paling penting, ombaknya bersahabat, aman untuk bermain dan berenang. Pantai ini tergolong pantai mungil, tidak terlalu luas, sehingga sangat mudah disusuri dalam sekali waktu.

Sajian pembuka. Santai menikmati senja :)
Ada banyak aktifitas yang dapat dilakukan di sini. Pantai ini biasa digunakan untuk kegiatan outbound atau kumpul-kumpul dengan game seru. Tapi berhubung, kami datang saat sudah senja, pantai sudah tidak terlalu ramai oleh pengunjung. Kebanyakan adalah anak-anak yang bermain sambil menunggu makanan tersajikan. Atau pasangan kencan semacam kami. Sebagian besar yang datang di senja hari seperti kami ini memang pengunjung resto.

Suasana resto? bangunannya di desain seperti Bali. Ada gapura di pintu masuk resto. Di dalamnya terdapat sederetan cafe dengan beragam menu pilihan. Kami memilih tempat duduk di tempat terbuka, di areal pasir pantai terbuka. Meja yang persis menghadap pantai.

Sebelum maghrib tiba, kami menghabiskan senja dengan memesan jus dan pisang keju. Setelah salat, candle light dinner beneran. Karena suasana malam temaram, ditemani deburan ombak, angin semilir laut, remang-remang, romantis.

Sebagaimana suasana resto pada umumnya, ada musik pengiring yang semakin menambah hangat suasana, bisa request jugalah pengen dinyanyiin lagu apa. Yang pasti bukan dangdutan goyang dumang. :D. Jadi syahdu-syahdu, mellow, romantis gitu.

Nah, setelah makan, masih bisa nikmati main kecipak air lagi deh di pinggiran pantai, atau sekedar selonjoran menikmati suasana bintang sambil mendengarkan suara ombak sambil ngobrol ngalor ngidul seru. Bisa jadi kencan romantis yang tak terlupakan sekaligus pengerat rasa kembali di antara dua jiwa.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk datang?

Jangan lupa menikmati senja di Pantai Kemala dan mencoba sensasi malam mingguan bersama pasangan halalmu saat berkunjung di Balikpapan ya? :)


###
Notes:
Tips untuk liburan keluarga sebaiknya datang sebelum senja agar puas bermain di pantai. Tersedia sarana kamar mandi dan kamar bilas yang terawat dan bersih sehingga tidak perlu khawatir mengenai ini. Letak pantai di pusat kota ini sangat strategis, dekat balai walikota, dekat dengan pusat perbelanjaan (mol), hotel dengan pilihan yang beragam, pasar dan tempat makan lainnya.

You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



14 komentar

  1. Saya belum pernah malam nih mbak ke pantai kemala. Sore atau siang aja biasanya. Padahal pengin sih menikmati sunset di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain sensasi malamnya Mbak. Biar tambah mesra :D

      Delete
  2. Mba ini yg di depannya hotel Le Grendeur itu bukan? Soalnya pas disitu seingat sy ada pantainya tp lupa lagi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di depan Le Greunder pantai lain lagi Mak, lebih mungil lagi yang di sana. Ini masih ke sananya lagi, ke arah Semayang.

      Delete
  3. sebenernya aku ga suka pantai krn biasanya panas :P.. tapiii kalo sekedar dtg kesana menjelang sore, apalagi sambil makan2 di resto nya, nyicipin seafood yg segar2, wuaaahhh sukaaaak banget mbak :D.. kapan2 ah planning ke kalimantan.. kmrn2 temenku di pontianak udh sukses ngeracunin aku ama makanan2 khas sana yg bikin ngiler semua... tp pengennya sih bisa dtangin semua kota2 di kalimantan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo kapan-kapan ke Balikpapan, kota terbaik yang pernah ada. :D

      Delete
  4. Saya selalu suka suasana Pantai malam hari, sambil dinner dan dengerin live band bersama keluarga tercinta :)

    ReplyDelete
  5. wih pantai selalu kerennnn, kapan aku bisa ke balikpapan???

    ReplyDelete
  6. Nama mbak mengingatkan aku akan sahabatku di Kelas Inspirasi Balikpapan. Pas 19 Agustus kemarin, kami main ke sini. Bersilatuhrahmi sambil melepas penat.
    Salam kenal ya mbak, aku juga warga Beriman :)

    ReplyDelete
  7. pantainya indah Mba Nurin :)
    menikmati senja berdua dengan orang tersayang, so romantic :) :)

    ReplyDelete