Inspirasi

(Promil) Menjemput Rezeki Hadirnya Buah Hati (2)

Sunday, September 20, 2020

Bismillahirrahmanirrahim. 

Melanjutkan postingan sebelumnya: 

(Promil) Menjemput Rezeki Hadirnya Buah Hati

Hal-hal yang saya tuliskan di postingan promil ini ialah apa-apa yang telah kami sepakati bersama (saya dan suami) yang terasa sekali mempermudah jalan pengabulan doa. Banyak peristiwa yang akhirnya membuat kami banyak berintrospeksi dan mulai benah-benah diri. Mulai mengaji dan mengkaji kembali panduan Al-Quran. Ternyata masyaallah, banyak hal yang luput kami lakukan, padahal sudah jelas diajarkan dalam Al-Quran. 

Pada QS An-Nasr ayat 3 misalnya "fasabbih bihamdi rabbika wastaghfir" ialah anjuran untuk memperbanyak tasbih sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas nikmat pertolongan dan kemenangan. Ini panduan yang kami gunakan saat "kemenangan" atas terkabulnya doa memohon keturunan, disertai perintah "wastaghfir" untuk banyak bertaubat memohon ampunan. 

Ini nanti ada sambungannya dengan panduan puasa bicara. Ternyata saat kita mendapatkan nikmat yang besar, Allah perintahkan untuk semakin banyak tasbih dan istighfar. Demikian juga yang dicontohkan oleh Nabi Zakaria saat diberi tanda isteri beliau akan mengandung, beliau tidak bisa bicara selama tiga hari, dan Allah memerintahkan untuk memperbanyak tasbih. Dan inilah yang kami lakukan selama proses menjalani kehamilan, memperbanyak diam, tasbih, dan istighfar. Setelah kami evaluasi, hal ini banyak memberi kemudahan dan keajaiban pada perkembangan janin walaupun hampir sepanjang perjalanan kehamilan dilalui dari satu RS ke RS lainnya 🙈. 

Baik, lanjut lagi ya. :)

Punya Mihrab

Nabiyullah Zakaria mendapatkan pengabulan doa keturunan saat dalam keadaan masih berdiri dalam salat, di mihrabnya. MIHRAB, kelihatannya sepele, namun ternyata penting dalam proses pengabulan doa. Al-Quran menyebutkan adanya mihrab dapat mempercepat pengabulan doa. Mihrab ialah tempat khusus untuk beribadah, yang tidak bercampur dengan aktivitas lainnya, termasuk bermain-main dengan HP di dalamnya. Jika rumah kita luas, gunakan sebagian ruangan sebagai mihrab. Jika tidak memungkinkan, hamparkan satu sajadah atau apapun itu sebagai penanda mihrab. Tempat mihrab dikhususkan hanya untuk beribadah termasuk salat dan berdoa. Tidak ada aktivitas lain seperti makan, berbincang, ataupun bermain-main di dalamnya. 

Tahajud 11 Duha 8

Sudah banyak penelitian yang mengupas keutamaan gerakan salat baik bagi kesehatan maupun ruhani. Yang paling sempurna, ialah lakukan semua salat sunah yang dianjurkan. Terutama salat tahajud dan duha.

Dari sisi medis sudah banyak pembahasan manfaat salat tahajud dan duha. Bagi penggemar olahraga, tentu tahu gerakan salat, apalagi jika dilakukan di waktu-waktu emas manfaatnya sangat besar. Gerakan salat terutama rukuk dan sujud juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil. 

Mengapa tahajud dan duhanya harus maksimal? karena banyak manfaatnya bagi kesehatan, serta inilah waktu terbaik dalam memohon datangnya rezeki, terutama bagi pasutri yang sedang promil. Perpanjang waktu berdiri, rukuk dan sujudnya. 

Selalu Berbuat Baik

Kita tidak pernah tahu darimana datangnya rezeki. Sebelum akhirnya hamil, kami sempat menolong dua bayi kucing yang ditelantarkan dan dibuang. Jujur saja saya bukan pencinta kucing 😆 tapi waktu itu kasihan sekali melihat dua bayi kucing yang seharusnya masih menyusu menangis sepanjang siang dan malam. Dua bayi kucing tersebut akhirnya kami tolong dan pelihara. Nah, sesaat sebelum hamil, saya mendapat firasat berupa mimpi, bayi-bayi kucing yang biasa saya gendong-gendong di tangan saya tiba-tiba berubah menjadi dua bayi laki-laki. Wallahualam. 🙈 Mimpi ini sangat membekas sekali, karena tidak lama, akhirnya saya mengandung dua bayi laki-laki. Allahu Akbar. 

Selama hamil, kamipun memiliki kebiasaan baru. Selalu tenteng-tenteng makanan kucing saat keluar rumah. 😆 Gunanya? buat ngasih makan kucing jalanan di manapun kami temukan. Di teras rumah juga kami sediakan makan dan minum, biasanya suka aja ada kucing lewat terus singgah makan minum 😆 (udah macam warteg kucing gitu yak 🙈). 

Lalu saya ingat saat pergi haji tahun 2018 lalu. Ada yang memberi nasihat pada saya untuk memberi sedekah makanan kepada burung-burung di pelataran Masjidil Haram dan Nabawi sambil dipesanin "jangan lupa kalau ngasih makan niatkan sedekah minta hajatnya." Waktu itu belum begitu terasa apa ya manfaatnya, setelah kejadian dengan bayi kucing ini saya baru sadar, bahwa kita diperintahkan untuk SELALU BERBUAT BAIK, terhadap siapapun makhluk Allah.

Ingat kisah yang sangat familiar kita dengar, tentang seorang pelacur yang Allah ampuni karena memberi minum seekor anjing. Iya, ternyata spektrum sedekah dan berbuat baik tidak hanya kepada sesama manusia, tapi juga meliputi seluruh makhluk hidup diantaranya ialah hewan dan tumbuhan. 

Apalagi jika kita sedang punya hajat di promil, harus makin hati-hati dalam sikap dan tindakan. Upayakan selalu banyak menolong, berprasangka baik, menyayangi hewan, mencintai tumbuhan. Sekali lagi, kita tidak tahu, dari arah mana Allah ridlo terhadap ikhtiar kita. 

Rajin Titip Doa

Kebiasaan kami sejak dulu ialah senang menengok bayi baru lahir. Buat apa? buat disalawatin biar cepet ikut nular 😆. Daripada baper tydack berkesudahan, mending beli kado diniatin sedekah, trus nitip minta didoain. Kami juga seneng lihat bayi kembar, apalagi kalau yang punya bayi sahabat atau keluarga sendiri, auto didatengin dah. Minta izin gendong, foto terus fotonya dipasang di DP. 😆

Sering-seringlah titip doa, terutama pada orang-orang yang Allah sebutkan memiliki keutamaan dipercepat pengabulan doanya. Siapa saja? orang tua, ulama, musafir, ibu hamil, orang yang sedang pergi umrah/haji, orang yang sedang berpuasa, orang yang sedang dizalimi, dan lainnya 🙈. Jika perlu, doanya ditulis berlembar-lembar, yang spesifik, yang banyak sekalian. 😁

Dengar kabar ada yang hamil, gak usah dibawa panik dan baper, sesungguhnya itu waktu yang sangat baik untuk minta didoain. Doa ibu hamil itu menembus langit, cespleng, makanya ibu hamil itu gak boleh sembrono berucap dan bersikap. Ini yang saya rasakan sendiri, sembilan bulan kehamilan banyak sekali ucapan doa yang cepet sekali pengabulannya, serasa dapat banyak mukjizat ilahi. 🙈

Ubah Pola Hidup dan Makan

Ini mah wajibun ain ya. Mengubah pola hidup dan makan yang lebih sehat. Banyak pola diet sehat yang bisa diterapkan, terserah mau pakai yang mana, pakai yang nyaman dan bikin kita senang ngejalaninnya. Sebenarnya saya sudah mencoba ini sejak 2013, tapi ya gitu, turun naik tergantung mood dan kebanyakan cheatingnya. Terakhir yang kami praktikkan, pola jsr Ust Zaidul Akbar, rajin minum rimpang, dan mencoba clean eating.

Olahraga, ini juga sangat penting dalam promil. Pilih olahraga yang paling kita sukai, lalu rutinkan. Kenapa sih harus yang paling disukai? karena itu menaikkan hormon kebahagiaan yang sangat penting untuk kesuksesan promil. :)

Ikuti sunah rasul dengan memperbanyak puasa, mengunyah makanan lebih lama, makan dengan menggunakan tangan, dan lainnya. Lakukan semua yang disunahkan, insyaallah selain sehat, berkahnya juga dapat. 

Proses kehamilan, melahirkan, dan menyusui ialah ibadah fisik yang tak kalah dengan perjalanan haji. Perlu sekali mempersiapkan kesehatan dan kebugaran. 

Baca: Haji 2018

Memperbaiki Hubungan Suami Isteri

Berbagai macam jenis promil yang kita lakukan, kalau hubungan pasutri hambar dan tidak erat, biasanya menjadi salah satu penghalang kesuksesan. Penting untuk kembali mengevaluasi hubungan kita dengan pasangan. 

Cek juga, apakah pasutri sudah benar-benar siap memiliki momongan. Seringkali salah satu yang merasa masih "ah ntar aja ah" atau belum terlalu pengin punya anak dulu, menjadi penunda meskipun berbagai macam promil telah dilakukan.

Kembalikan rumus, isteri bergantung pada ridlo suami, suami bergantung pada ridlo ibunya, insyaallah mempercepat pengabulan. Hapus egosentris sebagai seorang isteri, bagaimanapun suami kita ialah pilihan Allah yang sudah tertulis di lauhul mahfudz, pintu surganya kita sebagai seorang perempuan. Tanggalkan egosentris sebagai seorang suami, bagaimanapun isteri ialah pendamping yang Allah rezekikan. Perbaiki hubungan kita dengan ibu mertua, ibu dari suami kita, karena ditangan beliaulah ridlo suami akan didapatkan. 

Promil

Bagian ini saya jadikan sebagai poin terakhir, karena ikhtiar promil ini seperti pembungkus dari semua. Promil yang saya maksudkan di sini ialah seperti lazimnya definisi di benak masyarakat secara umum, mendatangi pengobatan (baik medis, modern, ataupun tradisional). Ada banyak jenis promil yang dapat dilakukan oleh pasutri, tergantung kebutuhan. Namun, perlu diingat batasannya, mana yang boleh, mana yang haram. 

Yang haram (terlarang) contohnya seperti menggelar sesajian dengan persyaratan tertentu, mendatangi dukun atau tabib yang melakukan pengobatan tidak sesuai syariat. Acapkali keinginan kita yang sedemikian besarnya, membuat kita kehilangan akal sehat, apapun mau dilakukan asal kesampaian, jadi perlu juga untuk melangkah dengan penuh kehati-hatian. 

Ikut promil ke dokter, perlu atau tidak? buat saya, ini perlu. Teknologi semakin berkembang, dan ini dapat digunakan untuk mendiagnosis permasalahan reproduksi serta pemecahannya. Kalau merasa tidak perlu, juga tidak apa-apa, masih banyak alternatif pilihan lain. Sekarang ini, di internet, juga sudah banyak pasangan yang berbagi mengenai perjuangan mereka mendapatkan buah hati, terutama prosedural inseminasi ataupun IVF. Jika diperlukan, kita bisa mempelajarinya untuk kemudian mempertimbangkannya.  

Oh ya, kami juga rutin melakukan ruqyah syar'iyah mandiri, bekam, rutin mengonsumsi makanan minuman yang disunahkan untuk kesehatan reproduksi. 


~

Demikian beberapa ikhtiar yang pernah kami lakukan. Masih banyak lagi yang lainnya, namun inilah poin-poin yang dapat kami 'highligt'  yang terasa membawa dampak perubahan dalam percepatan pengabulan doa. 

Baru-baru ini kami pun menyadari, tidak hanya untuk promil, sebagiannya juga dapat digunakan untuk kepentingan hajat yang lainnya. 

Mudah-mudahan bermanfaat ya. Nanti jika ada sesuatu yang perlu ditambahkan, akan saya tambahkan kembali, insyaallah. 

Semangat ya Para Pejuang Garis Dua. Mudah-mudahan Allah berkahi dengan sebaik-baik hadiah penerus generasi. Amin ya mujibassailin. 😊~







You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



2 komentar