Blogging

-260- Persiapkan 3 Hal Ini Sebelum Memutuskan Untuk Membuat Blog

Saturday, October 21, 2017


Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah, memasuki ODOP Blogger Muslimah Indonesia hari ke dua puluh, dan saya kali ini baru memasuki postingan ke sebelas, itu artinya saya sudah bolos sembilan hari. *tarik nafas panjang dulu. 😊.

Di postingan kali ini, inshaAllah saya ingin memulai menunaikan keinginan untuk berbagi dalam hal blogging. InshaAllah pelan-pelan saya akan berbagi pengetahuan mulai dari awal sekali, bagaimana cara membuat blog, dan lain sebagainya. Ini juga sebagai jawaban dari beberapa pertanyaan teman-teman pembaca.

Sebagai awwalan, ada tiga hal persiapan yang mesti kita siapkan sebelum memutuskan untuk membuat blog. Apa sajakah itu?

1. Motivasi

Motivasi ini adalah sesuatu yang tentunya harus muncul dari dalam diri sendiri. Seseorang yang memiliki motivasi kuat di dalam dirinya, akan melahirkan semangat dan daya ikhtiar yang kuat untuk mencapai tujuan.

Milikilah motivasi kuat dalam menulis. 

Penggalan kata-kata semangat dari Pramoedya Ananta Toer di atas tadi dapat dijadikan contoh pelecut motivasi. Menulis Untuk Keabadian. 

Kalimatnya singkat dan sangat mengena.

Kalian juga dapat menjadikan hal lain sebagai motivasi. Misalnya saja pada perintah Iqra! di dalam Al-Quran. Kalimat perintah untuk membaca, sangat erat berkaitan dengan menulis. Sebab membaca tentu membutuhkan bahan bacaan, dan untuk menghasilkan bahan bacaan tentu diperlukan aktivitas tulis menulis.

Motivasi berikutnya, bisa juga dari mempelajari sejarah. Sejarah mencatat bahwa kebesaran islam selalu berjalan seiring dengan kesadaran besar dalam membaca dan menulis. 


Sejarah juga mencatat bagaimana para sahabat dan ulama' memiliki kebiasaan baik dalam hal membaca dan menulis.

Baca juga: Menjadi Generasi Penerus Ulama' Dengan Aktif Membaca dan Menulis.

Memang benar adanya, bahwa setiap orang dapat memilih perannya. Mungkin ada yang berfikir bahwa tidak semua orang harus berperan menjadi penulis. Sebagaimana halnya sebagian ada yang berfikir tidak perlu berupaya menjadi penghafal Al-Quran.

Tetapi tidakkah kita menginginkan mengambil peran yang terbaik? tidakkah kita menginginkan menjadi hamba terbaik dari kumpulan yang terbaik?

Untuk Quran misalnya, tidakkah motivasi dari Rasulullah, "sebaik-baik manusia adalah yang belajar dan mengajarkan Al-Quran?" menyentuh relung hati.

Tidakkah motivasi dari Allah yang menyampaikan bahwa "dan kemudian Al-Quran ini kami wariskan kepada orang-orang yang kami pilih di antara kami" membuat hati berdesir dan ingin menjadi golongan terbaik yang dipilih oleh Allah?

Tidakkah catatan sejarah tentang para ulama', para ilmuwan, mereka menguasai ilmu eksakta, astronomi, kimia, matematika tetapi juga paham dan hafal Al-Quran? dahulu hafal Quran itu seakan menjadi harga mati sebelum menjadi yang lainnya. Tidak ada alasan. Apapun peran yang hendak diambil. Hendak menjadi apapun, jadilah penghafal Al-Quran dulu. Tidakkah ini memotivasi?

Begitupun juga dengan menulis. Ambil peran, di sektor apa saja. Mau jadi guru, ustad, kiai, ulama, dokter, ibu rumah tangga, polisi, statistisi, tidak jadi masalah, milikilah kemampuan aktif dalam menulis.

Pelajari sejarah, tanamkan perintah kuat dari dalil syar'i dan lainnya bahwa menulis itu memiliki banyak sekali keutamaan dan kelebihan.

Milikilah motivasi yang kuat dalam menulis. Ini menjadi persiapan pertama sebelum memutuskan untuk membuat blog.

2. Niat

Setelah motivasi, niat. 

Innamal a'malu bin niyyat. Segala sesuatu bergantung daripada niatnya. Ini hal mendasar. 

Segala sesuatu yang diawali dari niat yang baik dan mulia inshaAllah akan berjalan dengan baik dan khusnul khotimah. 

Tentukan niatnya sejak semula. Niat karena ingin berbagi, niat untuk menyalurkan hobi, niat untuk mendapatkan penghasilan tambahan, semuanya sah-sah saja asalkan kerangka niatnya sudah benar, karena Allah. 

Ingat rumus sederhananya, Dari Allah, Karena Allah, Untuk Allah. 

Ingat bahwa segala sesuatu bermula dan tercipta asalnya dari Allah, kita bisa begini begitu karena Allah. Dengan demikian, lakukan segala sesuatu di dunia ini karena Allah dan untuk Allah sebab kita semua kelak akan kembali untuk Allah pada akhirnya.

3. Modal

Motivasi dan niat adalah dua persiapan mendasar dan lebih ke persiapan ruhani.

Sekarang kita ke persiapan jasadi ya. 😊.

Ada banyak media untuk menulis. Blog adalah salah satunya.

Modal yang perlu dipersiapkan untuk membuat blog dan menjadi seorang blogger ialah laptop/komputer/ponsel yang terhubungkan dengan internet. 

Satu lagi, akun email. Saya menyarankan agar memiliki akun email dari gmail. 

Itu saja? iya. 😊

InshaAllah tiga hal ini yang harus kalian siapkan sebelum memutuskan untuk membuat blog.

Hal-hal teknis lain inshaAllah akan saya bagikan dalam kesempatan berikutnya ya. 😊.

Salam sepenuh cinta. --


Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan ODOP (One Day One Post) Blogger Muslimah Indonesia.

#ODOPOKT11


You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



8 komentar

  1. Bener mba. Niat yg kuat itu penting. Klo ga, bakal cpt putus asa ktika blog kita ga ada pengunjungnya ��

    ReplyDelete
  2. Wohooo makkasiyy udah sharing ini ya mbaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Motivasi ..kadang anget di depan, mentok di tengah jalan..dengan berbagai alasan..
    Thanks ulasannya Mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, sama-sama. Menjaga motivasi agar tetap bersemangat di sepanjang perjalanan menulis. :)

      Delete
  4. Sekarang org menulis tujuannya macam2 hehe.
    Semoga bisa menulis utk menyebar kebaikan dan hal2 positif di blog TFS :D

    ReplyDelete