Advertorial

-221- Memanfaatkan Kamar Kosong di Rumahmu

Wednesday, October 26, 2016

Credit: pixabay.com

Memanfaatkan Kamar Kosong di Rumahmu


Apakah kamu memiliki kamar kosong di rumahmu? Bila ya, pernahkah terpikikir olehmu untuk mengambil keuntungan dari kamar kosongmu dengan menyewakannya? Yup, benar sekali, artikel kali ini akan membahas detil bagaimana kamu dapat menghasilkan rupiah dari kamar kosong dirumahmu. Yuk, ikuti langkah-langkah dibawah:

Langkah Pertama: Bersihkan Kamar Kosongmu yang Berdebu


Memiliki satu atau dua ekstra kamar dirumah adalah sebuah bonus yang dapat menguntungkan. Biasanya, ekstra kamar ini kalian pergunakan untuk kamar tamu, kan? Bukan hal yang dapat dipungkiri lagi kalau kamar-kamar tersebut biasanya kosong dalam waktu yang lama. Nah, berangkat dari fakta ini Kalian dapat menyewakan kamar kalian ke teman-teman yang mungkin membutuhkan.
Hal paling mendasar yang kalian harus lakukan adalah bersihkan dahulu kamar kosong kalian. Terkadang, kamar yang sudah lama tidak terpakai menyisakan debu dimana-mana, noda di dinding ataupun kotoran tikus di kolong kasur. Nah, maka dari itu, bersihkan dulu kamarmu. Buatlah kamarmu menjadi semanyaman mungkin. Kuncinya adalah, buatlah kamar itu senyaman kamarmu sendiri supaya calon penyewa yang akan menyewa langsung jatuh hati pada kenyamanan yang kamu tawarkan.

Langkah Kedua: Tawarkan Fasilitas Lengkap


Apakah kamu tahu fasilitas yang ditawarkan sebuah kamar kost pada umumnya? Dalam langkah ini, kamu harus sedikit menyelidiki, apa sih fasilitas yang ditawarkan sebuah kamar kost standar di kota-mu. Misalnya, satu kamar kost standar untuk pelajar dan karyawan seharga Rp 1 juta untuk setiap bulannya memiliki fasilitas seperti satu tempat tidur berukuran 1m x 1.2m, lemari sedang, meja belajar, meja rias, kamar mandi dalam dan bebas pemakaian listrik serta Wi-Fi.

Nah, sekarang adalah saatnya menyulap kamarmu menjadi kamar kost namun dalam versi yang lebih ramah dan nyaman. Apa yang dimaksud dengan lebih ramah dan nyaman? Kamu tidak perlu menyediakan fasilitas selengkap kost-kostan namun, bayangkanlah sebuah kompleks kost-kostan; menggambarkan sekumpulan orang asing yang saling tidak mengenal tinggal bersama dalam satu atap. Disini kamu dapat menawarkan keramahan dan kenyamanan seperti tinggal di rumah sendiri. Misalnya, kamu dapat menawarkan calon penyewa kamarmu kalau dapur dan tempat mencuci pakaian bebas dia gunakan, jadi dia dapat memasak sendiri dan tidak membutuhkan jasa laundry. Hal tersebut tentu dapat menjadi nilai ‘jual’ tersendiri untuk kamarmu saat kamu mengiklankannya. Seperti menjual imej kamar yang nyaman dengan suasanan seperti dirumah sendiri adalah hal mutlak yang dicari setiap penyewa kamar.

Langkah Ketiga: Pasang Harga Kompetitif


Setelah memutuskan fasilitas apa saja yang ingin kamu sediakan, sekarang saatnya memasang harga sewa untuk kamarmu. Hal yang paling penting saat memasang harga adalah faktor geografis dan harga pasaran kamar sewa dengan fasilitas standar yang ada di kotamu. Lokasi memang sangat menentukan harga sewa sebuah property, misalnya harga sewa sebuah kamar di kota besar tentu berbeda dengan harga sewa sebuah kamar di pinggiran kota. Bila rumahmu terletak di pusat kota dengan akses mudah menuju stasiun dan pusat perkantoran , beruntunglah karena kamu ‘aman’ untuk memasang harga lebih tinggi.

Trik yang paling mujarab dalam memasang harga adalah memasang harga yang sedikit lebih murah dari kamar kost yang memiliki fasilitas sama seperti yang kamu tawarkan. Misalnya nih, harga pasaran kamar kost disekitar tempat tinggalmu adalah Rp 1.5juta, kamu dapat memasang harga Rp 1.4juta atau Rp 1.450 juta untuk memberikan kesan seolah-olah kamarmu lebih murah dibanding harga pasaran dengan fasilitas yang sama, bahkan ada nilai plus yang kamu tawarkan yaitu ‘suasana seperti dirumah sendiri’.

Langkah Keempat: Iklankan Kamarmu di Website paling hits, Serumah.com


Nah, setelah ketiga langkah diatas kamu lakukan, saatnya nih kamu melakukan langkah terakhir yaitu iklankan di Serumah.com. Sebagai penyewa kamar, kamu berhak menentukan peraturan dan apa yang kamu harapkan dari calon penyewa kamarmu. Hal inilah yang membedakan serumah.com dengan website-website sejenis lainnya, kamu dapat menentukan kriteria calon penyewa kamarmu misalnya, kamu mengharapkan penyewa kamarmu nanti adalah seorang perempuan bekerja dan bukan perokok. Mudah, bukan?

Tentu saja, para visitor website yang berniat untuk menyewa kamarmu dapat memutuskan apakah kamarmu merupakan kamar yang cocok untuknya dalam segi kualitas, fasilitas dan peraturan yang kamu terapkan. Ini akan menjadi sebuah win-win solution saat ada beberapa calon menyewa menguhubungi nomormu dan alamat emailmu untuk melihat kamar yang kamu iklanlan, tandanya mereka sudah memenuhi dan menyetujui persyaratan yang kamu tulis di profilmu. Sama-sama menguntungkan bukan? Kamu mendapatkan penyewa sesuai dengan kriteriamu dan penyewa kamarmu mendapatkan kamar murah dengan lingkungan seperti dirumah sendiri. Yuk, beriklan sekarang di Serumah.com. 



This is advertorial
Read disclosure on this blog. 

You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



16 komentar

  1. wow semakin banyak aja y mba website yang memudahkan untuk kita baik sebagai konsumen maupun produsen. Kerennnn baru tau serumah.com hahhaa

    ReplyDelete
  2. menyewakan kamar kosong bisa menambah penghasilan bagi si empunya rumah yah Mba Nurin :)

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat dulu waktu merantau, lebih nyaman ngambil kamar kosong di rumah tangga dari pada nge-kost. Lebih merasa aman. :)

    ReplyDelete
  4. Keren yah, ada serumah.com jadi lebih memudahkan buat pencari dan pemilik :)

    ReplyDelete
  5. Ini cita - cita saya banget mba punya kos - kosan hihi, maklum mantan anak kos :)

    ReplyDelete
  6. Di rumah mama, ada 2 kamar kosong karena 2 anak beliau merantau ke luar kota :D
    Dibiarkan gitu aja sih kamarnya :D

    ReplyDelete
  7. Aku ada kamar kosong Mbak, kamar anak-anak sich sebetulnya, tapi karena anak-anak masih belum mau bobo sendiri, jadi buat gudang dan tempat lain sebagainya.

    Bener juga sich, kalau ada kamar kosong, sebaiknya difungsikan ya, untuk tempat yang bermanfaat misalnya dikosin, hehee.

    Terima kasih sharingnya ya, Mbak

    ReplyDelete
  8. Wah... keren...
    pengen juga rumah kayak gitu

    ReplyDelete
  9. Kamar kosong dirumah jadi gudang hihii, website serumah emang lumayan bantu orang2 yg nyari kosan, jadi ngga perlu lagi cara konvesional datang & melihat2, cukup liat di web dulu untuk screening awal, jadi ngga menghabiskan waktu.

    ReplyDelete
  10. Hiks, sayangnya enggak punya kamar kosong nih di rumah.

    ReplyDelete