Kuliner

-264- Tiga Macam Kuliner Khas yang Bisa Dicicipi Dari Kalimantan Utara

Wednesday, November 08, 2017

Credit: pixabay.com
Bismillahirrahmanirrahim.

Collaborative Blogging oleh Kumpulan Emak Blogger pekan lalu, membahas tema tentang kuliner daerah. :). 

Mbak Tris Sulistyowati, mantan jurnalis di salah satu televisi lokal Yogyakarta pemilik blog www.coretanbunda.my.id membahas tentang Enam Kuliner Jogja yang Makin Istimewa. Lalu, saya apa ya? apa ya? bahas apanya dong? appaaa....apppanya dong? :D. Seakan kehabisan ide, dan mentok karena ingatnya hanya nasi kuning, menu favorit saat sarapan yang biasa dimakan horang Kalimantan. :p. 

Mundur dari jadwal kesepakatan yang telah ditentukan, yakni Jumat, tanggal 3 November lalu, alhamdulillah, pagi ini saya baru ketemu idenya. Alhamdulillah ya Allah...*sujud syukur. :)

Ok. Selain Nasi Kuning yang sudah mendunia menjadi ciri khas kuliner Kalimantan, seperti halnya Gudeg Jogja, ada tiga lagi jenis makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kalimantan Utara. 
.
.
.

1. Buah Hutan

Yes, ini jadi urutan pertama, kenapa? karena buah-buahan ini buah lokal dari hutan, yang mungkin tidak bisa kalian temukan di tempat kalian. Adanya hanya di Hutan Kalimantan. Beberapa buah-buahan 'aneh' versi saya, juga baru saya temui saat bertugas di Kalimantan Utara. 

Ada buah Maritam (bentuknya persis mirip rambutan, warna kulit dan rambutnya hitam). 

Buah Mata Kucing (miaww...:p), ini rasanya mirip buah kelengkeng, tekstur kulitnya kasar, seperti ada bintik-bintiknya, berwarna kuning langsat. 

Buah Rambai, ini buah mirip dengan duku/langsat, rasanya masam-masam manis, bentuk, tekstur dan warna hampir sama dengan duku. 

Buah Kapul, nah yang ini mirip persis dengan buah Manggis, bayangin ajalah gimana bentuk manggis, ya macam tuh lah. :). Bedanya, buah Kapul tekstur kulit luarnya seperti kulit kayu yang keras. 

Buah Keledang. Ini saudaraan sejenis nangka. Kulitnya mirip persis seperti nangka, rasanya hampir mirip dengan cempedak, tapi yang ini tidak berbau. 

Buah Tarap. Nah kalau ini buahnya mirip sukun. Bentuknya persis sukun, rasa dan isinya agak-agak ke cempedak, tapi yang ini warnanya putih susu, maniisss sekali. 

Buah Durian Merah. Ini saya gak tahu, nyebutnya apa. Baru di sini saya melihat buah persis mirip durian tapi warna dagingnya beda-beda. Durian Merah ini mirip Durian tapi dagingnya berwarna merah terang benderang, warna merah bendera. Ada juga buah Elai, mirip Durian, warna dagingnya sama, bedanya tidak berbau. 

Mohon maaf, karena semua buah-buahan yang saya sebutkan di atas, saya tidak punya stok fotonya. :), kecuali satu buah ini. 

Yaks, Buah Lapiu. Ini buah yang bakal jarang ditemukan karena hanya hadir lima tahun sekali. Rasanya mirip biji nangka rebus. Waktu saya tampilkan fotonya, banyak yang mengira ini Jengkol, :D. Plis saudara-saudara, ini Buah Lapiu. Kalau sudah musimnya tiba, karena buah ini langka, harganya bisa tembus Rp 100.000/kg.

Buah Lapiu pernah saya bahas di sini: Buah Lapiu, Langka dan Unik dari Hutan Kalimantan


Masih banyak jenis buah-buahan dari Hutan Kalimantan. Berkunjung saat musim buah tiba, saya rasa akan menjadi pilihan yang sangat tepat. 😉

2. Udang Galah

Udang Galah ini sejenis udang sungai, khas dan banyak ditemukan di daerah sungai, seperti tempat saya, Tana Tidung.

Rasanya, kalau masih seger-segernya, manis-manis kenyal dagingnya. Dijamin bakal puas banget makan udang segede ini. 😊


Cerita lengkap tentang udang galah ini boleh dibaca di sini:
Udang Galah, Kuliner Khas Tana Tidung. 

3. Kepiting Soka 

Nah ini, buat penyuka sea food. 😘

Rajin banget nyobain Kepiting Soka, oleh-oleh khas dari Tarakan, Kalimantan Utara. 

Kepiting Soka ini adalah jenis kepiting yang bisa dimakan se-cangkang-cangkangnya lho 😍.


Kepiting Soka adalah salah satu oleh-oleh primadona khas Kota Tarakan. Karena letak Tarakan yang strategis, di mana bandara internasional dan pelabuhan besar ada di sana, penganan jenis ini banyak di bawa sebagai oleh-oleh yang mewakili Kalimantan Utara. 

Cerita lengkap tentang Kepiting Soka ini selengkapnya bisa dibaca di sini ya: 
Kepiting Soka, Oleh-oleh Khas Kalimantan Utara



Nah, ini dia sedikit dari ragam panganan khas dari Kalimantan Utara, bagaimana di tempat kalian? boleh dong, diceritain juga. 😉

You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



5 komentar

  1. Kangen udang galah. Kepiting soka udh nyobain. Kalo buah baru mata meong eh mata kucing aja yg dicicipi

    ReplyDelete
  2. Baca nama buahnya saya asing mbak..
    Udangnya besar2 ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Waaah aku lbh tertarik ama buah2 hutannya mba dibanding yg lain. Kepiting soka asli kalimantan aku memang blm pernah, tp at least itu ada dijual di bbrp kota di jawa, jd taulah setidaknya rasa kepiting soka

    Kalo buah2 hutan ini yg unik :) . Apalagi durian merah, secara aku pecinta durian :D.

    ReplyDelete
  4. Buahnya unik-unik ya. Berarti kudu hunting buahnya tuh nurin biar lengkap petualangannya disana.

    ReplyDelete