ODOP Blogger Muslimah Indonesia OKT 2017

-255- Seri Kisah-kisah Dahsyat Dalam Al-Qur'an (Oleh Ririn Astutiningrum)

Saturday, October 07, 2017


Seri Kisah-kisah Dahsyat Dalam Al-Qur'an (Oleh Ririn Astutiningrum)

Bismillahirrahmanirrahim.

Tanpa Uzair sadari, ia telah tidur selama seratus tahun. Keledai tunggangannya telah mati dan menjadi tulang belulang. Adapun roti di tangannya, oleh Allah dikehendaki tetap utuh, tidak busuk dan selainya pun tetap basah.

Selama Uzair tertidur, orang tua banyak yang meninggal, dan anak-anak mereka tumbuh menjadi orang dewasa. Bangsa-bangsa pun berganti. Ada yang hancur dan ada yang muncul.

Uzair terbangun dari tidurnya. Ia menoleh ke kanan dan ke kiri. Uzair keheranan. Tempat yang dulu dilihatnya kacau itu berubah menjadi tempat yang ramai. Bangunan-bangunan berdiri megah dan orang-orang hilir mudik berlalu-lalang.

"Berapa lama aku tidur? Kok, tempat ini sudah berubah?" 

gumam Uzair tidak habis fikir.

ilustrasi Uzair yang baru saja bangun dari tidur selama 100 tahun. 
Bagaimana kisah Uzair selanjutnya? kisah selengkapnya dapat dibaca pada salah satu seri Kisah-kisah Dahsyat Dalam Al-Qur'an pada seri "Uzair, Dibangkitkan Setelah Tertidur 100 Tahun." :)

Buku Seri Kisah-kisah Dahsyat Dalam Al-Qur'an ini ditulis oleh Ririn Astutiningrum, ibu dari dua orang anak sekaligus seorang guru yang juga penulis. Beliau termasuk salah satu penulis yang sangat produktif dan telah menelurkan banyak buku, termasuk buku-buku untuk anak.

Baca juga karya Mbak Ririn yang pernah saya ulas sebelumnya: Uhibbuka Fillah

Seri kisah ini termasuk salah satu buku anak yang terbaik dari Mbak Ririn menurut saya. Ulasan di dalam setiap halaman tidak terlalu panjang. Singkat, padat, ditulis dengan huruf besar-besar (sesuai untuk anak), dan ilustrasinya bagus sekali,menarik dan berwarna. Terimakasih untuk ilustratornya: Rian A.W.

Buku-buku full ilustrasi seperti ini sangat cocok untuk anak-anak terutama pada anak visual learner. 

Baca Juga: Lebih Dekat Dengan Anak Tipe Pembelajar Visual

Kisah Dzu-Nuwas
Pada buku kisah seri selanjutnya: "Pemuda Beriman, Raja Dzu Nuwas dan Parit Berkobar" menceritakan tentang bagaimana Raja Dzu Nuwas yang mengutus seorang pemuda untuk mempelajari ilmu sihir kepada ahli sihir. Namun pada kenyataannya, yang terjadi adalah sebaliknya. Sang pemuda kembali dengan ajaran yang mengajak untuk senantiasa menyembah Allah.

"Hai Pemuda, aku telah mendengar kehebatan sihirmu sehingga kau mampu menyembuhkan kebutaan."

"Tuan, Allah-lah yang memberikan kesembuhan. Saya bukanlah ahli sihir," jawab si pemuda. 

Raja semakin murka, dan kemudian terjadilah kisah yang disebut di dalam Al-Qur'an Surah Al-Buruj ayat 1-9, dengan sebutan Ashabul Ukhdud. Orang-orang yang membakar orang-orang beriman itulah yang disebut Ashabul Ukhdud.

Keseluruhan seri ini, untuk sementara (saya berharap akan bertambah) ada empat seri, :)
  1. Uzair, Dibangkitkan Setelah Tertidur 100 Tahun
  2. Pemuda Beriman, Raja Dzu Nuwas dan Parit Berkobar
  3. Burung Ababil dan Tentara Bergajah
  4. 7 Pemuda yang Tertidur 309 Tahun
Buku terbitan Tiga Ananda ini sangat baik untuk menambah koleksi buku cerita anak dan menjadi bahan yang sangat baik saat butuh bahan mendongeng kepada anak-anak. Bukankah  sebaik-baik kisah adalah kisah dalam Al-Quran? :)

Nah, bicara tentang dongeng-mendongeng, ada satu buku lagi dari Mbak Ririn yang baru saja lolos Seleksi Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendidpora 2017 dengan predikat sangat baik, untuk menjadi buku pendamping buku ajar tingkat SD/MI, judulnya Jejak-jejak Misterius: Dongeng Anak Muslim Tentang Ayat-ayat Kauniyah yang inshaAllah akan saya bagikan gratis pada pembaca postingan kali ini. :).

Yeeey, alhamdulillah, waktunya Giveaway, bagi-bagi hadiah buku. :) 💖💕

Cara ikutannya mudah sekali:

👉 Follow blog ini. Silahkan komentar di postingan ini agar saya tahu kalian berminat untuk mendapatkan buku ini (boleh komentar apa saja). :)

👉 Ikut GA ini melalui Facebook:  Follow Fanspage saya: Impian Istikmalia. Follow akun saya di: Nurin Ainistikmalia dan Mbak Ririn Astutiningrum. Share postingan ini melalui akun Facebook masing-masing, tag saya dan Mbak Ririn ya. Tuliskan komentar kalian di sana tentang "bagaimana cara menumbuhkan kebiasaan membaca." :). Silahkan diperbolehkan mengajak teman-temannya untuk ikutan kuis ini.

👉 Ikut GA ini melalui instagram. Follow IG saya di: Nurin Ainistikmalia dan IG Mbak Ririn Astutiningrum, repost postingan saya tentang Seri Kisah Dahsyat ini, tag saya dan Mbak Ririn, mention minimal dua teman untuk mengikuti kuis ini. :)

Mudah kan ya? :). InshaAllah akan ada dua buah buku Jejak Misteri bagi dua orang yang beruntung. Pemenang akan saya pilih secara random, dan hasil pemenang tidak dapat diganggu gugat. :)

Giveaway ini berlaku sejak hari ini, Sabtu, 07 Oktober 2017 s.d Ahad, 15 Oktober 2017. Pemenang akan saya umumkan inshaAllah pada hari Senin, 16 Oktober 2017. 

Bagaimana penampakan bukunya? taraaaa, ini bukunya ya. :). Hadiah akan langsung dikirimkan oleh Mbak Ririn (sang penulis) plus tanda tangan ke alamat masing-masing.

Penampakan buku Jejak-jejak Misterius

Salam literasi, semoga beruntung dan ingat untuk membeli buku Seri Kisah Dahsyat Dalam Al-Qur'an ini di toko-toko buku terdekat atau pesan langsung ke Mbak Ririn boleh juga :).



#ODOPOKT6
#BloggerMuslimahIndonesia






You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



21 komentar

  1. Mba, itu ikutan GAnya pilih satu ya, Lewat FB atau IG?

    ReplyDelete
  2. Mba, itu ikutan GAnya pilih satu ya, Lewat FB atau IG?

    ReplyDelete
  3. buku bagus nih buat Kakak sama ade di rumah. Gutlak GA nya ya, mba nurin

    ReplyDelete
  4. Wah ada give away lagi....mau ikutan ah...

    ReplyDelete
  5. Wah mau bukunya.,. Mupeng. Semoga ada rezeki nya Afnan ikut GA ini :)

    ReplyDelete
  6. Ada GA di blognya mbak Nurin, ikutan lagi ah,, semoga kali ini dapat

    ReplyDelete
  7. Bismillah ikutan ah GA ny, moga rejeki buat bacaan ziyad hasan dawud hasna ;)

    ReplyDelete