ODOP Blogger Muslimah Indonesia OKT 2017

-254- Bilal Online Al-Utsmani: Solusi Belajar Quran Di Mana Saja Kapan Saja

Friday, October 06, 2017

sumber: www.al-utsmani.com
Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah, program belajar Quran online bersama LBQ Al-Utsmani berjalan dengan baik kurang lebih dua bulan ini.

Mulanya ini adalah bentuk keresahan beberapa kawan akhwat BPS di tempat penempatan yang merasa 'kering'. KERING dalam artian menuntut ilmu dan kesulitan dalam hal mendapatkan lingkungan dan teman-teman yang sama-sama ingin belajar Al-Quran. Dan tentunya, kesulitan mencari guru.

Baca juga: Surga Dunia Ini Hanya Akan Kamu Dapatkan Jika Kamu Menjadi Pegawai Badan Pusat Statistik

Dari hasil obrolan ringan itu, kami kemudian mencoba alternatif belajar Quran bersama-sama yang dapat menjadi solusi dari kami semua (yang rata-rata memiliki masalah yang sama): 
  • Ditugaskan jauh dari kota. Itu artinya, tempat tugas kami jauh dari pusat keramaian. Jauh dari tempat belajar atau lembaga dan minim fasilitas. 
  • Perlu waktu, biaya dan tenaga untuk mendatangi majelis ilmu. Ada yang harus melewati gunung, menyeberangi lautan, dan kesulitan lainnya. 
  • Fleksibilitas waktu. 
Daaaan, dari itu semua, ada satu hal yang masih mampu menghubungkan kami semua. Jaringan Internet. :)

Ternyata benar adanya kata pepatah, kamu akan tetap merasa hidup selama masih ada internet. :p~~~ entah pepatah siapa ini. :D. 

"Oh ya, bagaimana kalau kita kumpul-kumpul bikin kelas ngaji online", demikian usul dari salah satu kami. 

Lalu, kami pun mulai mencari LEMBAGA. 


Pendaftaran Bilal untuk peserta ikhwan. sumber: www.al-utsmani.com
Salah satu lembaga yang disarankan adalah Lembaga Bimbingan Quran (LBQ) Al-Utsmani, tempat saya dan beberapa kawan menimba ilmu Quran. 

Saya belajar di tempat ini semenjak kuliah, dan terus berlanjut sampai penempatan. Tidak pernah berganti tempat. 

Saya mah gitu orangnya, sekali cinta, sekali klik, inshaAllah setia, istiqamah, eaaa. :p

Beberapa tahun sebelumnya, saya pun pernah mengikuti kelas online bersama LBQ Al-Utsmani, namun sempat berhenti di tengah jalan, karena....errr...waktu itu jaringan internet di tempat saya bermasalah, lemoooot sekali. Alhamdulillah, sekarang 4G sudah ada lhoo dan ngeblog jadi lancar jayaaaa... *songong :D. 

Setelah konfirmasi ke Utsmani, ternyata program BILAL (BIMBINGAN LUAR LEMBAGA) ONLINE  masih ada. Alhamdulillah...:)

Akhirnya, kita pun mendaftar, dapat dua kelompok akhwat BPS (belum se-Indonesia Raya), belum rame, karena waktu mendaftar pas musim SDKI (temen-temen lagi banyak yang di lapangan), masih sedikit, :). 

Pendaftaran akhwat dapat dilakukan Melalui Ustadzah Yuli, boleh langsung menghubungi beliau di nomor: 085691180493. 

Setelah mendaftar, nanti kita akan diminta menentukan hari untuk tes bacaan. Tes ini tujuannya untuk mengetahui pembagian kelas. Seminggu kemudian kita akan dihubungi dan proses belajar online pun dapat dimulai. :)

Apa saja yang harus disiapkan? 

  1. Niat. 
  2. Jaringan internet. 
Itu aja? seriyeees? :D. Yaaa, itu aja. BILAL ONLINE mengharuskan peserta memiliki akun skype (silahkan download di playstore ya). Jadi pastikan kita sudah memiliki akunnya dan punya ponsel atau pc yang terhubung dengannya. 


Belajarnya gimana?

Sama saja dengan pertemuan offline. Kita belajar, tatap muka, bedanya ini kelas mengudara. Ini akan memudahkan peserta, di manapun berada, masih dapat mengikuti kelas, selama punya ponsel dan paket data. :)

Waktunya?

Fleksibel. Bergantung kesepakatan dengan teman-teman di kelasnya. 

Pesertanya?

Boleh siapa saja. Silahkan lakukan pendaftaran. Boleh baca-baca dengan membuka website Utsmani: www.al-utsmani.com

Ada biayanya?

Ya, ada. Biayanya Rp 50.000/orang untuk pendaftaran. Rp 200.000 per sesi per kelas. Bisa rame-rame bayarnya. Satu kelas dibatasi maksimal 6 orang. 

----

Ada banyak pertanyaan yang masuk ke saya tentang bagaimana cara mengikuti tahsin online ini. Dan belum sempat saya jawab. Maafkan karena tidak sempat. :(

Sebagian pertanyaan saya jawab di dalam postingan ini. Apabila ada yang terlewat dan masih ada yang ingin ditanyakan. Silahkan hubungi saya lebih lanjut. Email boleh, komen di postingan ini boleh ke akun sosmed saya juga boleh. Semoga membantu. :)

Dan, semoga kita semua mendapatkan kebahagiaan hidup bersama dengan Al-Quran. :)



Tulisan ini diikutsertakan dalam program ODOP (One Day One Post) Blogger Muslimah Indonesia selama Bulan Oktober 2017.

#ODOPOKT5


You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



8 komentar

  1. makasih infonya mbak.. saya udah belajar off line..tapi kalau ada teman yang butuh saya bakal rekomendasikan ke bilal utsmani..insya allah

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah... Diberi kemudahan menuntut ilmu. Semoga barokah ilmunya ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya Mbak...solusi kekinian belajar Quran ini:)

    ReplyDelete