Review

-228- Kulit Sehat dan Lembut Dengan Redwin Sorbolene Moisturiser

Friday, January 13, 2017




Bismillahirrahmanirrahim,

Jujur saja, saya tidak begitu 'aware' dengan kondisi kesehatan kulit tubuh. Saya yang dasarnya suka yang praktis-praktis, gak pake rieweh, gak pake ribet, merasa agak repot kalau harus mikirin lotion-lotionan. πŸ˜€. 

Berhubung, usia sudah menginjak remaja πŸ˜œ, mendekati usia cantik a.k.a menua πŸ™ˆ, saya mulai tuh, cari tahu pengetahuan tentang kecantikan, tentang merawat diri. Mulai mikirin anti aging apa yang cocok, 😍, mulai mikirin nutrisi wajah, mulai mikirin bahan-bahan alami dari suatu produk, mikirin bedak, mikirin dandan (biar selalu fresh dan terlihat muda di depan suami tercinta, eaaa) dan mulai pula saya mikirin soal pelembap kulit secara menyeluruh.

Tentang Pelembap

Jadi ternyata, pelembap kulit itu telah digunakan sejak kurang lebih 10.000 tahun lalu, di masa Mesolitic/Mezolitikum. Di jaman itu, manusia mengoleskan lemak hewan ke bagian kulit untuk membuatnya tetap lembut dan tidak kering. Banyak suku-suku asli Amerika juga menggunakan lemak dari hewan yang telah disembelih untuk membantu tubuh agar tetap hangat dan juga sebagai aksesoris. Perempuan di Amerika Latin telah menggunakan alpukat untuk melembapkan kulit sejak zaman pra-Columbus, sementara orang-orang Brazil dan Afrika telah lama menggunakan minyak kelapa sawit.

Selain itu, pada penggalian situs peradaban Mesolithic menunjukkan bahwa nenek moyang terdahulu sudah menggunakan minyak dari tanaman jarak pada kulit mereka. Inilah awal mula penggunaan lotion dari bahan alami. Sementara pada penggalian makam-makam Mesir Kuno, ditemukan bejana kecil berisi zat lemak hewan dan minyak zaitun yang ditambahkan rempah-rempah. Perkamen Mesir Kuno juga menggambarkan penggunaan krim pelembap tubuh dan telah ditemukan di antara benda-benda dalam situs pemakaman Mesir. Cleopatra diketahui menggunakan minyak zaitun atau minyak wijen pada kulitnya, sedangkan orang Mesir lainnya menggunakan salep yang terbuat dari minyak dan resin (versi salep yang sama termasuk minyak almond pahit, minyak zaitun, kapulaga, madu dan anggur. 

Zaitun Sebagai Pelembap

Minyak zaitun ini termasuk salah satu bahan alami favorit saya yang saya gunakan sebagai pelembap. 😊


Konon, minyak zaitun ini juga sangat populer sebagai pelembap diantara orang Yunani Kuno. Selain Cleopatra, Hera juga diketahui menggunakan minyak dengan esens zaitun. Ada satu catatan sejarah yang menyebutkan bahwa Ratu Cleopatra secara rutin mandi dengan air yang dicampur minyak zaitun. Bahkan olimpiade kuno dilaksanakan dengan para peserta pria yang tubuhnya dilumuri dengan minyak zaitun. Di kemudian hari, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa minyak zaitun memang sangat baik untuk perawatan kulit karena minyak zaitun dapat membersihkan sel-sel kulit yang mati, terutama pada bagian-bagian tersembunyi seperti pada lipatan leher, selangkangan serta telinga. Minyak zaitun juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kelembapan kulit sehingga kulit terhindar dari dehidrasi dan tidak mudah keriput.

 

Perkembangan Lotion

Galen adalah seorang ilmuwan romawi yang memperkenalkan pengembangan dari krim dingin. Ia membuatnya sekitar tahun 200 SM dengan melelehkan sarang lebah ke dalam minyak mawar dan ditambahkan air. 

Perkembangan penggunaan lotion sempat mengalami kemunduran pada masa Renaissance. Saat itu populer lotion yang terbuat dari merkuri yang dapat memutihkan wajah, leher dan lengan dengan cepat. Namun, efeknya beberapa orang meningal karena lotion berbahaya tersebut. 

Selanjutnya, pada abad ke-15, lotion kembali dibuat dari bahan-bahan alami yang baik, seperti minyak zaitun, air mawar dan beeswax. Bahkan selama perang salib, para kesatria pulang dengan aroma minyak esensial baru yang terbuat dari bunga dan rempah-rempah dan disukai wanita. Berlanjut ke abad pertengahan, para herbalis mengembangkan pengetahuan mereka untuk membuat lotion yang berguna untuk menyembuhkan masalah kulit pada wanita. Bahan yang paling luas digunakan saat itu adalah daun comfrey. 

Produksi Massal Lotion

Setelah berabad-abad dibuat secara pribadi dan rumahan, lotion pertama kali diproduksi secara massal pada tahun 1800-an. Bahan baru yang populer adalah minyak ter, yang digunakan untuk seluruh tubuh. Lotion ini dibuat dengan mengumpulkan lanolin, zat lilin yang dihasilkan oleh domba dan makhluk berbulu lainnya dengan cammpuran zat tambahan lain. 

Sekitar tahun 1900, beberapa produsen mencoba melakukan distribusi nasional. Salah satunya yang pertama adalah Hinds' Honey and Almond Cream diformulasikan tahun 1872 oleh pemilik sebuah toko obat di Portland, Maine. Selanjutnya, perkembangan dari lotion sangat luar biasa di tahun 1930-an, ketika televisi ditemukan dan produsen dapat mengirimkan iklan produk mereka di televisi.

Back To Nature

Jadi begitu, ceritanya. ☺
Perkembangan lotion sudah ada sejak jaman dahulu kala. πŸ˜€

Bahkan krim-krim bermerkuri itu sudah sejak duluuuu ada, dan sampai sekarang pun masih ada. πŸ˜•πŸ˜­

Produk-produk kecantikan dan kesehatan memang tidak akan pernah purna. Tapi saya pikir, menjadi cantik itu haruslah sehat. Kita sehat maka kita pun akan terlihat cantik.

CANTIK & SEHAT

Dua kata yang mesti banget disandingkan. Jangan sampai putih cantik tapi gak sehat karena bahannya berbahaya. 

Nah, semakin ke sini, semakin tahun, penemuan-penemuan produk berbahan dasar alami semakin mudah ditemukan. Konsumen (seperti saya) juga sudah mulai peduli mengenai kehalalan dan keamanan sebuah produk. Tidak hanya makanan yang perlu kita yakinkan bebas dari pengawet dan zat berbahaya, produk kecantikan seperti halnya pelembap kulit juga perlu kita pilah-pilih agar bebas dari bahan pengawet. Nah, jenis krim seperti ini biasa dinamakan krim sorbolene.

Daaan, saya juga baru tahu doooong mengenai Sorbolene ini, 😜


Mengenal Sorbolene 

Waktu saya mendapatkan produk dari redwin ini. Pertama kali yang saya sesalkan, lho kok pelembap ini gak ada wanginya? gak ada harum-harumnya sama sekali? 😩 Yah, gak asyik sekali ya. Karena saya paling seneng sama yang wangi-wangi, apalagi kalau sekali oles wanginya gak hilang-hilang. πŸ˜‚

Ternyataaaa, ternyata ya, ini nih yang namanya krim sorbolene. Dan jenis krim seperti inilah justru yang paling aman dan sehat.

Saya baru tahu tentang itu. Ketinggalan amat yaak, 😁

Menurut dr Ricky Jayadi, General Practitioner dari Klinik Mariposa Skin Wellness Center, kebanyakan produk-produk perawatan kulit yang beredar di pasaran menggunakan pewangi dan pengawet yang tidak selalu baik untuk kulit. Pelembap yang baik, menurutnya, adalah yang bebas kedua zat tadi. Untuk perlindungan kulit, ia menyarankan jenis sorbolene.

Sorbolene sendiri adalah jenis lotion yang aman untuk seluruh tubuh, tidak akan menyebabkan alergi, tidak berbau, tidak mengandung zat-zat aditif keras seperti pewarna, wewangian dan parabens (bahan pengawet) yang dapat memicu reaksi merugikan pada kulit seperti alergi dan iritasi.

Sorbolene kaya akan kandungan gliserin yang berasal dari bahan alami, diketahui paling cepat dan efektif meredakan rasa tak nyaman pada kulit kering atau kulit iritasi akibat sinar matahari. Gliserin ini bekerja dengan cara mengikat air disekelilingnya untuk melembapkan kulit. Cara kerjanya yang seperti ini membuat lotion ini tahan lama di kulit. Jadi, kita gak perlu sering-sering usap dan pakai. IRIT. 😎



Apa itu Redwin Sorbolene Moisturizer

Nah, salah satu produk pelembap sorbolene adalah Redwin ini. Redwin Sorbolone Moisturizer adalah pelembap yang sangat efektif untuk seluruh tubuh yang diperkaya dengan vitamin E, 10% Glycerine dan Sorbitol. 

Redwin Sorbolene ini termasuk produk sorbolene nomor satu di Australia, sangat terpercaya dan aman untuk melembapkan dan menutrisi semua jenis kulit, bahkan untuk kulit yang paling sensitif sekalipun, termasuk untuk kulit halus bayi yang baru lahir. 

Tahu sendiri kan?

Pada bayi sangat amat sensitif kulitnya, gak boleh sembaragan pake sesuatu. Karenanya, pemakaian krim kulit dan sabun yang mengandung detergen, pewarna, wewangian dan parabens (pengawet) sangat tidak disarankan.


Apa saja kelebihan produk ini di mata saya?

  1. HALAL. Buat saya, apapun produknya, saya harus jamin kalau bahan-bahannya halal. Rekomendasi halal ini tertera di belakang kemasan. Di situ tertulis dengan jelas, logo HALAL dari A.I.S Australia 
  2. AMAN. Tidak mengandung pengawet, pewarna dan wewangian. 
  3. KAYA MANFAAT. Kandungan 10% gliserin, sorbitol dan minyak biji gandum banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kulit. 
  4. PRAKTIS. Ini mah saya banget yaak. 😘 PRAKTIS. Karena lotion ini bisa dipakai untuk semua jenis kulit. Normal, kering ataupun sensitif. Dan bisa digunakan untuk semua kalangan. Jadi bisa lebih hemat. Beli satu, bisa dipakai untuk ayah, ibu, anak, bayi sekalipun. πŸ˜‰ HEMAT. 

 

 Penampakan

Redwin sorbolene yang saya pakai ini berbentuk tube, ukuran sedang isi 100 gram. Penutupnya cukup kuat, saya bawa di dalam tas dan dipakai kemana-mana, tidak tumpah dan tetap aman.



Di belakang kemasan, tertulis penjelasan mengenai kelebihan produk ini dan manfaatnya.

Redwin Sorbolene provides deep and long lasting moisturising 
which prevents dryness and leaves your skin feeling soft and smooth

Logo halal
Ada keterangan sertifikasi halal juga, agar tidak ada keraguan diantara kita. Ini PENTING. 😘

Khasiat

Karena produk ini produk luar, di kemasan belakang ada tempelan penjelasan khusus mengenai fungsi, rekomendasi dan aturan penggunaan menggunakan bahasa Indonesia seperti tertera pada gambar di bawah ya.



Aturan penggunaannya: 
Aplikasikan secukupnya secara merata pada kulit. Pelembap ini dianjurkan digunakan ketika kulit dalam keadaan lembap seperti setelah mandi atau setelah terpapar matahari.

Sorbolene Moisturiser w/Vitamin E diformulasikan untuk:
  1. Melembapkan dan mempertahankan kulit dan melindungi kulit
  2. Mengatasi dan mencegah masalah-masalah kulit kering, kasar dan bersisik. 
  3. Meningkatkan elastisitas kulit untuk kulit yang lebih kenyal.
  4. Vitamin E dari minyak biji gandum sebagai anti-oxcidant untuk melawan radikal bebas, mencegah penuaan dini dan meremajakan kulityang rusak akibat masalah kulit kering. 
  5. Sangat baik untuk membantu mengatasi ruam kulit bayi, ruam popok dan kulit bayi kemerahan.  

Kandungan

Kandungan Redwin Sorbolene ini terdiri dari Air, Gliserin, Sorbitol dan Minyak Biji Gandum.

Dalam versi inggrisnya.

Water (aqua), Glycerin, Sorbitol, Strearic Acid, Mineral Oil, Cetearyl Alcohol, Triticium Vulgare (Wheat) Germ Oil, Tetrasodium EDTA, PPG-2 Methyl Ether, Triethanolamine, Imidazolidinyl Urea, Chloroacetamide, p-Chloro-m-Cresol, Sodium Benzoate, Linabol. 

GLISERIN
Gliserin merupakan suatu cairan kimia yang memiliki sifat unik, yakni dapat menyerap air dari udara atau lingkungan. Karena sifatnya yang unik inilah Gliserin sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk produk kecantikan. 

Penggunaan Gliserin pada pelembap kulit berfungsi untuk mengikat cairan dan menyerap kadar air dari lingkungan sehingga kelembapan kulit senantiasa terjaga. Nah, biasanya hanya produk-produk berkualitas saja yang menggunakan ekstrak Gliserin, dan harganya pun sudah pasti lebih mahal. Jadi, bisa dikatakan kalau produk Redwin ini BERKUALITAS. 

Gliserin juga berfungsi menghaluskan dan melembutkan kulit kasar, sebagai anti aging karena gliserin dapat memperbaiki sel kulit yang rusak sehingga kulit wajah kembali halus, dan keriput menjadi berkurang, menyamarkan bintik noda sehingga warna kulit kembali dapat merata. 

SORBITOL
Sorbitol pertama kali ditemukan oleh ahli kimia dari Perancis yaitu Joseph Boosingault pada tahun 1872 dari biji tanaman bunga ros. Secara alami sorbitol juga dapat dihasilkan dari berbagai jenis buah.

Sorbitol umumnya digunakan sebagai bahan baku farmasi, makanan ataupun kecantikan. Bahan ini dinyatakan GRAS atau aman oleh U.S Food and Drug Administration dan disetujui penggunaannya oleh Uni Eropa serta banyak negara di seluruh dunia. Mencakup Australia, Austria, Kanada dan Jepang. 

Dalam bidang farmasi,  sorbitol merupakan bahan baku vitamin C dan dapat digunakan sebagai pengabsorpsi beberapa mineral seperti Cs, Sr, F dan vitamin B12. Pada konsentrasi tinggi sorbitol dapat digunakan sebagai stabilisator dari vitamin. Sementara dalam bidang kecantikan, sorbitol digunakan sebagai pelembap berbentuk cream untuk mencegah penguapan air dan dapat memperlicin kulit. Sorbitol juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan vitamin C. 

Sorbitol juga diketahui sebagai bahan produk perawatan kulit yang sangat baik karena kemampuannya merevitalisasi kulit kering, rusak, dan kusam akibat paparan sinar matahari. 

Minyak Biji Gandum
Minyak bumi gandum inilah yang menghasilkan vitamin E nya. Minyak gandum dikenal dengan beragam manfaat. Diantaranya ialah sebagai anti peradangan, mengurangi kerusakan kulit dari paparan sinar matahari, mengembalikan kelembapan kulit, mengatasi kulit pecah, dan melembutkan kulit.  Antioksidan dalam gandum mudah diserap oleh kulit sehingga mampu melindungi jaringan kulit dari kerusakan akibat faktor eksternal maupun internal.

Banyak sekali ya, manfaat dari bahan-bahan kandungan Redwin Sorbolene Moisturiser? πŸ˜

Nah, sekarang saatnya testimoni pemakaian produk, πŸ˜€


Redwin ini saya coba kurang lebih selama satu bulan. Kulit saya cenderung tidak bermasalah meskipun saya tinggal di Kalimantan yang sudah terkenal dengan panas mataharinya yang sangat terik. 😎Tidak masalah di sini maksudnya tidak ada masalah berarti seperti kering pecah-pecah atau sampai terkelupas. Tapi ingat, tidak ada masalah bulan berarti bebas dari masalah ya. Usia semakin bertambah, tentu saja penjagaan terhadap kesehatan kulit harus tetap diperhatikan. Jangan sampai usia masih muda, tapi kulit sudah keriput dan menua.

FYI, Sehari-hari aktivitas saya lebih banyak di dalam ruangan, sesekali saya juga ada tugas ke lapangan, yang sekali keluar bisa bikin kulit menghitam legam, 😱 #rada lebay ya ini. πŸ˜‹

Tanpa kita sadari, kulit bisa mengalami kekeringan karena efek terpapar matahari atau karena terlalu sering kena sabun. Atau juga faktor lainnya. Yang paling kerasa sih kulit jadi kasar saat disentuh, tidak lembut lagi. 😐



Ok. Untuk tekstur sendiri, redwin ini creamy, tidak terlalu cair cenderung agak padat ya, jadi tidak khawatir mbeleber kemana mana (bahasanya ya πŸ˜‚) waktu dituang. Produk ini tidak wangi, tapi saya merasa cukup terganggu dengan baunya, karena baunya mirip bau obat. Oh yeah, saya harus jujur untuk ini. πŸ˜€. Selain itu, lotion ini juga ringan dan mudah meresap. Cara penggunaannya usapkan sedikit-sedikit saja, kalau kebanyakan malah lebih lama resapnya. 

Saya gunakan redwin di salah satu tangan, satunya lagi tidak, untuk melihat perbedaannya. Satu kali pemakaian sudah bisa kerasa kok bedanya. Lembuuuut sekali di tangan. Dan, ya, tangan yang rutin diolesi redwin memang terasa lebih lembut dan tidak mudah kering. Terasa sekali bedanya. Senang dan puas memakainya. Apalagi sewaktu menggunakan ini saya gunakan bersama-sama dengan anak. Jadi tidak khawatir memberikannya pada anak. Biasanya saya selalu melarang ia menggunakan produk yang saya gunakan karena khawatir dengan kulit anak-anaknya. 😍

Untuk pemakaian sehari-hari ini cocok banget menjaga kelembutan kulit. Sekaligus menjaga kesehatannya. Bahan-bahan yang terkandung di dalam lotion ini teruji klinis aman dan kaya kandungan manfaat untuk kulit.

Yes, jadi, SEHAT dan LEMBUTnya dapet. 

Cita-cita mendapatkan kulit sehat dan lembut terjawab sudah. 😘

Kulit sehat dan lembut dengan redwin sorbolone moisturiser 

Nah, produk Redwin ini bisa didapatkan di tempat-tempat di bawah ini: 

Kalau tempat agak pedalaman macam saya ini agak sulit dapetinnya, πŸ˜„ Tapi tenang aja, masih bisa belanja online. Produk ini juga banyak dijual secara online.  



Try Redwin for yourself, your skin will thank you everyday!

Yuk ah, cobaain produknya, rasakan manfaatnya. Dan dapatkan kulit sehat dan lembut bersama Redwin Sorbolene Moisturiser ini. πŸ˜ƒ

Informasi lebih lanjut kalian bisa buka Fans Page Facebook:  Redwin Indonesia





Sumber tulisan:
http://www.beritasatu.com/penampilan/127807-krim-kulit-sorbolene-baik-untuk-kulit-sensitif.html
http://www.rumahcantikcitra.co.id/artikel/sejarah-pemakaian-hand-and-body-lotion/ 
http://www.adiskaputri.com/merawat-kulit-ala-ratu-cleopatra/
http://pelanginovs.blogspot.co.id/
https://berbagibahanilmu.blogspot.co.id/2016/11/sorbitol.html
http://blog.lavie-organique.com/2010/08/sorbitol-shows-its-true-colors-as.html
http://kesehatan-kulit.info/7-manfaat-gliserin/
http://www.sukawera.com/manfaat-minyak-gandum-bagi-kulit/
Fanspage Redwin Indonesia

You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



24 komentar

  1. mmm ternyata mercuri uda ada dr zama baheula y mba :(
    lengkap sekali mba ^^ aqu jg blm publish hahaha..
    gudluck mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaa Mbak seremnya jaman dulu sampe bikin orang meninggal. :(. Iya Mbak hayuuuk, the power of mepeet :)

      Delete
  2. Dulu buat lotion Raya beli yg mihil karena Raya sempet alergi kl kena keringetnya sendiri & bruntusan.. Coba kan kl tau ini dari dulu, jadi bs lbh ngirit hihihi XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, sekarang sudah tahu ya ada yang bisa lebih hemit :D

      Delete
  3. lengkap banget Mbaa, goodluck yaa :*
    saya pun suka dan cocok pake produk ini, diusap pagi hari sampe sore masih terasa kelembabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah Mbak, demi inih demi :D. Good luck juga buat Mbak. :)

      Delete
  4. aku juga suka banget sama produk ini. pas banget buat kulit kering yang sensitif ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa buat seluruh anggota keluarga lagi ya πŸ˜€

      Delete
  5. Kelebihan2 produknya yang Mbak sebutkan di atas, hal2 itulah yang memang yangpaling penting buat kita jadikan patokan, ya Mbak. Alhamdulillah produk ini memenuhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halal yang paling sensitif Mbak buat orang Indonesia. Apalagi kalau produknya dari luar. Alhamdulillah ini sudah memenuhi. πŸ‘πŸ‘

      Delete
  6. Lengkap ulasan sejarah kecantikannya, mba. Merkuri pun udah ada sejak jaman Cleopatra masih eksis ya :D Iya, pastikan kita selalu pakai kosmetik yang aman ya, walau mungkin harganya lebih mahal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan sampe sekarang masih aja ada yang pengen cepet cantik dengan instan, dan gak begitu peduli kandungan produk πŸ˜‘

      Delete
  7. Wah jadi tahu sejarah skin care :D
    Ulasan Redinnya lengkap mbak TFS :D

    ReplyDelete
  8. Aku dah Nyobaaa... aman banget buat bayi, kulitnya jadi kenyal kenyal gimana gitu pake redwin :D

    ReplyDelete
  9. cocok buat tanganku yg sering kering nih kayaknya mbak...

    ReplyDelete
  10. Logo halalnya jelas jadi tenang pakainya

    ReplyDelete
  11. Berkali kali baca review ttg ini, bikin aku jadi semakin penasaran.

    ReplyDelete
  12. Saya malah suka lotion ga ada wangi nya.. biar baunya ga tabrakan sama bau parfum dan roll on keti.. jd syeneng ktmu sorbolene hehe

    ReplyDelete