Giveaway

-208- Kuis Berhadiah Buku: Apa Buku Bacaan Favoritmu?

Sunday, September 04, 2016

Bismillahirrahmanirrahim,

Saya ingat ucapan salah seorang ustad pakar parenting -Ust.Budi Ashari, Lc-, yang mengatakan bahwa bercerita atau mendongeng adalah termasuk salah satu media yang dianjurkan dalam mendidik anak. Mendekatkan anak dengan kisah-kisah atau hikayat yang paling baik adalah bukan dengan kisah khayalan, tetapi kisah-kisah nyata yang bersumber dari Al-Quran dan hadits. Dekatkan anak dengan kisah-kisah nabi dan rasul, dekatkan anak dengan kisah tauladan sahabat, dekatkan anak dengan kisah-kisah ulama, dekatkan anak dengan kisah-kisah masyur yang riwayatnya shahih. Biarkan anak tumbuh dan berkembang dengan mencintai sejarah, dan biarkan kisah-kisah itu mendarah daging dan memberikan pengaruh pada kepribadian dan jiwanya.

Sejak saat itu, saya baru sadar, semua itu ada benarnya. Dibandingkan mengenalkan tokoh-tokoh khayalan, lebih baik mengenalkan anak kepada Nabinya. Awalnya juga saya trial and error. Coba-coba mencari media yang cocok untuk anak. Karena saya tumbuh dan besar dengan kisah-kisah semacam nenek sihir, puteri peri dan pangeran kumbang. :). Kemampuan saya bercerita sirah juga belum sempurna, hanya sebatas pengetahuan dasar dari cerita-cerita yang sudah masyur. Karenanya, saya sadar saya butuh buku, buku bacaan, untuk membantu.

Mencari buku bacaan untuk anak ini, lagi-lagi saya juga trial & error. :). Beberapa buku kisah tauladan nabi saya belikan, sampai saya menemukan bahwa hanya buku tertentu saja yang ia sukai untuk dibaca.

Dan, satu-satunya buku yang nyangkut di hati Fifi adalah buku ini. My First Islamic Encyclopebee: The Great Prophet Muhammad. Kisah sirah Nabi Muhammad yang terdiri dari 12 jilid. Buku ini waktu itu saya beli saat sedang ada diskon besar. Harga aslinya satu juta lebih, dan saya mendapatkannya diharga 300-400 rb -kalau tidak salah ingat-.



Isi buku ini colorfull dengan dominasi gambar visualisasi yang hampir-hampir memenuhi satu halaman penuh. Di bawah cerita utama, ada cerita mengenai Ahmad, Nisa dan Pak Ustad yang diceritakan berseri menyesuaikan tema utama.



Diantara semua buku, buku ini menjadi buku favorit Fifi. Ia bahkan menyimpannya di samping tempat tidur untuk memudahkan saya membacakannya sesaat menjelang tidur. Kadang, saat senggang, saya melihat Fifi membaca buku ini sendiri. Buku ini sudah pernah khatam satu kali. Dan, sekarang, saya diminta mengulangi bacaannya. Saya senang, sudah ada buku yang nyangkut di hatinya, dan dengan membaca buku ini, saya juga turut kembali ikut belajar membaca sirah kembali. Alasan yang kemudian saya yakini menjadikan buku ini sebagai buku yang akhirnya menarik hati Fifi adalah karena buku ini visual sekali. Gambarnya lebih dominan dibanding tulisan.

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya tentang Fifi, si Visual Learner: Kenal Lebih Dekat Dengan Anak Tipe Pembelajar Visual.

Dalam buku Prophetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak, pada bab Bagaimana Memengaruhi Akal Anak? Dijelaskan bahwa hikayat atau kisah-kisah memainkan peranan penting dalam menarik perhatian anak dan membangun pola pikirnya. Kisah menempati peringkat pertama sebagai landasan asasi metode pemikiran yang memberikan dampak positif pada akal anak, karena sangat disenangi. Kita banyak menemukan kisah-kisah kenabian yang ditujukan kepada anak-anak. Diceritakan langsung oleh Rasulullah SAW kepada para sahabat beliau yang terdiri dari orang-orang dewasa dan anak-anak. Mereka menyimak dengan penuh perhatian kisah-kisah yang diceritakan oleh beliau tentang berbagai kejadian masa lampau untuk bekal mereka dan bekal bagi seluruh kaum muslimin hngga akhir zaman.

Ada catatan penting dalam hal ini, yaitu kisah-kisah kenabian seluruhnya berpedoman pada kejadian nyata yang terjadi di masa lampau, jauh dari segala macam khurafat dan khayalan. Kisah-kisah ini menanamkan kepercayaan akan sejarah pada diri anak dan membangun rasa keislamannya yang memancar dan tidak akan pernah kering atau tersumbat.

"Kisah-kisah para ulama dan orang-orang saleh sarana terbaik untuk menanamkan keutamaan dalam jiwa. Dapat mendorong diri untuk kuat memikul beban perjuangan meraih tujuan mulia. Kisah-kisah tersebut dapat menuntun untuk meneladani para pahlawan yang berkomitmen tinggi dan rela berkorban agar sampai pada tingkatan tertinggi dan derajat termulia."

Dari sini sebagian ulama salaf mengatakan, "kisah-kisah adalah salah satu barisan tentara Allah SAW yang dengannya Allah menetapkan hati para walinya. Buktinya adalah firman Allah SWT.

"Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-lisah yang dengannya kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman". Q.S Hud: 20. 

(Kutipan Prophetic Parenting halaman 166-167).  Buku Prophetic Parenting ini adalah buku yang berisi pedoman mengenai teknik bagaimana mendidik anak sesuai tuntunan Nabi. Buku ini menjadi buku wajib yang mesti dimiliki dan dibaca oleh keluarga muslim dan dipedomani.

####
Assalamualaikum warohmatullah wabarakatuh.

Dear pembaca blog ini yang berbahagia :D

Berhubung saya belum pernah mengadakan kuis apapun di blog ini. :). InshaAllah di bulan Dzulhijjah yang penuh berkah ini, saya akan mengadakan kuis, kali ini niatannya untuk syukuran Fifi yang baru satu bulan lalu bertambah usia. Berhubung, Fifi sekarang sedang menamatkan sirahnya, dan sepertinya belum ingin berpindah ke lain buku. Buku-buku ini dijadikan hadiah kuis kali ini.

Ada enam buah buku cerita anak untuk enam orang pemenang. Yeaaay~~~~ :D

Kuis ini mudah sekali, dan bisa diikuti oleh siapa saja. Caranya?

  1. Follow blog ini . Ada di sidebar kanan pada blog ini atau di bagian bawah jika membuka melalui hp. 
  2. Follow FB, twitter dan instagram saya. FB: Nurin Ainistikmalia. Twitter: @istikmalia. Instagram: @nurin_ainistikmalia. Atau Pilih pada bagian Subcribe and Follow. Jika tidak memiliki ketiga akun ini, boleh memilih hanya akun yang dimiliki. 
  3. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar. "Apa buku favorit kalian sewaktu kecil?" Untuk yang sudah punya anak, "Apa buku favorit anak di rumah?". Sebutkan maksimal tiga dan alasan singkatnya. Tulis nama beserta akun fb, twitter, instagram, email, blog (opsional jika ada). 
  4. Bagikan info kuis ini di semua akun media sosial ya agar semakin banyak yang ikutan kuis ini. Khusus Fb dan twitter, jangan lupa tag saya, tambahkan hestek #KuisBuku #ImpianIstikmalia
Kuis ini berlangsung selama satu minggu mulai hari ini 4 September 2016 sampai dengan ahad depan tanggal 11 September.

Pengumuman pemenang diumumkan inshaAllah pada hari Selasa, 13 September 2016 di blog ini ya. Pemilihan pemenang akan dilakukan oleh saya sendiri, penilaian didasarkan pada pemenuhan syarat-syarat di atas ya, hasil keputusan tidak dapat diganggu gugat :)

Nah, sekarang, apa saja hadiahnya?



Satu Buah Buku Dahsyatnya Kisah Nabi Musa 

Satu buah buku Dahsyatnya Kisah Nabi Isa

Satu buah buku Jejak-jejak Misterius
Dongeng Anak Muslim Tentang Ayat-ayat Kauniyah

Ketiga buku ini masing-masing untuk satu orang pemenang. Ketiganya adalah buku yang ditulis oleh Mbak Ririn Rahayu Astuti Ningrum, salah satu penulis produktif yang salah satu karyanya akan hadir di layar lebar. :)

Satu Buah Novel Anak Aku Sayang Nabi Muhammad

Satu Buah Buku Zia Anak Hebat

Tiga Buah Buku Seri Komik Hasna
Ketiga buku ini adalah karangan Mbak Linda Satibi, peraih penghargaan IBF 2016 kategori penulis anak. :)

Semua buku di atas akan dikirimkan langsung oleh penulisnya sekaligus tanda tangannya yaa.

Keren-keren yaaak, ~~~~ :D.

Jadi, akan ada enam pemenang yang masing-masing akan mendapatkan buku di atas. :).

Sudah? Emm... Masih ada lagi teman-teman, ini hadiah tambahan untuk para orang tua dan calon orang tua. Buku wajib yang perlu dibaca dan dijadikan bekal pedoman :).


Khusus yang ini saya gak bisa mintakan tanda tangan penulisnya ya. :).


Baiklah, semoga hari ini menyenangkan.

Semoga kalian semua senang mengikuti kuis ini, dan semoga beruntung. :D






You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



40 komentar

  1. nurin, aku ikutan kuisnya ya..buku bacaan favorit waktu kecil..ga ada, karena dulu buku minjemnya di perpus sd. jadi udah lupa judulnya. kalo majalah, ada bobo, donal bebek,si kuncung, dan satu lagi lupa judulnya sering dipnjemin guru waktu sd. kalo buku favorit anak akhir-akhir ini Ensiklopedi Bocah Muslim. sering minta dibacain yang mamalia, amphibi dan ikan, dan burung dan serangga. Banyak pengetahuan baru yang ditemukannya..misalnya ternyata di dasar laut itu ada jurang yang daleeem banget, trus ada binatang keciil bernama plankton disana. Setelah bisa baca buku sendiri, beberapa kali saya lihat Hassan lagi baca buku EBM itu sendiri.
    fb : Fetia Nursih Widiastuti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener-bener. Aku juga doyannya bobo sama donal bebek. :D. Yang laen-laen gak ada kayaknya ya... MashaAllah, noted banget nih ya. Ensiklopedi aku belum beliin Fifi. Makasih ya Fetia sudah berbagi cerita dan ikutan kuis ini. Semoga beruntung. :)

      Delete
  2. Assalamualaikum mba Nurin.Saya ikutan kuis ya mba.

    Buku favorit waktu kecil cerita
    nusantara (Malin Kundang,Tangkuban
    Perahu dll),majalah bobo, dan komikAstroy Boy.



    Buku Favorit Adzkia saat ini hanya cerita anak yang di sertai hadist di setiap ceritanya. Jadi kalau sudaah mau tidur Adzkia minta bacakan dan melihat gambarnya. Terkadang ketika ada kakak nangis Adzkia langsung ingat buku ceritanya,langsung mibta di ambilkan dari meja.


    Mungkin itu aja mba. untuk Akun Fb Fera Tiara,Ig Fera_Adzkia,Email Fera.Kurniawati89@yahoo.com.

    Syukron.
    Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumussalam warohmatullah. Iya Mbak Fera, monggoh :). Jaman kita dulu emang kayaknya cerita-cerita rakyat dominan banget ya Mbak.

      Adzkia pinter banget ya Mbak, udah ada buku yang disukainya. Makasih Mbak Fera udah ikutan kuis ini. :)

      Delete
  3. Asslm.wr.wb Sy jg mau ikutan neh, klo dlu papah sy suka belikan buku cerita rakyat, tp bukuny skrg udh gda lagi, plg senang nya majalah BOBO, hampir tiap bulan atau bbrp waktu (dah lp periode nya) papah sy selalu membelikannya. Jadi ya favorit saya buku majalah BOBO dan cerita rakyat (Jaka Tingkir, pangeran Katak, dan Dewi Andarini) dan ada 1 buku lagi yg sy suka judulnyaa, "Qishashul Anbiya" cerita ttg 25 nabi dan Rasul , tp beda gak kayak punya fifi, buku ini sm sekali gda gambarnya, ejaan juga kayaknya ejaan jaman dulu gtu,kertasnya pun kertas burem hehe tp bukunya masih ada lho sampai sekarang, hehe.. smg sy beruntung... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mbak Ayu sudah ikutan kuis. Semua persyaratan sudah terpenuhi yak. Terimakasih. :)

      Delete
    2. Bener banget Mbak. Saya juga dulu pengoleksi Bobo. Seneng banget sama cerita Nurmala, Bona dan Rong rong. Jaya banget ya majalah bobo jaman kita..:D. Ya Mbak, semoga beruntung ya ;D

      Delete
  4. Hai Mba salam kenal mau ikutan GA-nya y..

    BUku favorit waktu kecil itu Bawang Merah&Bawang Putih sampe ortu beliin kasetnya tentang cerita ini setiap hari sambil liat buku sambil dengerin kasetnya saya suka ceritanya bagaimana bawang putih selalu baik hati meskipun dijahati terus sama bawang merah dan ibu tirinya dan berakhir tragis hidup mereka yang jahat sedang bawang putih menuai manis berkahnya kebaikan yang ia tanam.

    Kalau saat ini anak saya sangat suka buku Qarun dan Nabi Shaleh (edisi Halo Balita) karena kalau yang Qarun disitu ceritanya tentang seorang yang Allah kasih harta tapi pelit dan sombong ditambah ilustrasinya yang menggambarkan kesombongan dan berakhir dengan turunya azab Qarun terkubur beserta hartanya. Kalau yang Nabi Shaleh karena ia sangat suka bagian pas kaum tsamudnya diilustrasikan bergigi ompong lalu berkata tunjukan dulu mukjizatmu dan keluarlah Onta dari timbunan batu setelah nabi Shaleh berdoa. Anak saya sangat suka dengan gambar ontanya.

    Nama : Herva Yulyanti
    Twtter : @hervayulyanti
    FB : Herva Yulyanti
    IG : hervayulyanti
    email : hervahrd@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Herva, salam kenal juga :D.

      Wah, kok saya ketinggalan kaset bawang-bawangan yak? Jaman kecil belum ada listrik soalnya di rumah. :(.

      Noted. Halo Balita, ini sebenernya udah banyak yang nawarin suruh beli. Tapi cuma dari gambar. Saya kalau beli buku dari gambar doang rada2 gimana gitu... :D.

      Makasih ya Mbak Herva sudah ikutan kuisnya. Semoga beruntung ya :)

      Delete
  5. Assalamu'alaikum nurin
    aku ikutan kuisnya juga ya...

    Sewaktu kecil orang tuaku suka beliin BOBO, jadi yang rutin dibaca ya majalah BOBO. Tapi sering juga baca-baca buku milik orang tua, seperti buku Fiqih Wanita, meskipun setelah dibaca gak ngerti juga isinya tentang apa. Baru ngerti isinya setelah mulai SMA, hehe...

    Kalau si kakak Raadhiyah saat ini suka dengan kisah tokoh-tokoh. Saat ini Kakak sedang menyelesaikan buku Kisah Para Shahabiyah & Tabi'iyah. Buku ini menceritakan tentang kisah para Shahabiyah semenjak zamannya Rasulullah hingga para zaman para Sahabat yang sangat penuh dengan keutamaan, seperti kisah Asma binti Abu Bakar, seorang muslimah yang teguh pendirian; Kisah Ibunda Khadijah, si pengusaha; Kisah Fatimah binti Muhammad, pemimpin para wanita di surga; dsb...
    Sedangkan Dedek Raadhiyah, sampai saat ini masih suka cerita tentang hewan. Buku Seri Mengenal Hewan karangan Mak Orin masih menjadi favorit Dedek untuk dibacakan. Buku seri ini berisi pengetahuan tentang berbagai hewan beserta kemampuan dan keunikannya.
    Setiap malam, Kakak dan Dedek selalu minta dibacain buku. Jika buku yang diminta berbeda, jadilah kami, Saya dan Abi mereka, berbagi tugas membacakan buku untuk mereka berdua :)

    fb : rawyanil 'afifah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumussalam warahmatullah. Monggoh Iil. :)

      Bobo lagi, yeesss generasi Bobo ya kita. Toss dulu. :D

      Wah, asyik juga ya, cerita shahabiyah dan hewan-hewan. Masukan banget ini buat Fifi.

      Makasih ya sudah ikutan kuis, semoga beruntung. :)

      Delete
  6. Assalamualaykum. Wr.Wb.

    Nurin, aku ikutan kuisnya.

    Buku favourit saya waktu kecil adalah Kumpulan Cerita Akhlak, buku ini warna pink, saya cari cari via google sudah ga ada gambar kovernya. uku ini saya dapatkan ketika saya memenangkan Lomba Busana Muslim di Masjid Al-Huda, masjid di tempat lingkungan saya ketika kecil. Saya selalu membaca buku ini ketika pulang sekolah (SD) pas lagi makan siang. sampai sampai saya masih teringat sebagian ceritanya di buku ini, ada cerita ttg Akhlak tidak boleh berbohong, Akhlak kepada Pembantu, Akhlak kepada Hewan, dsb. ada Ilustrasi gambarnya jadi saya masih teringat digambar tsb bgmn buruknya perilaku tsb ketika kita tiru. saya lupa penerbitnya. Tapi semoga saya bisa menemukan lagi buku tsb.

    Buku Favourit anak saya, adalah 1. Buku cerita "Sang Katak"; buku ini memang fabel, tapi menariknya untuk anak-anak adalah gambarnya. Dara punya banyak macam buku hadiah dari Ayahnya, tetapi karena gambar yg membuat tertarik Dara hanya buku ini. Buku ini bercerita ttg sang Katak dan makanannya yang jatuh di sungai. 2. Buku Gambar; buku ini buku yang kosong putih bersih, Dara bisa menggambar apa saja yang dia inginkan, mewarnai sesuai dengan apa yg dia inginkan. Saya selalu mewanti wanti, jika dia harus mewarnai, maka warnai dengan sesuai contoh nyatanya dan harus rapih. maka hingga sekarang keunggulan dia (menurut saya) adalah kerapihan dari warna dan dinamisnya warna yang dia pakai. Saya rasa dia memiliki kelebihan dalam colour dynamic. Yang saya suka dari gambarnya dia adalah, dia menggambar Ayah, Ibu, Dara dan Adiknya (Fathan). Saya dan dia menggunakan jilbab, kata dia harus pake jilbab agar auratny ga kelihatan.

    Terima kasih.


    Nama : Rizka Ita Yuanita
    Fb: Rizka Ita Yuanita
    Instagram : rizka.ita
    twitter : andariva
    e-mail : pramita.najma@gmail.com

    Wassalamualaykum. Wr.Wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. MashaAllah, habis baca cerita buku Ika, aku jadi inget pas kecil aku juga seneng banget baca buku bergambar surga neraka. :)

      Luar biasa ya Dara, masih sekecil itu sudah berbakat.

      Makasih Ika, sudah ikutan kuis ini, semoga beruntung. :)

      Delete
  7. Duh, Nurin. Aku gak inget judul bukunya. Ada satu buku yang pernah kubaca. Dibilang favorit nggak juga sih. Dulu mah lebih demen baca cerita yang pendek-pendek di majalah Bobo, Ananda, sama Aku Anak Saleh. Tapi, sebagian ceritanya sedikit nempel di kepala sampe sekarang.

    Jadi, buku ini ceritanya tentang anak laki-laki -- entah siapa namanya, aku lupa, jadi kita panggil saja A -- dari keluarga yang kurang mampu. Dia punya satu kakak perempuan dan satu adik -- yang suka sekali makan kue bintang. Kalau tidak salah nama adiknya Bibi. Bapak mereka menganggap sekolah itu tidak penting. Dia melarang si kakak, yang sebentar lagi lulus SD, untuk melanjutkan ke SMP yang ada di kota sebelah. Saat pengumuman kelulusan, ternyata si kakak ini tidak lulus. Padahal, selama ini dia selalu jadi juara kelas. Saat ditanyakan, ternyata dia sengaja mengisikan jawaban yang salah saat ujian agar tidak lulus dan bisa tetap sekolah.

    Musim tebu pun tiba. Si A dan kawan-kawannya bermain-main dengan menerbangkan batang bunga tebu. Si A ini terampil membuat mainan. Dia membuatkan mobil-mobilan untuk Bibi dari batang bunga tebu. Dia juga membuat rumah-rumahan untuk diberikan sebagai kenang-kenangan pada temannya yang akan pindah. Ternyata ada yang mengatakan bahwa itu bisa dijual. Si A pun membuat banyak mainan dengan batang bunga tebu dan bisa menabung.

    Di akhir cerita, ada yang bersedia membiayai sekolah si kakak. Namun, masih ada satu masalah lagi. Sekolahnya jauh di kota sebelah. Uang tabungan si A belum cukup untuk membeli sepeda. Kemudian kawan-kawan si A datang. Mereka memberikan uang hasil patungan untuk membeli sepeda kakak si A. Happy ending!

    Maap yak, malah bikin review di sini. Itu dia buku cerita yang pernah kubaca dulu. Eh, tapi itu bacanya masih kecil apa udah gede yak? Lupa. Ceritanya juga sudah agak lupa. Tapi bagian nggak boleh sekolah itu masih ingat. Saking pengennya sekolah sampe sengaja menidakluluskan diri. Kasihan. Ternyata ada gitu ya orang tua yang melarang anaknya sekolah.

    Nama: Millati Indah
    FB: Millati Indah Taufikin (udah temenan kan?)
    Instagram: semoga.cepet.wisuda
    Twitter: @nokmillati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi satu postingan inih ripiew, :D.

      Keren banget bisa sampe inget dan membekas banget gitu ya. Aku kayaknya gak ada yang sampe ketempel banget diingetan.

      By the way, trims ya udah ikutan kuis ini. Semoga beruntung. :D

      Delete
  8. Assalamualaikum Nurin...

    Ikutan kuis aahh.. setelah belajar dulu :)

    Buku favorit sewaktu kecil... Hmmm.. gak ada, karena aku gak begitu suka baca :) di rumah sempet sih langganan majalah anak-anak: bobo, aku anak saleh, sama apa satunya lupa.
    Semakin besar, tepatnya SMA, malah lebih tertarik sama komik: topeng kaca, harlem beat.

    Buku favorit anak di rumah: cerita bergambar Nabil dan Naura (hadiah dari budhe nya), Aku Bisa Bilang Bismillah, dan Aku Bisa Bilang Alhamdulillah. Masih tertarik sama gambar2.
    Kalo ikut Abinya beli koran sering minta dibelikan majalah mombi atau aku anak saleh, tapi sampe rumah ditinggal. Baru dilihat kalo diingatkan udah beli buku.

    Masih belajar biar anak lebih suka baca, lebih dulu orangtuanya yang sering baca ya..

    Oke, makasih Nurin..

    Nama: Fitriana Zahroh
    Fb : Fitriana Zahroh
    twitter : nengkzul
    email : fitaza@gmail.com

    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumussalam Azza. :).

      Komik, aku ingetnya dulu hobi nyewa komik di toko buku. Dulu masih jaman kan yak nyewa-nyewa buku? :D.

      Ya Za, anak-anak mah biar ngalir aja.

      Btwe, makasih ya udah ikutan kuis. Semoga beruntung :)

      Delete
  9. Assalamu Alaikum Wr Wb, Mbak Nurin...
    Mau juga ikut kuisnya neh..., tapi untuk menjawab pertanyaan buku "favorit waktu kecil?" agak bingung jawabnya, masalahnya dulu waktu masih kecil, lebih senang traveling keliling kampung, mendaki gunung, memanjat pohon, he...walau setiap guru berhalangan hadir maka akan diarahkan keperpus, dan yang pasti lau di perpus hanya suka membuka-buka buku yang gambarnya cakep-cakep tanpa melihat isi tulisannya.
    Tapi yang jelasnya, buku yang tidak pernah terlewat dibaca setiap hari waktu kecil (walau tidak masuk kategori favorit) adalah buku warna ijo dengan tulisan "IQRO", he....
    Berharap banyak semoga kelak nanti anak-anak saya bisa jadi pencinta Alquran, pecinta buku, terutama buku tentang para Kisah Nabi dan Kisah-kisah anak soleh. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumussalam Asra. :D

      Wah, asyik banget ya hobi traveling gitu. :)

      MasyaAllah hobinya baca iqro ya. Sip, keren!.

      Makasih udah ikutan kuis ya. Semoga beruntung! :)

      Delete
  10. Salfa di rumah senang baca:

    - BOBO
    - Halo Balita (Kisah Nabi dan Label)
    - Dongeng Hewan

    Alasannya sederhana saja, Salfa tipe anak yang pembelajar visual. Senang melihat gambar dan cepat tanggap. Usianya baru 2 tahun tapi keingintahuannya besar sekali. Sampai-sampai saya harus menyiapkan stok yg banyak atau strategi sebab biasanya Salfa sudah bosan jika diberikan 2-3 kali dengan buku yang sama.

    Kesenangan baca buku menurun dari saya yg sejak kecil juga suka baca buku. Bahkan peninggalan berharga dari alm. Bapak juga satu lemari buku berbahasa Inggris.

    FB: Rahmah Chemist
    Twitter: @amma_chemist
    Email: chemist18rahmah@gmail.com
    Blog Buku: http://resensikata.com
    Blog Anak: http://istanacinta.com
    Blog Personal: http://chemistrahmah.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah Salfa udah nurun dari Mbak Rahma ya? :). Anak visual memang gitu ya Mbak, tertarik banget dengan gambar-gambar.

      Waktu kecil saya juga kebawa dari kebiasaan Bapak, buku-bukunya Bapak banyak banget di lemari. Ih tapi keren ya Mbak Rahma, udah biasa baca buku-buku bahasa inggris. Pantesan cas cis cus nih inggrisnya. :)

      Btwe, makasih ya Mbak udah ikutan kuis dan semoga beruntung ya. :D

      Delete
  11. Assalamu'alaikum.. Mbak nurin ikutan kuisnya ya..

    Waktu kecil aku suka sekali baca cerita anak dari koran bekas. Orang tuaku ga pernah membelikan secara khusus buku-buku cerita :-(. Kebetulan beliau penjual koran bekas yang bertumpuk-tumpuk banyaknya, aku suka baca yang pas edisi ada cerita anak-anak, kalau ga salah setiap hari minggu itu koran ada beberapa halaman yang muat tentang anak-anak, edisi permata kayanya. trus aku juga suka baca bobo (lagi-lagi bobo bekas). dulu sering pengen ikut kuis-kuisnya di bobo, tapi ibuku selalu bilang ini sudah lewat mbak.. :D

    Kalau untuk anak, kami punya yang kaya kakak Fifi, tapi belum tamat bacanya karena yang anakku suka cuma pas masa kecilnya saja :D
    selain itu ada juga Halo Balita sama Ensiklopedi Bocah Muslim, Ensiklopedi bocah Muslim ini yang sekarang lagi digandrungi sama si sulung.. terutama yang sain dan tata surya, suka karena banyak gambarnya hihihi

    Terimakasih

    FB : Umi Azizah
    IG : galerymuslimzakiyah
    Blog :http://azizah-azizahblog.blogspot.co.id/ (lama ga update :-()

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren, masih kecil udah hobi baca koran bekas. :). Ternyata dari situ, ningkatin semangat baca ya Um.

      Ok noted, untuk halo balita dan ensiklopedinya. Aku belum punya untuk Fifi, kayaknya banyak yang rekomenin.

      Btw, terimakasih udah ikutan kuis dan semoga beruntung ya. :)

      Delete
  12. Assalamualaikum kak nurin, Bismillahirohmanirrohim, aku mau ikutan kuisnya kak, dan semoga bisa beruntung.

    Aku pernah baca buku anak sewaktu sd, hasil pinjam di perpus. tapi aku lupa sama judul2nya, yang kuingat sekaligus bacaan yg paling ku sukai waktu itu cerita tentang nabi dan rosul. Cerita sekilas dan bergambar, yang memang sangat bagus untuk bacaan anak, menurutku. makanya dulu aku sering pinjem itu.
    Saat ini pun aku juga masih suka buku anak, gara-gara adikku yg masih lima tahun itu jika diajak pergi ke tokobuku suka ngambil sendiri buku cerita bergambar dan mewarnainya "SOFIA THE FIRST", alhasil jadi aku pengen lihat2 juga.. (jangan salah lho walau sudah bukan waktu yg tepat lagi, kadang aku pengen baca buku bacaan anak juga buat ngilangin bosen, hehe)


    Nama: Rinita
    fb: Rinita Wiyono
    Twitter: @Rinitavyy
    instagram: -
    email: rinivir90@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumussalam Rini, iya silahkan. :)

      Dulu juga pas SD saya hobi pinjem di perpus. Rata-rata buku perpustakaan seinget saya cerita-cerita rakyat tema nusantara, keren ya itu ada buku cerita nabinya, jadi nempel memang kalau baca buku bergambar.

      Terimakasih sudah ikutan kuis ini dan semoga beruntung ya. :)

      Delete
  13. Assalamualaikum mba,
    Saya Helena
    Blog: www.helenamantra.com
    E-mail: helenamantra@live.com
    FB, twitter, IG: helenamantra (folbek ya kak :D)

    Anak saya, Sid (1 th), suka banget seri kisah teladan berjudul Abdullah bin Mas'ud yang Jujur, karya Idris Sadri dan Rendra M. Ridwan. Ini buku pertamanya sejak ia usia 6 bulan.

    Buku ini berkisah mengenai seorang pemuda yang menggembalakan kambing milik orang lain. Saat Rasulullah meminta air susu kambing ke pemuda tersebut, pemuda itu menolak karena kambing ini hanya titipan. Rasul pun kagum dengan kejujuran pemuda yang kelak masuk Islam tersebut.

    Untuk bayi, gambarnya menarik apalagi ada banyak gambar kambing. Saya biasa membacakannya sambil menirukan suara "mbeeek...mbeeek...". Ia suka membuka halaman demi halaman dengan wajah seperti memahami betul isi ceritanya. Pernah suatu hari ia bangun tidur langsung ke pojokan kasur dan mengambil buku ini untuk ia buka-buka (atau baca ya?)

    Saya mengenalkannya pada buku sejak dini supaya ia gemar membaca dan memiliki banyak kosakata. Buku ini sengaja saya pilih karena ceritanya mengandung moral mengenai kejujuran. Semoga Sid tumbuh menjadi orang yang jujur dan dapat menjaga amanah. Amin.

    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumussalam Mbak Helena, salam kenal ya. :)

      Subhanallah, Sid udah dibiasain dengan tokoh-tokoh yang baik ya sejak kecil. Saya catet deh Mbak judul buku dan penulisnya, sepertinya bagus sekali bukunya.

      Btw, makasih sudah ikutan kuis dan semoga beruntung ya Mbak. :)

      Delete
  14. asmkm wr wb...bismilah moga dpt hadiahnny ...aamiinn #ngarep duluan
    sewaktu kecil sy belum mengenal buku cerita kecuali buku pelajaran dan orng tua pun tdk bs mendongenng dn sejenisny krn mereka tdk mengenal hal seperti itu tampakny...shg sy sukaaa sekali nonton unyil,film boneka,siti nurbya,sengsara membawa nikmat,mahabarata yg jaman jadul...sewaktu sd sy pindah ke jakarta..nah disinilah sy mengenal gramedia...bs berjam jam sy disini hanya utk membaca komik...maklum banyk gambar n cerita yg menarik...komik yg sya sukai mari chan...ttg balerina...selain komik sy suka membaca cerita petualang lima sekawan,trio detektif,ghoosebum...sewaktu smp disekolah kami ad perpustakaan...mulailah sy membaca novel terutama yg sdh pernah sy tonton swktu kecil termasuk karya buya hamka,nh dini...pertama bacany penasaran sama ga dgn yg sy tonton..lama2 kecanduan baca #berkhayal kita ad di novel tsb n mengalami semua hal...nah sekarang nabila (anak sy) rupany ad minat baca...dia blm mmpunyai buku kegemaran tp buku pelajaran pun jadi...dia blm lancar membaca tp mempunyai bakat bercerita, hany fari gambar d buku itu dia bs berimajinasi n bercerita utk adikny, fadila. fadila tertarik n senang seolah2 dia bs mengerti juga jln ceritany

    nama kamila
    fb ny sugiantoro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumussalam Mbak Mila, :)

      Pantesan ternyata itu sebabnya Mbak Mila hobi banget baca buku ya.

      Makasih sudah ikutan ya Mbak. Dan semoga beruntung. :)

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumussalam Mbak Wanda :)

      Mbak Wanda, udah kenal buku Dar Mizan ya? Waduuh sepertinya kita gak seangkatan yak, hoho :D :D

      Makasih ya Mbak udah ikutan dan semoga beruntung :)

      Delete
  16. Buku fav ku waktu kecil banyak soalnya kutu buku sih. Beberapa diantaranya 5 sekawan, pasukan mau tahu, trio detektif, serial Nina, asterix dan cersil khoo ping ho. Kalau buku cerita anak, si kecil Hilya paling suka seri Rasulullah Teladan Utama buku ke 7, ahli ibadah. Alasannya selain karena buku dan gambar2nya menarik juga karena buku itu ditulis umminya, hehehhe.
    Salam kenal mba
    Haeriah Syamsuddin
    Fb: Haeriah Syamsuddin
    Twitter: @haeriahsyam
    Ig: @haeriahsyamsuddin
    Email: haeriahsyamsuddin@gmail.com
    Blog: haeriahsyamsuddin.blogspot.my

    Terima kasih mba nurin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lima sekawan dan trio detektif, toss samaan kita yak, :).


      Iya Mak, kayaknya anak-anak emang bakalan suka banget baca buku penuh gambar.

      Makasih ya Mbak udah ikutan kuisnya. Semoga beruntung.:D

      Delete
  17. Ikutan ya Istikmalia.
    "Apa buku favorit kalian sewaktu kecil?" Untuk yang sudah punya anak, "Apa buku favorit anak di rumah?".
    Buku favoritku waktu masih kecil adalah revolusi di nusa damai karangan ketut tantri, dan semua serial lima sekawan. Sama semua cerita karangan dongeng hans christian andersen.
    SEdangkan anakku, yang kecil penggemar serial KKPK. Nyaris semua judul dia punya (dan semua sama beratnya, jadi nggak bisa ditentuin buku pavoritnya apa. Lalu dia juga penggemar serial WOW. Nah sekarang dia lagi hobi baca serinya Fantasteen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh lupa ngasi alasan: kenapa aku suka buku2 itu, karena aku dulu penyakitan jadi sering ada di rumah daripada main keluar rumah. Nah, ayahku mantan tentara jadi punya perpustakaan mini yang isinya banyak buku2 perjuangan gitu deh. Kami tidak punya buku cerita anak2. Jadi, bacaanku ya buku sejarah. Di antara buku sejarah, maka novel revolusi di nusa damai itu terasa nyaman dibaca buatku yang masih SD waktu itu karena brasa fiksi meski itu fakta. Lalu, ketika aku diopname di rumah sakit, karena keseringan diopname jadi aku minta yang besuk buat beliiin buku cerita anak2 saja daripada bawa buah atau makanan. Nah, mulai deh banyak yang ngasih serial dongeng HCA dan lima sekawan. Jadilah aku suka baca serial itu.
      kalau anak2ku, dia suka buku KKPK karena katanya yang nulis orang yang seusia dia jadi kayak denger temen lagi ngobrol aja. Beda dengan yang nulis orang dewasa, kayak lagi diceritain cerita ama ibu. Dia lebih suka kayak denger temen lagi ngobrol daripada ibu2 orang lain yang cerita. (hahahahahaha, alasan yang aneh emang). Lalu, dia ketemu wow dan dia suka karena bisa ketemu model komik. Jadi pelajaran tapi berbentuk komik dan itu seru. Terus dia dah kelas 6 sekarang dan teman2nya mulai suka cerita yang horor2 padahal dia tidur sendiri di kamarnya sekarang... biar nggak takut jadi dia mulai baca fantasteen. Jadi membiasakan sesuatu yang menakutkan agar tidak takut lagi. Tapi beneran jadi nggak penakut sih emang akhirnya dia.

      Ini identitasku:
      nama ade anita.
      facebook: ade.anita.5
      instagram: @adeanita4
      twitter: @adeanita4
      blog: http://www.adeanita.com
      http://www.cariangin.com

      Delete
    2. Mbaaak Ade, makasih banyak dah ikutan. :)

      Beneran Mbak itu tipsnya ya? Membiasakan baca-baca yang nakutin untuk ngilangin takut? Hmm, rada masih khawatir Mbak kalau mau cobain tipsnya.

      Komik lima sekawan ya? Iya ini inget banget dulu saya juga hobi baca ini. Asyik aja gitu ya ngikuti kasus kasus mereka.


      Semoga beruntung ya Mbak Ade, :D

      Delete
  18. Anak yg pertama 9 th lagi seneng komik Dolly si dinosaurus karena lucu dan dia emang suka segala hal tentang dinosaurus. Tapi tetep harus didampingi saat baca komik asal Korea ini karena ada kata yg kasar dan ada info yg gak relevan menurut saya misalnya teori Darwin yg sebagian orang gak percaya.
    Anak kedua 5 th lagi suka buku..juz amma! Soalnya ia punya juz amma baru dr guru ngajinya yg gambarnya full color jadi di rumah sering minta saya main sama dia. Saya pura2 jd murid dia guru. Sata disuruh ngaji baca juz amma barunya dan dia yg manggut2 drngerin :D

    Nama: Kanianingsih
    Twitter & IG: @kanianingsih
    FB: Kania Ningsih
    Email: kania.ningsih@yahoo.co.id
    Blog: www.petualanganzara.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komik Doly? Baru denger ini komik Mbak. Memang hati-hati perlu juga apalagi jika menyangkut buku bacaan yang dari luar. Budaya sama ajarannya beda. Tapi baiknya anak-anak jadi luas pemikiran, wawasan dan pengalaman.

      Wah, si adek udah kenal juz amma ya. :D

      Makasih ya Mbak udah ikutan kuis ini dan semoga beruntung. :)

      Delete
  19. Assalamualaikum wr wb

    Hai jeeeeeng.. Aku boleh ikutan yak..yak..yak..
    Buku favoritku waktu kecil itu cerita rakyat.. Seneng banget karena di perpustakaan sekolah ada bukunya..jadi tinggal minjem aja.. Selain itu aku juga suka majalah bobo.. Kayaknya ini bacaan sejuta anak jaman baheula yak (ini tandanya kita se-kohor ya rin..hehehe..) Yang ketiga suka baca komik juga.. Waktu itu sukanya komik mari-chan..

    Nah, kalo buku favorit anak aku malah lupa judulnya.. Pokoknya ensiklopedi tentang binatang gitu.. Duh apa ya judulnya..luppaaaaa.. Paling seneng kalo ayahnya yang cerita.. Kalo emaknya yang cerita mah nggak seheboh bapaknya..xixixixi..

    Nama : Fera Hermawati
    fb : fera hermawati bukhari
    IG : @fera.hermawati
    Email : ummihana.hermawati@gmail.com
    blog : http://ummihana-sayangayahari.blogspot.com

    Duh itu blog mah jarang aku kunjungin..hehehe..

    Oke sekian dulu nurin. Wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumussalam Fera, boleh banget ikutaan Fer. :).

      Yuup, kita sekohor yak :D.

      Woooo, ternyata anak-anak keikut suka hewan kebawa buku juga. Lagi cocok banget kali ya jiwa ayahnya pas bacain buku.

      Makasih yak udah ikutan kuisnya, dan semoga beruntung. :)

      Delete