Review

-197- Make Up Remover, dengan Zaitun HPAI

Wednesday, July 13, 2016


Bismillahirrahmanirrahim,

Setahun belakangan ini, saya menggunakan minyak zaitun sebagai make up remover. Alhamdulillah, keinginan saya untuk mencari sesuatu yang simpel, ringkas, cepat, tidak memakan waktu dan berbahan aman pada serangkaian bersih-bersih wajah terjawab sudah. :).

Pada intinya sih, saya menyukai keringkasan. :).

Ini bermula saat saya iseng coba-coba menumpahkan minyak zaitun yang biasa saya minum ini ke kapas lalu mengoleskannya ke wajah. Ternyata kotoran (bekas riasan) saya hilang dan bersih. Saya fikir ini penemuan luar biasa dan bisa saya patenkan. Uhuk. :p.

Tapi, ternyata saat saya menuliskan ini, dan iseng googling, sudah banyak artikel yang menuliskan tentang manfaat zaitun sebagai pembersih wajah. :D. Gagal numpang beken :p

Tak apalah, saya masih semangat berbagi tentang ini, :). Karena bisa jadi informasi ini menjadi berguna sekali untuk para perempuan (terutama pemilik kulit sensitif) mencari make up remover yang cocok dan berbahan aman.




Siapa yang tidak mengenal buah zaitun?

Ini adalah salah satu buah dari tujuh nama buah yang disebutkan di dalam Al-Quran. Selain disebutkan namanya pada lafadz sumpah (yang menunjukkan pengistimewaan) pada surah At-Tiin, keutamaan zaitun juga tertera pada Q.S An-Nuur ayat 35.

"Allah pemberi cahaya kepada langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus yang didalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca, dan tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nya bagi orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu". Q.S An.Nuur: 35

Pada ayat tersebut terdapat penjelasan mengenai pohon zaitun.

  1. Zaitun adalah tumbuhan yang tumbuh tidak di timur dan tidak di barat. Ia adalah pohon yang mendapat sinar matahari baik pada saat matahari terbit maupun ketika terbenam. Penjelasan di dalam Al-Quran menyebutkan bahwa zaitun adalah pohon yang tumbuh di puncak bukit. Karena alasan mendapatkan penyinaran matahari sepanjang waktu inilah, zaitun menjadi pohon yang subur dan buahnya menghasilkan minyak yang baik.  
  2. Penyebutan Al-Quran yang menyebutkan zaitun menandakan keistimewaan pada buah ini. Pada sisi lain, penyebutan zaitun sebagai pohon menandakan keistimewaan tidak hanya terletak pada buah, tetapi pohon secara sekaligus. 
  3. Keistimewaan zaitun juga tersurat pada ayat ini, yakni minyak zaitun dapat memberikan cahaya tanpa tersentuh api (penghantar panas). 
Demikian keistimewaan zaitun sehingga Rasulullah pun pernah bersabda, 

"Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karena sesungguhnya ia asalah berasal dari pohon yang diberkahi". Hadits riwayat Al Baihaqi dan Ibnu Majah. 
Perintah meminum minyak zaitun dari Rasulullah menandakan kekhususan minyak (yang berasal dari pohon zaitun). Secara medis, kita juga telah mengetahui begitu banyak manfaat minyak zaitun yang banyak mengandung asam lemak tak jenuh ini. Baik dari segi kesehatan maupun kecantikan (kulit). Diantaranya yang paling tersohor adalah minyak zaitun ini mampu melawan kanker, diabetes, mengatasi nyeri sendi, memperhalus kulit dan banyak lagi.

Keistimewaan zaitun yang dikabarkan langsung dari Allah dan Rasul telah lebih dari cukup sebagai penguat keyakinan penggunaan zaitun untuk keseharian baik dikonsumsi maupun lainnya.

###

Ok. Sejenak kembali kepada topik :).
Suatu ketika saat saya menonton televisi, saya menonton tayangan dengan tema Penyakit Autoimun. Di situ dijelaskan bahwa penderita autoimun dapat mengatasi penyakitnya dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Segera saja, saya menghubungi salah satu keluarga (sebut saja Cemara) saya yang teridentifikasi secara medis menderita autoimun dan diharuskan meminum obat-obatan dokter seumur hidup. Ah ya, yang belum tahu mengenai apa itu autoimun bisa baca linknya di sini. Ringkasnya, ini suatu ketidakstabilan di dalam tubuh di mana sistim kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat. Sederhananya, tubuh menyerang dirinya sendiri. Dan ini sangat menyakitkan bagi penderitanya, sehingga mereka harus mengkonsumsi obat untuk menormalkan sistim imunitas di dalam tubuhnya. Selain faktor mahalnya obat (konsumsi seumur hidup) tentu pada akhirnya akan berdampak pada kerja ginjal. Dan ini sama berbahayanya!.

Nah, setelah saya menyampaikan manfaat minyak zaitun untuk penderita autoimun. Cemara segera mencobanya. Ia tidak lagi mengkonsumsi obat-obatan, dan beralih mengkonsumsi minyak zaitun 2x3 sendok makan setiap hari. Dari semua jenis minyak zaitun dan merk, mulai dari kapsul sampai minum dengan sendok, Cemara mengatakan bahwa minyak zaitun produk HPAI yang terbaik dan yang paling kuat menjaganya dari kekambuhan. Itu alasan mengapa saya akhirnya juga mengkonsumsi HPAI dan mempercayai produk ini.

Selain itu, saya juga menawarkan kepada ibu saya (yang sering mengeluh nyeri persendian) untuk meminum minyak zaitun HPAI ini, dan testi dari beliau juga cocok, alhamdulillah. #Bukan promo produk, sungguh. ;)

Jadi, begitulah, singkat ceritanya, #jadi panjang ya. :)

Foto 1. Kapas basah yang dibubuhkan
minyak zaitun
mengangkat dan membersihkan
 riasan bedak.
Foto 2. Kapas basah saja
yang disapukan ke bedak
tidak mampu membersihkan. 
Minyak zaitun HPAI yang saya gunakan ini minyak botol isi 60 ml dengan penjelasan Extra Virgin Olive Oil yakni minyak zaitun berkualitas terbaik (grade A) yang diproduksi secara alami dengan aroma dan citarasanya istimewa dengan kadar keasaman kurang dari 0,8 persen.

Untuk membuat make up remover dari minyak zaitun bisa dengan mencampurkan air dan minyak zaitun ke botol kosong 1 banding 1. Tapi saya tidak menggunakan cara ini, karena agak kurang praktis (lagi-lagi ya, saya tetap pilih yang praktis), dan sayang minyak zaitunnya, karena saya masih suka mengkonsumsinya. Kalau sudah dicampurkan khasiat ketika meminumnya jadi berkurang. Lagi pula, saya mesti cari botol kosong dulu, campur-campur dulu (argh ribet :p ). Jadi cara yang saya gunakan adalah dengan membasahi kapas dengan air lantas menyiramkan minyak zaitun di atas kapas (dipercik sedikit-sedikit saja, tapi merata). Sebenarnya bisa saja langsung kapas dengan minyak zaitun (tanpa air) tapi jadinya seret dan wajah jadi terlalu berminyak.

Bahan lipstik. Pada kapas basah,
lipstik transfer
tapi tidak membersihkan secara menyeluruh.
Untuk daerah bibir, bisa menggunakan kapas seperti daerah wajah tadi. Tetapi untuk hasil maksimal, bisa dengan cara mengolesi langsung area lipstik dengan minyak zaitun. Biasanya lipstik luber sendiri (aduh apa ya bahasa tepatnya), ambil selembar tisu dan rekatkan di bibir, tekan-tekan, bersih deh. Semua bahan lipstik akan tertempel pada tisu. Ulangi jika dirasa masih ada yang belum bersih.

Foto 2. Masih terlihat sedikit bekas lipstiknya
Ini karena modelnya buru-buru mau main. :).
Rekatkan tisu dan tekan-tekan agak lama ya
supaya hasil maksimal. 
Untuk daerah mata. Pakai cara kapas basah tadi. Tinggal pejamkan mata. Rekatkan dan tekan-tekan daerah mata agak lama, dan semua bekas eye liner dan eye shadow.akan terangkat.

Setelah bersih, wajah akan terasa sedikit berminyak. Bisa dilanjutkan dengan membasuh wajah dan menggunakan facial wash. Setelah wajah bersih, jika ingin merasakan manfaat minyak zaitun, bisa mengoleskan tipis-tipis di wajah, atau di bagian tertentu yang ingin dihaluskan.

Selain dari itu, minyak zaitun juga saya gunakan sebagai lip balm (efektif sekali untuk bibir pecah-pecah), pelembap wajah (usapkan sedikit saja jangan banyak-banyak), body lotion, dan sangat efektif untuk menghilangkan noda jerawat ataupun noda bekas luka. Sebagai penghilang noda di kulit (termasuk bekas koreng pada kulit anak-anak yang sensitif) minyak zaitun ini akan bekerja sangat baik dan sangat efektif.

Kulit yang sering diolesi minyak zaitun ini akan terasa lebih lembut dan glowly. Seperti cerah bersinar gitu. (Saya pernah ditanya pakai krim di dokter mana, waktu saya jawab gak pake krim-kriman hanya pakai minyak zaitun, si penanya agak kaget dan heran. Katanya, hasilnya hampir sama dengan perawatan dokter. Ok, Keterangan ini tidak boleh diabaikan. :D ).

Praktis bukan? Satu botol minyak zaitun bisa untuk bermacam manfaat (ya lip balm, ya pelembap, ya lotion, ini yang saya maksud dengan praktis, dari beberapa macam botol jadi satu botol kecil saja), enteng juga ketika di bawa-bawa bepergian.

Jika ingin mengkonsumsinya harian, tidak perlu sebanyak Cemara, satu sendok sehari saja sudah cukup. Saran saya, ketika ingin meminum minyak zaitun ini tidak perlu dihayati, diresapi, langsung telan saja dan segera minum air putih. :).

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



7 komentar

  1. Wah, baru tahu kalau minyak zaitun bisa untuk membersihkan make up. Selama ini mau beli, lupa melulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ety, ini pembersih alami, berbahan aman dan bekerja sangat efektif. Coba deh :)

      Delete
  2. pernah nyoba Minyak zaitun. memang benar-benar memberi manfaat... TFS ya. Salam kenal

    ReplyDelete
  3. Baru tahu produk ini. kelihatannya bagus ya Mbak

    ReplyDelete
  4. harus nyoba nih.. biasanya pake remover terus...

    ReplyDelete