Kuliner

-195- Kepiting Soka:: Oleh-oleh Khas Kalimantan Utara

Sunday, July 03, 2016




Bismillahirrahmanirrahim. 

So, inilah oleh-oleh yang terselamatkan dari perjalanan kemarin. :). 

Yap, Kepiting Soka. 

Kepiting Soka adalah salah satu oleh-oleh primadona khas Kota Tarakan. Karena letak Tarakan yang strategis, di mana bandara internasional dan pelabuhan besar ada di sana, penganan jenis ini banyak di bawa sebagai oleh-oleh yang mewakili Kalimantan Utara. 

Kepiting Soka ini dapat di pesan langsung di tempatnya, yang terletak di Jalan Cenderawasih ataupun di cabang outletnya di Bandara Internasional Juwata. Harganya 1 porsi Rp 90.000; berisi 8 buah kepiting soka yang dimasak goreng tepung dengan campuran wijen. Untuk ukuran satu buah kepiting, ukurannya cukup kecil, kira-kira hanya sebesar ibu jari laki-laki dewasa. Jadi untuk harga, memang relatif mahal. Setahu saya, penjualan Kepiting Soka mentahnya saja memang mahal. 

Saat memesan, biasanya kita akan ditanyai apakah mau di makan langsung atau bepergian. Setelah memesan, kepiting baru di goreng. Untuk dibawa sebagai oleh-oleh dalam perjalanan jauh, kepiting hanya akan di masak setengah matang dan bisa di goreng kembali saat tiba di tempat tujuan. Kepiting Soka ini bisa bertahan selama 24 jam pada suhu ruangan. Untuk ketahanan lebih lama, dapat di simpan di dalam kulkas. 

Penampakan dua porsi kepiting soka siap makan
Kepiting Soka ini adalah jenis kepiting lunak yang bisa dimakan bersama cangkangnya. Ada sensasi tersendiri saat memakannya. Dan, tentu saja, tidak perlu repot dengan cangkang dan capit, semuanya bisa di makan. :)

Untuk kepiting goreng tepung ini rasanya mirip seperti makan ayam goreng tepung, crispy dan renyah, ditemani saus sambal. Tidak ada bedanya sampai saya mencoba makan dengam cara yang berbeda. Saya membuka kepitingnya, dan mengambil isi dagingnya, dari situ baru terasa benar-benar kepiting!, sisanya yakni tepung bersama cangkang di makan belakangan. 

Kepiting Soka ini juga biasanya dihadirkan dalam beberapa pilihan menu. Di restoran atau tempat makan seafood di Tarakan, kita dapat memilih varian menu lain seperti di masak asam manis, masak saus atau lainnya. Hanya, untuk di bawa sebagai oleh-oleh, Kaltara Fried Crab hanya menyediakan satu macam varian saja. 

Jika berkunjung ke Tarakan, belum lengkap rasanya jika tidak menikmati lezatnya kuliner Kepiting Soka. Yummy.. :)





You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



4 komentar

  1. Favorit saya iniiiiii..... Rasanya enaaaak. dari semua jenis kepiting (kepiting biasa, rajungan, soka), soka yang paling favorit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pemangsa semua jenis kepiting, apalagi kalau gratisan :D :D

      Delete
  2. mhh.. kepiting soka, nyummie bgt tuh pasti.. di medan juga ada kepiting soka, gendut2 kepitingnya, tapi sekarang agak susah nyari penjualnya, harus datang sendiri ketambaknya.

    ReplyDelete