Kuliner

-177- [Resep] Ikan Goreng Bumbu Cabe Merah

Sunday, December 13, 2015





Bismillahirrohmanirrohim,
Hari ini saya tidak kemana-mana. Ceritanya, saya sedang ingin istirahat, badan sedang tidak enak, bawaan pengen tiduran aja. Hihi :). Tapi akhirnya, pada jarum jam ke delapan, saya bangun juga, kelaparan. :p. Untuk Kak (suami saya) dan Fifi, roti dan teh sudah cukup untuk sarapan, tapi saya tidak bisa sarapan roti -udikan akut soalnya..:p-. Sebenarnya, hari ini sudah dapat izin dari Kak untuk istirahat saja, gak usah riweuh di dapur, nanti beli makan jadi aja, tapi rasanya kok gak enak, libur-libur begini gak masak, :).

Begitu tengok kulkas, ealah... Kulkas bersih, gak ada isi apa-apa, sisa tomat 1 biji, lombok merah besar 3 biji sama cabe rawit -udah lama gak nyetok bahan sejak lampu byar pet-, ini kulkas juga baru hitungan hari mulai diaktifkan kembali.


Mau pergi ke pasar, masih malas. Jadi, sambil menunggu penjual sayur atau ikan lewat, saya sarapan rambutan dan air putih dulu, sambil bersih-bersih rumah dan dapur.

Jam sembilan, alhamdulillah, penjual ikan lewat.

"Ikannya apa aja Om?"

"Bandeng, Layang sama Sarden", masih ikan yang sama seperti Sabtu kemarin. Tapi hari ini ketambahan ada ikan sarden. Kemarin saya sudah beli ikan Layang, dimasak goreng biasa. Bandeng, sudah sering makan. Ikan sarden ini yang belum pernah saya temukan di sini, oke, saya pun memutuskan untuk beli ikan sarden satu kilo seharga Rp 25.000.

Ikannya sudah, penjual sayur rupanya gak lewat-lewat. Mau metik daun singkong di belakang rumah rasanya masih belum kuat banyak aktifitas. Ya sudah, masak seadanya dulu, sudah jam 10 lewat, khawatir suami dan anak sudah pada kelaperan juga. Jadi, setelah menimbang, memikirkan dan memutuskan, oke, masak ikan bumbu saja, tapi apa ya? awalnya sih, pengen eksperimen buat ikan sarden aja mumpung bisa dapet ikan sardennya. Tapi, berhubung banyak step yang dilewati karena minimnya bumbu, hasilnya malah mirip ikan goreng yang dicabein, haha. Jadi, ya, ini memang ikan goreng yang dicabein sih jadinya,,:)


Bahan:
1 kg ikan sarden (boleh diganti dengan jenis ikan yang lain), cuci bersih, lumuri jeruk dan garam, diamkan sesaat.

Bumbu:
1. 3 siung bawang merah
2. 1 siung bawang putih
3. 1 buah tomat
4. 3 buah cabe merah besar, boleh ditambah cabe rawit jika suka pedas
5. Saus tomat 2 sdm, saus sambal 1 sdm
6. Gula, garam secukupnya








Cara memasak:
1. Goreng ikan sampai masak, jangan terlalu kering. 

2. Haluskan bumbu (kecuali gula garam), tumis sampai harum, saya menambahkan saus tomat 2 sdm dan saus sambal 1 sdm, karena tomat yang saya punya hanya tersisa 1 tomat kecil, biasanya saya buat saus tomat dari tomat asli, rasanya lebih enak, tambahkan air secukupnya, sesuai selera saja, masak dengan api kecil sampai mendidih, tambahkan gula dan garam, cicipi sampai mendapatkan rasa yang pas.

3. Masukkan ikan, masak hingga meresap, angkat dan sajikan.

Sederhana ya? Alhamdulillah mengenyangkan. Ah ya, ini pengalaman pertama saya masak menggunakan ikan sarden. Biasanya ikan yang saya gunakan dengan bumbu yang seperti ini, ikan layang atau belanak. Saya baru tahu, kalau ikan sarden ini banyak tulang, mirip bandeng, -kemana aja saya selama ini? hiks-, jadi dapat ilmu baru, :), jadi masak ikan sarden ini ternyata paling cocok ya di presto.



Ok, selamat mencoba, semoga bermanfaat...:).












You Might Also Like

Terimakasih telah membaca dan meninggalkan jejak komentar sebagai wujud apresiasi. ^_^ Semoga postingan ini dapat memberi manfaat dan mohon maaf komentar berupa spam atau link hidup akan dihapus. Terima kasih.



15 komentar

  1. Menu yang ngabisin nasi. Gurih, pedas paduan pas yang bikin kemringet.

    ReplyDelete
  2. Oh, ini yang namanya bumbu bali itu ya kalo di jawa? rada-rada mirip soalnya :D
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kali Mbak, saya ini namain sendiri, suka2 aja...biar beda :)

      Delete
  3. ikannya menggugah selera Mbak, saat melihatnya saya langsung lapar :)

    ReplyDelete
  4. Ahhhhh, kesalahan saya buka postingan ini dini hari, mantebb banget, Mbakk
    oh, boleh diganti pakai ikan apa saja, wahh coba deh sekali-kali hihihi, thanks for sharing , Mbak :*

    ReplyDelete
  5. Aduh ini kalo pake nasi panas bisa bikin nambah teruuus *_*

    ReplyDelete